Melansir Business Insider Singapore, penulis novel “Crazy Rich Asians”, Kevin Kwan yang karya tulisannya difilmkan dan jadi perbincangan di Hollywood ini dikabarkan tak pernah kembali ke negeri kelahirannya di Singapura selama 20 tahun lamanya. Bahkan ia terancam di penjara, kok bisa?

Penulis ‘Crazy Rich Asians’ Terancam Dipenjara Jika ke Singapuraesquiremag.ph

Ketidak pulangan Kevin Kwan ke Singapura juga dibenarkan oleh Menteri Dalam Negeri Singapura Bahkan menurut Menteri Pertahanan, penulis berusia 45 tahun tersebut tidak mendaftarkan diri untuk melaksanakan wajib militer pada tahun 1990. Bahkan, kepergiannya meninggalkan Singapura dan tinggal di luar negeri dinilai belum sah. Temuan bukti inilah yang mengungkap jawaban kenapa sang penulis justru tak hadir pada premier film di negara kelahirannya yang menjadi sumber inspirasi karya tulisnya.

Penulis ‘Crazy Rich Asians’ Terancam Dipenjara Jika ke SingapuraBusiness Insider UK

Mengutip The Straits Times, Sunny Lee, humas Menteri Dalam Negeri juga memberi pernyataan kalau Kevin Kwan memang sudah tak kembali ke Singapura sejak tahun 2000 silam. “Mr Kwan yang tercatat sebagai warga negara Singapura yang mangkir dari wajib militer akan dipenjara jika ia datang ke Singapura,” ucap Lee. Selain dipenjara selama tiga tahun, Kwan juga harus membayar denda sebesar $10,000 atau Rp107 juta!

Penulis berbasis di New York yang meninggalkan Singapura lalu pindah ke Texas sejak ia berusia 11 tahun ini pun belum memberi komentar atas tugas wajib militer yang jadi isu kontroversi sejak fakta ini terungkap.

 

BACA JUGA: Patut Dibanggakan, 8 Film Hollywood Ini Representasikan Budaya Asia