Ketika “IDK You Yet” naik daun di ranah TikTok menjadi latar lagu untuk sebuah tantangan, nama Alexander23 semakin dikenal khalayak. Di bawah naungan Interscope Records dengan jalur distribusi Universal, penyanyi asal Chicago tersebut tidak menyangka jika pop ballad yang ia ciptakan di tengah masa karantina mandiri, malah bisa menyentuh hati banyak orang. Bahkan, masuk ke Spotify Pop Rising Cover hingga Top 10 tangga lagu Rolling Stone Breakthrough.

Melalui wawancara via video call dengan lelaki bernama lengkap Alexander Glantz tersebut, Alexander menjelaskan bahwa viralnya lagu “IDK You Yet” yang rilis tanggal 4 Agustus 2020 lalu itu, melebihi ekspektasinya. 

“Sebagai seorang musisi dan penulis lagu tentu aku berharap orang bisa menikmati laguku. Tapi, ketika bisa melihat sendiri mereka benar-benar menikmatinya, berbuat sesuatu terhadap lagu tersebut dan membagikannya kepada orang lain, sungguh sebuah pengalaman yang membahagiakan. Padahal, ketika aku menulisnya, merupakan penyampaian dan pelepasan emosi saja dan ternyata tidak kusangka bisa relevan dan relate dengan pengalaman orang lain,” cerita lelaki kelahiran 23 Januari 1995 itu panjang lebar.

Kenalan dengan Alexander 23, Penyanyi “IDK You Yet” yang Hit di TikToKDok. Interscope Records

Jika kamu mendengarkan lagu-lagu lamanya di EP I’m Sorry I Love You, kamu akan menyadari bahwa penggemar John Mayer ini membuat lagu-lagu yang melankolis dengan lirik ringan dan mudah dicerna, sehingga mudah terkoneksi dengan siapa saja. Begitu juga dengan lagu “IDK You Yet” yang terasa sederhana namun begitu gampang membuat pancaindra terpikat. Sehingga, tidak heran jika lagu yang memiliki klip berupa animasi karya Chris Ullens tersebut menjadi tenar di kalangan pengguna TikTok.

“Lagu-lagu dan lirik yang aku buat adalah mengenai pengalaman dan apa yang terjadi dalam hidupku. Setiap kata-katanya adalah nyata,“ jelas Alexander mengenai penulisan lagu. “Aku rasa, aku menggunakan musik dan menulis lagu sebagai alat untuk mengontrol emosi dan cara aku melalui sesuatu dalam hidupku. Semakin sulit hal yang aku lalui, maka semakin kencang kata-kata yang ingin aku keluarkan dalam sebuah lagu,” tambahnya lagi.

Kenalan dengan Alexander 23, Penyanyi “IDK You Yet” yang Hit di TikToKcolumbiachronicle.com

Mulai menyukai musik sejak kecil ketika ia belajar bermain gitar yang diberikan oleh ayahnya, Alexander memulai karier bermusik ketika ia benar-benar pindah dari Chicago ke Los Angeles. Awalnya ia memulai pekerjaan menulis dan memproduksi lagu untuk orang lain, namun setelah enam bulan berlalu, ia merasa ada hal yang tidak memenuhi hasratnya.

“Oke, inilah hari aku berhenti melakukan itu. Aku akan menghabiskan setiap hari menulis lagu dan membuat video untuk diriku sendiri sampai aku menemukan cara untuk menjadikannya semacam karier, " ungkapnya pada sebuah wawancara dengan Vanyaland, tahun lalu.

Kenalan dengan Alexander 23, Penyanyi “IDK You Yet” yang Hit di TikToKbeyondthestagemagazine.com

Dari situ ia pun bergabung dengan Interscope Records di tahun 2019 dan mengeluarkan EP pertamanya yang berisi sembilan lagu. 

“Sejauh ini aku memang membuat dan menulis lagu sendirian, meskipun pernah ada satu lagu kolaborasi bersama teman musisiku, Chelsea Cutler (“Lucky”). Namun, tidak tertutup kemungkinan di album berikutnya ada kolaborasi, karena aku juga ingin mencoba eksplorasi kreativitas bersama orang lain, sekaligus meruntuhkan dinding batasan yang kubuat sendiri,” terang Alexander mengenai kemungkinan kolaborasi di masa depan untuk album EP kedua yang rencananya rilis tahun ini juga.

Kenalan dengan Alexander 23, Penyanyi “IDK You Yet” yang Hit di TikToKmedium.com

Atas kesukaannya terhadap lagu-lagu John Mayer, musisi 25 tahun ini merasa ada hal positif yang pada akhirnya berhasil ia terapkan ke dalam penciptaan karya. Ia menjelaskan, “Aku sebenarnya terinspirasi dari banyak lagu John Mayer, tapi aku rasa garis besar yang bisa aku tarik dari karyanya yang memengaruhiku adalah, ia bisa membuat setiap baris pada lirik begitu terasa spesial dan masuk akal, kemudian bisa mengawinkannya dengan melodi yang indah. Ia juga mengedepankan lagu, dalam arti produksinya dan hasil akhirnya bagus, tapi ia lebih mementingkan lagu itu sendiri. Itulah yang aku ambil dalam membuat karya lagu, yaitu meyakinkan diriku bahwa aku menyukai lagunya dulu.”

Nah, kamu sendiri sudah pernah menggunakan lagunya untuk konten TikTok kamu, belum, Bela?

https://www.youtube.com/embed/tDU5yu04mmc

Ini lirik lagunya, ya, Bela

“IDK You Yet”

Oleh: Alexander 23

How can you miss someone you've never met?
'Cause I need you now but I don't know you yet
But can you find me soon because I'm in my head?
Yeah, I need you now but I don't know you yet

'Cause lately it's been hard
They're selling me for parts
And I don't wanna be modern art
But I only got half a heart
To give to you

How can you miss someone you've never seen?
Oh, tell me are your eyes brown, blue, or green?
And do you like it with sugar and cream?
Or do you take it straight, oh, just like me?

Yeah, lately it's been hard
They're selling me for parts
And I don't wanna be modern art
But I only got half a heart
To give to you

And I hope it's enough
Ooh, ooh-ooh, ooh-ooh, ooh
Ooh, ooh-ooh, ooh-ooh, ooh
Ooh, ooh-ooh, ooh-ooh, ooh
Ooh, ooh-ooh, ooh-ooh, ooh

How can you miss someone you've never met?
'Cause I need you now but I don't know you yet
But can you find me soon because I'm in my head?
Yeah, I need you now but I don't know you yet

I need you now but I don't know you yet
I need you now but I don't know you yet
I need you now but I don't know you yet
I need you now but I don't know you yet

Baca Juga: Inilah "Level of Concern", Video Lirik Twenty One Pilots Buatan Pinot

Baca Juga: Sempat Trending di YouTube, Ini Lirik Lagu 'Favorite Sin' Marion Jola

Baca Juga: Kisah di Balik Lagu 'Born Ready' Rinni Wulandari, Ini Lirik Lagunya