7 Perkataan Ini Tidak Boleh Kamu Katakan Kepada Teman Kantormu

Jangan sampai becandanya kelewatan batas

7 Perkataan Ini Tidak Boleh Kamu Katakan Kepada Teman Kantormu

Di peralihan masa menuju kedewasaan, mungkin kamu semakin sadar kalau sebenarnya kehidupan ini cuma panggung sandiwara yang menuntut kamu memiliki banyak topeng. Kehidupan karier contohnya, menuntut kamu untuk memiliki kepribadian yang menarik dan sempurna sehingga membuat kamu disenangi banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang bisa kamu paksakan untuk menyukai karaktermu. Orang-orang bisa saja tidak menyukaimu dari pandangan pertama atau malah sikap kamu yang bikin ilfeel.

Nah, sebelum semakin banyak orang yang tidak menyukaimu ada baiknya untuk kamu mulai berhati-hati mengeluarkan opini atau pertanyaan. Hal ini penting lho untuk bisa bertahan di lingkungan pekerjaan dan menjaga hubungan baik dengan teman kantor. Berikut adalah hal-hal yang seharusnya kamu tahan untuk tidak dilontarkan ke teman kantor.

1. "Gemukan, ya?"

 
Meski terlihat sebagai pertanyaan basa-basi, melontarkan pertanyaan ini ternyata bisa membuat teman kantor kamu sakit hati. Banyak orang zaman sekarang yang sangat memerhatikan penampilan, dan kadang komentar tersebut membuat mereka stres sendiri. Mungkin bagi kamu hal ini tidak terlalu bermasalah, namun kamu juga harus memerhatikan perasaan orang lain dong.

2. "Bossy banget sih"

 
Kata bossy sampai sekarang masih lekat dengan konotasi sok ngatur yang berkesan negatif. Kamu harus menyadari kalau teman kantor kamu memang memiliki hak untuk mendapatkan informasi atau hasil dari rekan-rekan kerjanya. Sebelum mengeluarkan komentar tersebut, pikirkan baik-baik perasaan orang yang akan menerima pendapat kamu, ya.

3. "Kamu harusnya lebih banyak senyum"

 
Sekilas, kalimat ini memang saran yang membangun. Tetapi, yang kamu tidak sadari adalah tidak setiap saat teman kantor kamu memiliki mood yang baik. Banyak lho orang yang memang irit banget senyum dan kamu nggak bisa memaksakan dia bisa tebar-tebar senyum dengan sekejap mata. 

4. "Kamu lagi deket sama cowok/cewek, ya"

 
Duh, kayanya kamu harus lebih banyak mengurangi basa-basi tentang kehidupan pribadi teman kantor kamu deh. Karena, bisa jadi teman kantor kamu jadi risih karena keingintahuan kamu tersebut. Mungkin kamu belum terlalu menyadarinya sekarang, namun banyak orang yang tersinggung jika ditanyai hubungan spesialnya dengan seseorang padahal mereka memang lagi betah single.

5. "Lagi dapet, ya?"

 
Komentar seperti ini mungkin kamu lontarkan ketika melihat teman kantor wanita kamu dalam kondisi mood yang berantakan. Mungkin kamu menganggap pertanyaan ini sebagai kata-kata kosong yang tidak berarti namun beberapa wanita malah nggak suka lho mendengarnya. Kamu harus tahu, kalau teman kantor kamu memiliki hak untuk meluapkan perasaan emosionalnya, apalagi jika bersinggungan dengan pekerjaan. 

6. "Kamu harusnya pakai makeup"

 
Eits, kecuali jika kamu bekerja di perusahaan kosmetik, komentar ini bisa jadi tidak disukai teman kantor kamu karena ini bisa membuat dia minder. Ketentuan untuk memakai makeup atau setebal apa makeup yang harus teman kamu pakai, biarlah menjadi urusan pribadinya. Apalagi wanita, mereka musti memikirkan banyak hal mulai dari pekerjaan kantor, kritikan bos atau tanggapan klien sehingga makeup bisa jadi hal terakhir yang ada di benak mereka.

7. "Kok, kamu marah-marah terus?"

 
Beberapa orang memang punya raut wajah serius yang kesannya mereka jadi kelihatan seperti marah padahal sebenarnya nggak kok. Di sini kamu harus banyak-banyak menganalisa dan berkomunikasi dengan teman kantor kamu tersebut untuk mengetahui mood mereka dan berusaha untuk menenangkannya bukan malah menghardiknya, ya.

 

BACA JUGA: Survey Mengatakan 405 Pegawai Sering Menangis di Toilet Kantor

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here