Sudah memasuki bulan ketiga di tahun 2018, wajar saja sih kalau kamu sudah mulai lelah dengan rutinitas yang kamu lakukan sama hampir setiap hari. Realita terkadang menjauhkan diri kita dari angan-angan untuk liburan santai di pantai, naik gunung atau sekedar makan-makanan enak di luar kota. Kita seringkali menghubungkan aktivitas liburan dengan kebahagiaan dan kepuasan namun pada dasarnya sebenarnya bukan tempat yang akan memberikan kamu kepuasan namun perasaan yang kamu miliki ketika berada di sana.

Liburan memberikan banyak manfaat bagi kemampuan kognitif kita karena bebas dari stres tentunya akan memacu fungsi otak kita melawan pemikiran negatif. Namun bagaimana ya untuk menjadikan rutinitas kita di holiday mood setiap hari? Waktu liburan yang kita dapatkan pun tidak cukup banyak untuk dihabiskan pertahunnya. Ini dia caranya!

1. Buatlah memori liburan tetap abadi

Cara Membuat Hidupmu Selalu Rasakan 'Holiday Mood'unsplash.com/Julia Komarova

Pajanglah beberapa hiasan yang akan mengingatkanmu tentang indahnya liburan di kantor atau rumah yang bisa membuat pikiran kamu berubah ke arah yang lebih positif. Cetaklah beberapa foto dan bingkailah di tempat yang kamu akan lihat setiap harinya.

Beberapa dari kita mungkin merasa lelah karena tidak mendapatkan liburan, namun jika ingin membangkitkan kembali semangat liburan ke rutinitas sehari-hari cobalah untuk menghargai diri kamu sedikit lebih banyak seperti melakukan perawatan tubuh atau menikmati kopi hangat di coffe shop favorit kamu.

Dan jangan terlalu sering melihat ke belakang, lihatlah juga ke masa depan. Mulailah untuk merencanakan liburan selanjutnya. Penelitian menyebutkan kalau kesenangan terbesar dalam liburan adalah saat-saat menjelang liburan itu sendiri.

2. Temukan apa yang mampu memulihkan kembali kondisi kamu

Cara Membuat Hidupmu Selalu Rasakan 'Holiday Mood'unsplash.com/ Jon Tyson

Mengubah perspektif kamu menjadi lebih positif  dan bermeditasi itu perlu lho supaya bisa memunculkan rasa untuk lebih menghargai diri kamu sendiri, Bela. Bersantailah dan jangan melakukan apa-apa, namun hal ini akan menyenangkan kalau yang kamu butuhkan adalah ketenangan. 

Berbeda dengan orang yang butuh perasaan senang dengan banyak orang di sekelilingnya, cara seperti bermeditasi tidaklah ampuh. Cara terbaik adalah coba bertanyalah pada diri kamu sendiri, kegiatan apa yang ingin kamu lakukan jika kamu memang memiliki waktu luang. Kulineran? shopping? atau nonton konser?

3. Kendalikan waktu

Cara Membuat Hidupmu Selalu Rasakan 'Holiday Mood'unsplash.com/Andreas Weiland

Ketika kamu mengetahui apa yang ingin kamu lakukan untuk menambah semangat dalam pengalaman hidup kamu, temukanlah waktu untuk melakukan hal-hal tersebut. Mengendalikan waktu pada diri kamu sendiri juga berarti kamu harus berani bilang tidak.

Kadang kamu merasa kamu akan menjadi orang yang egois atau konsumtif jika kamu mendahulukan kepentingan kamu sendiri, namun nyatanya ini sangat berarti bagi kamu. Maka dari itu, temukanlah waktu untuk dirimu sendiri dan wujudkanlah impian kamu sekecil apapun sebelum orang lain merampasnya dari kamu.

4. Mengubah kebiasaan sehari-hari

Cara Membuat Hidupmu Selalu Rasakan 'Holiday Mood'unsplash.com/Lyndsey Marie

Menciptakan kebiasaan kecil dalam rutinitas sehari-hari kamu juga mampu membawa pengaruh positif dalam kehidupan kamu yang terasa sangat membosankan saat ini. 

Untuk memulai hari, cobalah untuk bangun lebih pagi untuk sekedar melakukan pemanasan, mandi dengan air hangat atau menikmati kopi selama lima belas menit di pagi hari. Di malam hari, kamu bisa menikmati makan malam di luar bersama keluarga setidaknya dua kali sebulan atau membaca buku sebelum tidur. Menciptakan gaya hidup yang sehat dan menenangkan setiap harinya adalah kunci bagaimana kamu bisa menjalani hari-hari tetap dalam holiday mood

5. Mengubah prioritas kamu

Cara Membuat Hidupmu Selalu Rasakan 'Holiday Mood'unsplash.com/Gaelle Marcel

Jika kamu belum bisa move on dari pengalaman liburan dan tetap saja belum merasa berenergi setelah istirahat panjang mungkin ini berarti perlu ada perubahan besar dalam diri kamu. Kamu perlu berpikir ulang tentang kehidupan karier, sosial dan akademik yang akan menghubungkan kamu dengan elemen-elemen yang paling kamu prioritaskan untuk kamu ubah.

Identifikasi apa yang sebenarnya kamu butuhkan dan cobalah untuk mengatur ulang hidup kamu.

 

BACA JUGA: 6 Cara Orang Sukses Atasi Kebosanan Bekerja