Mengunggah foto di media sosial ataupun menerima pemotretan untuk sebuah sampul majalah dengan memperlihatkan lekuk tubuh tanpa ditutupi sehelai kain seolah sudah jadi hal yang biasa bagi selebritas Hollywood. Meski di negeri Barat sangatlah terbuka dan bebas berpendapat, tetap saja foto telanjang mereka menuai komen negatif.

Biasanya seorang seleb yang ditantang untuk mengikuti sesi pemotretan tanpa busana alias telanjang adalah artis yang tengah naik daun, Bela. Positifnya—terlepas dari tanggapan negatif— tentu setelah majalah tersebut dipublikasikan, sang artis yang berani buka-bukaan langsung jadi buah bibir netizen, praktis nama mereka juga semakin melejit!

Tentu banyak juga yang penasaran alasan kuat apa yang membuat mereka rela memperlihatkan tubuh mereka jadi konsumsi publik. Salah satu alasan yang masih jadi perdebatan adalah pernyataan kalau pilihan mereka yang kontroversial ini untuk mengekspresikan pemberdayaan perempuan, bahwa perempuan berhak bangga akan seksualitas mereka. Padahal perempuan sukses lainnya menyatakan bisa menunjukkan ekspresi kesetaraan gender dan seksualitas dengan memberi pesan yang inspiratif ketimbang membanggakan bentuk tubuh dan memperlihatkannya kepada jutaan pasang mata.

Tapi beberapa artis di bawah ini punya alasan sendiri kenapa mereka berani tampil tanpa busana di majalah bahkan di media sosial miliknya.

1. Céline Dion

 
Céline sempat membuat heboh media sosial setelah Vogue mengunggah fotonya yang tengah duduk tanpa menggunakan busana apapun. Ternyata tujuan di balik foto tersebut ingin menunjukkan bagaimana kerepotan seorang diva di balik panggung ketika ia harus bergonta-ganti busana hasil rancangan desainer ternama. Selain itu, foto yang diunggah Vogue juga mewakili kalau usia bukanlah sebuah halangan untuk mengenakan baju yang membosankan, mengingat Celine Dion selalu mengenakan busana haute couture secara eksklusif. Buatnya baju yang harus menyesuaikannya, bukan sebaliknya.

2. Kim Kardashian

 
Foto Kim yang muncul di sampul majalah Paper memang sangat frontal. Kim yang saat itu benar-benar memperlihatkan bokongnya mengatakan kalau ia hanya bersikap profesional. "Bagiku, saat aku mendapat kesempatan bekerja dengan fotografer seperti Jean-Paul Goude, aku sangat merasa terhormat dan tertarik bekerja dengannya. Dan ini hal baru yang bisa membuatku lebih percaya diri. Sebagai role model, aku tidak mengatakan kalau orang lain harus mengikutiku. Tapi karya ini mengajarkanku untuk melakukan apa yang memang aku inginkan," jelas Kim.

3. Keira Knightley

 
Selain Keira Knightley pernah berpose telanjang pada sampul majalah Vanity Fair edisi Maret 2006 bersama Scarlett Johansson, Keira juga kembali tampil tanpa busana pada sampul majalah Interview edisi September. Keira pun mengaku kalau ia memang menyukai foto nude, asalkan si fotografer tidak mengubah bentuk tubuhnya menggunakan photoshop. Apalagi baginya foto nude bisa mengekspresikan dirinya terlepas dari masa lalunya yang terus dicemooh karena tubuhnya yang terlalu kurus.

4. Emily Ratajkowski­

 
Emily Ratajkowski yang mendeklarasikan sebagai seorang feminis ini mengatakan kalau ia berani tampil naked di majalah GQ karena baginya hasil foto tersebut bukanlah sebuah pornografi. "Tapi ini untuk menyadarkan semua perempuan seharusnya bangga dengan tubuh dan seksualitas mereka."
 
Bagaimana menurutmu Bela dengan alasan mereka hingga berani tampil tanpa busana?
 

BACA JUGA: #PopbelaOOTD: Manis dan Seksi, Yuk Pakai Pink!