Duduk, bekerja di depan komputer, begitu terus kegiatan yang kamu lakukan setiap hari pastinya kadang menimbulkan perasaan lelah, bosan dan parahnya lagi frustasi. Hal-hal seperti ini lumrah kok terjadi karena perasaan tidak puas dan kebutuhan untuk istirahat serta menghilangkan kejenuhan yang ada dalam diri kita.

Berada dalam titik bosan cenderung membuat kita merasa terkekang. Lalu bagaimana cara kita untuk keluar dari lingkaran tersebut? Enam orang sukses ini memberikan tips bagaimana caranya agar kamu tidak lagi merasa bosan dalam rutinitas pekerjaan kamu saat ini.

Memaksa diri untuk jadi orang kepo

6 Cara Orang Sukses Atasi Kebosanan Bekerjaunsplash.com/ål nik

Steve Gordon, direktur dari RDQLUS Creative Arts and Marketing menyebutkan kalau ia merasa sedang bosan dengan proyek yang dikerjakannya, ia akan berhenti dan membaca majalah atau menonton film bahkan saat orang sedang sibuk-sibuknya. 

Lain lagi dengan pekerja di perusahaan saos ternama Heinz. Peneliti dari perusahaan ini fokus pada rasa ingin tahunya tentang bagaimana konsumen menggunakan dan menyimpan produk mereka. Akhirnya, peneliti ini mengunjungi beberapa rumah konsumen dan menemukan kebanyakan botol saos terlihat terbalik yang akhirnya menciptakan penemuan baru yakni botol plastik dengan lubang silikon yang didesain untuk diletakkan secara terbalik. Lebih lanjut, kamu diajak untuk selalu kepo dengan hal-hal disekeliling kamu. Cobalah untuk berpikiran sama seperti kamu pertama kali bekerja dulu. 

Keluar dari zona nyaman

6 Cara Orang Sukses Atasi Kebosanan Bekerjaunsplash.com/freestocks.org

"Jika saya merasa bosan dan mencoba untuk membuat trailer tayangan baru, saya selalu mengunjungi pameran seni," ujar John Jamilkowski, direktur kreatif di saluran tv kabel TNT. 

Meski tidak ada hubungannya dengan pekerjaannya, ia menilai kalau melihat sesuatu di luar dari kebiasaan kita akan membuka ide-ide lain yang menguntungkan bagi dirinya sendiri. Julie Klappas, executive creative director di Clementine Entertainment pun menilai kalau ia seringkali mengecek unggahan foto orang-orang yang dikaguminya ketika sedang bosan. 

Tertawa

6 Cara Orang Sukses Atasi Kebosanan Bekerjaunsplash.com/Sylvia Yang

Ketika merasa bosan dan frustasu, cobalah untuk melakukan hal-hal yang terlihat lucu. "Menonton beberapa video komedi klasik seperti Fat Cat Watches TV membuat saya tertawa dan menghilangkan stres," ujar Klappas yang dilansir dari laman Fast Company.

Hal yang sama juga bisa kamu lakukan kala kamu sedang bosan, Tontonlah beberapa channel YouTube atau akun Instagram lucu yang kamu ketahui. Meskipun efeknya sangat singkat namun perasaan kamu tidak lagi sefrustasi yang sebelumnya, kan?

Keluar dari kubikal

6 Cara Orang Sukses Atasi Kebosanan Bekerjaunsplash.com/Will van Wingerden

Kalau sedang bosan coba deh ganti suasana. Kadang dengan beberapa menit menikmati kopi dan melihat suasana jalanan dari jendela kantor kamu bisa mengaktifkan beberapa sel otak. Stephanie Jolluck, creative director dari Coleccion Luna dan pemenang Spanx Female Entrepreneur Award menyebutkan kalau bangun pagi dan keluar dari kantornya selalu membawa efek menyenangkan meskipun matahari sedang terik-teriknya atau hujan sedang lebat-lebatnya turun.

Cobalah untuk sekali-kali mencari jalur pulang ke rumah dari rute yang tidak biasa kamu lalui. Ketika kamu berjalan tidak dari rute yang sama, kamu akan melihat sudut pandang yang berbeda hanya dari suasana yang berbeda.

Buatlah hal biasa menjadi sesuatu yang baru

6 Cara Orang Sukses Atasi Kebosanan Bekerjaunsplash.com/Joseph Chan

Cobalah untuk melihat proyek kamu dengan cara yang berbeda. Berpura-puralah seakan kamu sedang membintangi sebuah film, menjadi seorang peneliti untuk proyek pemerintah atau sebagainya akan memberikan kamu perspektif yang baru.

Menyadari nilai diri sendiri dari sudut pandang sebagai seorang pemula sangat membantu mengatasi kebosanan. Cobalah untuk mengubah pandangan de javu menjadi konsep vuja de. 

Mellow sebentar lalu bangkitlah kembali

6 Cara Orang Sukses Atasi Kebosanan Bekerjaunsplash.com/Neven Krcmarek

Ketika semua hal diatas kamu coba namun perasaan kamu tidak berubah tidak ada salahnya untuk mengakui kalau kamu sedang down dan putus asa saat ini namun jangan lupa untuk bangkit kembali.

Kadang kita hanya perlu melakukan semua seperti biasanya dan bertahan hingga sesuatu yang baru datang mengubah pandangan kita terhadap sesuatu. 

"Jika sesuatu terasa membosankan selama dua menit, saya mencoba menahannya untuk empat menit. Jika terus merasa bosan, maka saya tahan hingga 8 menit, lalu 16 menit, lalu 32 menit. Lalu lama kelamaan, saya tidak bosan lagi kok," ujar komposer John Cage.

 

BACA JUGA: Yuk, Stop Berpikir Kalau Perempuan Nggak Pantas Bekerja Keras