Memiliki pekerjaan tetap di masa pandemi seperti ini, adalah berkah yang patut disyukuri. Mengingat, begitu banyak orang yang diberhentikan, dirumahkan, atau kontrak kerja tidak diperpanjang karena krisis ini. Namun, meski pekerjaan tetap terus berjalan, tidak sedikit yang merasakan pemotongan gaji dari 25 hingga 50 persen—bahkan ada yang gajinya sampai dicicil.

Karena tagihan, cicilan dan kebutuhan hidup tidak bisa dicicil mingguan seperti halnya gaji, kamu yang mengalami hal ini pun memutar otak untuk menambah penghasilan. Kira-kira apa yang bisa dikerjakan tanpa mengganggu jam kerja rutin? Berikut beberapa peluang ide kerja sampingan modal kecil yang dapat ‘menambal’ kekurangan bulananmu, Bela.

1. Les privat

Gaji Dipotong? 9 Kerja Sampingan Ini Bisa Membantumuunsplash.com/AlissadeLeva

Buat kamu yang punya keahlian dalam pelajaran matematika, bahasa asing, olah raga —seperti basket, zumba atau yoga, atau bahkan alat musik bisa kamu jadikan untuk peluang kerja sampingan. Ini waktu yang tepat untuk memberikan les privat kepada anak-anak atau remaja, Bela! Diketahui untuk les privat, bisa berbiaya mulai dari Rp150 ribu – Rp1 juta per kelas atau per orang, tergantung jenis lesnya. Lumayan, kan, untuk pemasukanmu di akhir pekan?

2. Penulis lepasan atau kontributor

Gaji Dipotong? 9 Kerja Sampingan Ini Bisa Membantumuunsplash.com/AndrewNeel

Popbela sendiri membuka kesempatan untuk penulis lepas menjadi kontributor dengan kontrak dalam waktu per enam bulan. Hal ini membuka peluang kerja sampingan bagi kamu yang butuh tambahan, untuk bekerja sebagai editor atau penulis artikel lepasan, yang bisa kamu kerjakan di malam hari atau akhir pekan. Cukup kerjakan dari rumah, pundi-pundi sudah siap masuk ke rekening kamu di awal bulan. Hal ini juga berlaku di media lain, termasuk editor buku.

3. Fotografer lepasan

Gaji Dipotong? 9 Kerja Sampingan Ini Bisa MembantumuRendra Heryandi Kusuma

Sering lihat hasil jepretan foto bagus sedang bersepeda di akun Instagram teman atau idolamu? Nah, sejak pandemi, bisnis fotografi juga terkena dampaknya, Bela. Namun, bagi yang tak putus asa, menemukan kesempatan dengan memotret para pesepeda di jalan raya, yang nantinya hasil foto tersebut bisa dibeli, atau jasa mereka dipakai untuk grup pesepeda. Ide kerja sampingan yang menarik, ya!

4. MLM

Gaji Dipotong? 9 Kerja Sampingan Ini Bisa Membantumupopbela.com/AyuUtami

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Inilah jenis kerja sampingan yang tidak terlalu menyita waktu dan sedang ramai digandrungi millennial di kota besar. MLM atau Multilevel Marketing menjadi salah satu bisnis sampingan yang menggiurkan dan bisa memberikanmu cuan tambahan di saat pandemi ini. Sudah sering lihat usaha kosmetik, skincare, essential oil, madu sampai asuransi berseliweran di media sosial, kan? Nah, bisnis tersebut termasuk MLM, Bela. Jika kamu benar-benar mau mempelajarinya, pemasukan yang bisa kamu terima per bulan, setidaknya mulai dari Rp500 ribu sampai ratusan juta, lho! Tertarik?

5. Desain Grafis

Gaji Dipotong? 9 Kerja Sampingan Ini Bisa Membantumuunsplash.com/Nick Adams

Bagi kamu yang menyenangi desain grafis, bisa menawarkan jasa mendesain logo bisnis teman, desain kartu nama, visual media sosial, hingga mengedit foto atau video. Tapi ingat, bagi kamu yang ingin menggunakan jasa ini, jangan minta ‘harga teman’, ya. Karena tagihan dan cicilan pribadi kan, tidak bisa meminta ‘harga teman’ juga. So, be fair to your friends.

6. Membuka usaha kuliner

Gaji Dipotong? 9 Kerja Sampingan Ini Bisa Membantumupopbela.com/AyuUtami

Nah, satu lagi usaha sampingan yang sedang menjamur di tengah pandemi. Usaha kuliner ini bisa kamu kerjakan di pagi hari, malam atau akhir pekan. Tidak perlu bingung dan memikirkan terlalu pelik, cukup fokus terhadap keahlianmu dalam mengolah satu makanan saja. Misalnya, kamu ahli dalam membuat pisang bakar, roti bakar, racikan kopi atau dessert. Maka fokuslah menjual itu dahulu. Jika sudah mulai lancar dan tahu celah bisnis dan marketingnya, baru mencoba makanan yang lain.

7. Jasa mengantar atau membeli makanan

Gaji Dipotong? 9 Kerja Sampingan Ini Bisa Membantumupopbela.com/AyuUtami

Punya motor dan tahu jalan? Siasati waktu malam dan akhir pekanmu dengan kerja sampingan menjadi kurir makanan atau barang. Bisa ikut bergabung sebagai mitra ojek online atau perusahaan pribadi sebagai pegawai lepasan. Sehingga, waktumu pun tidak terlalu terikat.

8. Kerajinan tangan

Gaji Dipotong? 9 Kerja Sampingan Ini Bisa Membantumupopbela.com/AyuUtami

Ingin memanfaatkan keterampilanmu di bidang seni? Mulai jual saja, Bela! Misalnya kamu suka tracing foto, membuat peralatan makan sendiri, membuat aksesori, melukis ataupun menjahit, mulai beranikan diri untuk menjual hasil karyamu. Jangan lupa untuk berani menerima kritik juga, demi perbaikan hasil dan kualitas produk di masa mendatang.

9. Reseller

Gaji Dipotong? 9 Kerja Sampingan Ini Bisa Membantumuunsplash.com/BlakeWisz

Jika kamu memang memiliki jiwa pedagang, maka menjadi seorang reseller juga bisa sebagai pilihan kerja sampingan dari rumah. Kamu bisa temukan penjual online yang menerima jasa reseller untuk produknya. Toh, kamu tinggal memikirkan skema packaging dan pengiriman saja, karena produk sudah ada distributornya.

Itulah 9 peluang ide kerja sampingan dari rumah dengan modal kecil yang bisa memberikan tambahan di masa pandemi ini. Sehingga, meski negara memasuki masa resesi, jangan sampai kita ikut pesimis dan jadi tidak semangat bergerak meneruskan perputaran roda ekonomi, ya.

Baca Juga: 9 Ide Bisnis Rumahan Beromzet Besar yang Cocok untuk Anak Muda

Baca Juga: Yuk, Cari Uang Jajan Tambahan! Ini 10 Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Baca Juga: Mengenal Peluang Bisnis Ikan Cupang: Modal, Keuntungan, dan Pemasaran