Kalau di masa awal kuliah dulu, banyak mahasiswa yang masih idealis menolak untuk bekerja di bank karena tidak sesuai passion, kini malah banyak sarjana muda yang berbondong-bondong ingin bekerja di industri ini. Pekerjaan di bank seringkali menjadi pilihan terakhir anak muda, ditambah lagi millennials zaman sekarang banyak berpikir tentang kemungkinan bekerja di bank yang menutup pintu meraih cita-cita yang sesungguhnya.

Namun, jangan salah, bekerja di bank masih saja menjadi pekerjaan impian anak muda jaman sekarang lho meski harus melawan passion masing-masing. Menjadi pegawai bank bisa jadi pembuka jalan untuk karier masa depan kamu atau malah jadi penghalang, maka dari itu pikirkan baik-baik ya, Bela. Ini dia nih alasan kenapa banyak fresh graduate yang masih memilih untuk menjadi pegawai bank di awal kariernya

Upah yang relatif lebih tinggi

Alasan Mengapa Barkarier di Bank Masih Jadi Pekerjaan Impian Sarjana Mudapinterest.com
 
Dibandingkan dengan pekerjaan umum lain di level fresh graduate, bekerja di bank menjanjikan upah yang relatif lebih tinggi. Di level Officer Development Program misalnya, upah kerja umumnya lebih tinggi dibandingkan pekerjaan di level fresh graduate di bidang pekerjaan umum lain. Tentu saja, materi berupah uang masih dianggap penting oleh sarjana muda.

Jam kerja yang sudah ditentukan

Alasan Mengapa Barkarier di Bank Masih Jadi Pekerjaan Impian Sarjana Mudawww.refinery29.com
 
Tidak seperti pekerjaan yang menyangkut kehidupan orang lain seperti polisi, perawat ataupun jurnalis, bekerja di bank dianggap memiliki jam kerja yang sesuai jadwal. Pegawai bank biasanya akan mendapatkan libur di hari sabtu dan minggu serta hari besar dan jadwal kerja 8 jam per hari di luar dari jam lembur. Hal ini tentunya sangat diidamkan sarjana yang muda yang masih ingin mengembangkan kemampuannya.

Dukungan dan fasilitas kerja yang memadai

Alasan Mengapa Barkarier di Bank Masih Jadi Pekerjaan Impian Sarjana Mudawww.refinery29.com
 
Bekerja di bank pastinya akan memudahkan pegawai di level fresh graduate untuk mendapatkan fasilitas keuangan yang ditawarkan bank di mana ia bekerja seperti pinjaman dan KPR. Sarjana muda juga akan diberikan pelatihan untuk memadai kemampuannya di bidang keuangan. Tidak hanya sekali, pelatihan di dunia perbankan akan berlanjut terus menerus sehingga para fresh graduate juga akan merasa dihargai sebagai pegawai baru di level awal.

Terkesan nyaman

Alasan Mengapa Barkarier di Bank Masih Jadi Pekerjaan Impian Sarjana Mudawww.refinery29.uk
 
Bekerja di bank terkesan nyaman karena pastinya akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan tambahan upah setiap tahunnya dan jenjang karier yang jelas. Bagi para fresh graduate, hal ini pastinya adalah karier yang menjanjikan karena hal ini akan menandakan kemapanan dalam pekerjaan.

Impian banyak orangtua

Alasan Mengapa Barkarier di Bank Masih Jadi Pekerjaan Impian Sarjana Mudawww.refinery29.uk
 
Karena terkesan nyaman dan mapan, banyak orangtua yang menginginkan anaknya untuk bekerja di bidang perbankan. Tentu saja hal ini karena banyak orangtua yang berkaca pada kehidupan orang-orang sekitar yang bekerja di bank. Bagi orangtua kita yang pemahamannya masih tradisional, bekerja di bank adalah impian mereka untuk anak-anaknya karena ada kebanggaan tersendiri bagi orangtua jika anaknya bekerja di bank.
 
Bagaimana dengan karier impian kamu, Bela? Kamu salah satu yang tertarik bekerja di bank?

BACA JUGA: Penelitian Memprediksi Bahwa di Masa Depan Millennials Enggan Membeli Rumah!