Bela, sadar nggak sih selama kita melakukan interview kerja, si recruiter pasti menanyakan jumlah gajimu di perusahaan sebelumnya? Yang pasti pertanyaan ini sebetulnya menguntungkan si pewawancara untuk menebak berapa jumlah gaji yang akan kamu terima di perusahaannya. Well, Bela tapi sekarang bukan zamannya lagi untuk memperbolehkan si recruiter mengetahui gajimu sebelumnya. Jadi kamu harus praktekkan cara menjawab di bawah ini ya Bela, yang pasti cara pakar karier yang dilansir dari Forbes ini bukan mengajakmu untuk berbohong  atau mark up gajimu yang sebelumnya.

Recruiter: Putri, berapa penghasilan kamu di tempat kerjamu sebelumnya?

Kamu: Sejak bekerja saya fokus menghasilkan pendapatan sebesar Rp7,5juta.  Apakah pekerjaan di sini kisaran pendapatannya sama?

Recruiter: Jadi di perusahaan sebelumnya kamu menghasilkan pendapatan Rp7,5juta atau kurang dari itu?

Kamu: Saya ingin fokus dengan targetku, Rp7,5juta. Itu kuncinya. Jika posisi ini bayarannya sesuai dengan kisaran targetku, aku bisa menjelaskannya lebih lanjut.

Recruiter: Tapi kami butuh untuk mengetahui jumlah pendapatanmu yang sebenarnya. Karena klien kami ingin tahu dulu.

 
Kamu: Saya mengerti keinginan Anda, tapi saya juga ingin tahu seberapa besar kira-kira jumlah yang perusahaan bayar kepada orang terakhir di posisi ini, tapi saya mengerti kita sedang negosiasi gaji. Gajiku sebelumnya rahasia dan sangat personal. Tapi jika targetku Rp7,5juta sesuai dengan kebutuhan perusahaan, aku tertarik bekerja di perusahaan ini.
 
Recruiter: Putri, kamu harus percaya dengan saya.
 
Kamu: Saya mengerti, tapi saat ini kita sedang membicarakan negosiasi gaji. Tapi saya tidak bisa memberi informasi bersifat personal seperti jumlah gaji yang Anda inginkan. Jika hal ini tidak bisa diterima, saya bisa mengerti.
 
Recruiter: Ok, kamu akan mulai bekerja dengan gaji yang kamu inginkan.
 
Bela, keadaan di atas bisa kamu praktekkan dengan intonasi suara yang tenang dan jangan sampai terlihat congkak dan memojokkan si recruiter ya. Cara di atas bisa kamu coba kalau kamu memang sudah memiliki banyak pengalaman dan yakin akan kemampuanmu. Trik di atas juga mampu menghindari mu dari keculasan perusahaan yang bisa saja menawarimu gaji rendah. Nggak mau seperti itu kan?

 

BACA JUGA: 5 Cara Efektif untuk Menghadapi Kritik