Bagi penonton film Parasite (2019) yang begitu 'vulgar' menunjukkan realita hidup, Bong Joon Ho sebagai sutradara juga tak luput menyematkan adegan seks yang cukup membuat penonton tidak nyaman menyaksikannya. Namun, dengan alasan yang ia utarakan, tak heran jika ia mendapat penghargaan Oscar sebagai sutradara terbaik 2020 untuk film tersebut.

Melansir dari Koreaboo, dalam sebuah wawancara dengan majalah kritik film FILO Korea, sutradara Bong Joon Ho berbagi beberapa wawasan tentang Parasite dan salah satu adegannya yang paling kontroversial—adegan seks sofa.

Alasan Kenapa Adegan Seks di Film Korea 'Parasite' Terasa Tak Nyamankoreaboo.com

Sejak film tersebut dirilis, penonton memiliki pendapat yang berbeda tentang adegan seks sofa pasangan suami istri Parks—terutama di Korea. Di sana, Parasite diberi peringkat PG-13. Beberapa bahkan percaya adegan itu sebenarnya "tidak perlu".

Namun, Bong Joon Ho mengatakan, “Adegan seks di sofa itu selalu menjadi adegan yang paling penting, sejak saya mulai menulis naskahnya," katanya. Menurut sang Sutradara, adegan ini menjadi "titik kritis" bagi keluarga Kim, terutama Ki Taek sang Ayah.

Alasan Kenapa Adegan Seks di Film Korea 'Parasite' Terasa Tak Nyamankoreaboo.com

"Parasite adalah tragedi yang datang dari karakter yang mengintip dan terlalu terlibat dalam kehidupan orang lain, baik itu mereka sengaja atau tidak. Bayangkan betapa tidak nyamannya seorang ayah menonton film berperingkat R bersama anak-anaknya, bukan? Jadi untuk Ki Taek, harus berada di sana melalui pasangan Parks berhubungan seks, ini menjadi titik kritis. Saat itulah Ki Taek mulai menjauh dari kelarga Parks—dan itu adalah urutan yang sangat penting untuk dimasukkan ke dalam film," jelasnya lagi.

Alasan Kenapa Adegan Seks di Film Korea 'Parasite' Terasa Tak Nyamanraindance.org

Bong Joon Ho kembali menjelaskan, “Dan adegan seks dimaksudkan untuk menyampaikan semua kecemasan dan intensitas itu.”

"Maksud saya adegan itu tidak memiliki sensasi, seperti yang biasanya didapat dari film bersifat cabul. Saya ingin penonton mengalami ketegangan sebagai gantinya—seperti mereka ingin adegan itu selesai dan diakhiri secepat mungkin. Saya ingin penonton berbagi perasaan itu dengan Ki Taek," sambungnya lagi.

"Seperti perasaan tercekik itu. Saya bahkan ingin musiknya cocok dengan getaran itu… seperti bagian dalam panci bertekanan tinggi karena tekanannya benar-benar meningkat. Saya secara khusus meminta direktur musik Jung Jae Il untuk membuat suara seperti itu juga," tambahnya.

Alasan Kenapa Adegan Seks di Film Korea 'Parasite' Terasa Tak Nyamankoreaboo.com

Dengan kata lain, semua reaksi canggung, tidak nyaman, hingga cemas dari penonton itu, persis seperti yang diinginkan sutradara.

Dengan penjelasan tersebut, mereka yang telah menonton Parasite, mengakui bahwa mereka benar-benar terpesona oleh bagaimana Bong Joon Ho mampu membuat mereka “menderita” dan “berbagi perasaan mencekik itu dengan Ki Taek”.

Alasan Kenapa Adegan Seks di Film Korea 'Parasite' Terasa Tak Nyamankoreaboo.com

Kalau kamu yang sudah menonton Parasite, bagaimana kesanmu sendiri, Bela?

Baca Juga: Selain 'Parasite', Inilah 7 Film Korea yang Go Internasional

Baca Juga: Deretan Harga Fantastis Properti Rumah di Film Parasite

Baca Juga: 7 Film Choi Woo Shik yang Perlu Kamu Tonton di Layar Kaca