Tanggal 13 Juli 2020, menjadi hari masuknya tahun ajaran baru bagi pelajar sekolah. Sayangnya, masa pandemi corona yang belum tuntas benar, membuat suasana sekolah baru atau kembali bertemu dengan teman-teman sekolah, jadi tidak bisa terealisasi, nih, Bela. 

Sedih, sih, tapi life must go on. Begitu juga dengan kegiatan belajar mengajar. Nah, agar kamu menyimak pelajaran dengan baik dan benar, berikut langkah efektif mengikuti pelajaran sekolah dari rumah, agar kamu tidak cepat mengantuk atau bosan.

1. Tidur tepat waktu Godaan menonton drama, bermain game atau media sosial hingga larut, memang menggoda sekali, Bela. Tapi kalau kamu teruskan, malah membuat badanmu tidak siap menghadapi pagi hari. Mulai belajar disiplin untuk tidur tepat waktu sebelum tengah malam, agar ketika bangun, otak dan seluruh otot tubuhmu sudah ikut siap aktif setelah mendapat

5 Langkah Efektif Ikuti Pelajaran Sekolah dari Rumahpexels.com/Oboleninov

Godaan menonton drama, bermain game atau media sosial hingga larut, memang menggoda sekali, Bela. Tapi kalau kamu teruskan, malah membuat badanmu tidak siap menghadapi pagi hari. Hasilnya? bangun pagi terasa lemas, aliran oksigen ke otak tidak cukup, sehingga bikin kamu menguap terus. Mulailah belajar disiplin untuk tidur tepat waktu sebelum tengah malam, agar ketika bangun, otak dan seluruh otot tubuhmu sudah ikut siap aktif setelah mendapat  istirahat yang cukup.

2. Makan dengan benar Sebelum memulai pelajaran, jangan lupa sarapan dengan baik dan gizi yang cukup dulu, ya. Misalnya nasi hangat dengan telur mata sapi, atau sandwich yang akan mengenyangkan hingga makan siang. Sehingga ketika di tengah pelajaran, kamu tinggal menyeruput minuman favoritmu tanpa terganggu keinginan untuk ngemil.

5 Langkah Efektif Ikuti Pelajaran Sekolah dari Rumahunsplash.com/BenKolde

Sebelum memulai pelajaran, jangan lupa sarapan dengan baik dan gizi yang cukup dulu, ya. Misalnya nasi hangat dengan telur mata sapi, atau sandwich yang akan mengenyangkan hingga makan siang. Sehingga ketika di tengah pelajaran, kamu tinggal menyeruput minuman favoritmu tanpa terganggu keinginan untuk ngemil. 

3. Menyiapkan ruangan khusus untuk belajar Kesulitan belajar di rumah adalah gangguan dari suara-suara anggota keluarga, dapur, tetangga, atau televisi yang menyala. Siapkan ruang pribadimu khusus selama jam pelajaran berlangsung. Sehingga, hanya ada kamu dan orangtua yang mendampingimu.

5 Langkah Efektif Ikuti Pelajaran Sekolah dari Rumahpexels.com/AugustdeRichelieu

Kesulitan belajar di rumah adalah gangguan dari suara-suara anggota keluarga, dapur, tetangga, atau televisi yang menyala. Siapkan ruang pribadimu khusus selama jam pelajaran berlangsung. Sehingga, hanya ada kamu atau orangtua yang mendampingimu belajar.  

4. Koneksi internet yang lancar Ini dia yang sering menjadi kendala belajar secara online. Seringnya terjadi miskomunikasi maupun kebosanan, karena koneksi internet yang tak lancar, sehingga apa yang disampaikan guru menjadi tidak jelas. Nah, hal inilah yang diakomodir oleh 3 untuk seluruh pelanggan perdana. Paket AlwaysOn adalah tambahan kuota untuk mengakses aplikasi e-learning hingga 30 hari. Tambahan kuota tersebut bisa digunakan untuk mengakses aplikasi e-learning seperti Google Classroom, Ruangguru, Edmodo, dan Zenius. Empat aplikasi tersebut merupakan aplikasi e-learning yang paling banyak di akses oleh pelanggan 3.

5 Langkah Efektif Ikuti Pelajaran Sekolah dari Rumahperdana.tri.co.id

Ini dia yang sering menjadi kendala belajar secara online. Seringnya terjadi miskomunikasi maupun kebosanan, karena koneksi internet yang tak lancar, sehingga apa yang disampaikan guru menjadi tidak jelas. Nah, hal inilah yang diakomodir oleh 3 Indonesia untuk seluruh pelanggan perdana. Paket AlwaysOn adalah tambahan kuota untuk mengakses aplikasi e-learning hingga 30 hari. Tambahan kuota tersebut bisa digunakan untuk mengakses aplikasi e-learning seperti Google Classroom, Ruangguru, Edmodo, dan Zenius. Empat aplikasi tersebut merupakan aplikasi e-learning yang paling banyak di akses oleh pelanggan 3.

“Upaya berkelanjutan kami digerakkan oleh satu misi, yaitu berkontribusi untuk menyamaratakan akses internet bagi anak muda Indonesia. Kami percaya bahwa anak muda Indonesia adalah kunci untuk memajukan bangsa. Untuk mendukung pemerintah dalam menerapkan cara-cara belajar di era adaptasi kebiasaan baru, kami telah mempersiapkan ekosistem produk yang bisa bermanfaat bagi para pelajar. Tidak hanya ekosistem produk, kami juga terus meningkatkan kualitas jaringan untuk menjadikan kegiatan belajar mengajar online lebih lancar,” jelas Dolly Susanto, Chief Commercial Officer 3 Indonesia.

5. Memanfaatkan bonus provider seluler untuk pengetahuan tambahan

5 Langkah Efektif Ikuti Pelajaran Sekolah dari Rumahpexels.com/JuliaMCameron

Selama masa adaptasi kebiasaan baru ini pula, adanya bonus tambahan dari paket internet bisa menjadi keuntungan yang menyenangkan hati untuk mempermudah akses internet. Contohnya lagi, 3 Indonesia. Pelanggan dapat menukarkan poin BonsTri dengan voucher potongan 50% untuk aplikasi Ruangguru.

Tak hanya itu, pelanggan baru 3 juga dapat berhemat dengan voucher cashback pulsa beruntun selama tiga bulan setiap mengisi pulsa. Voucher cashback pulsa tersebut bisa digunakan untuk membeli kuota maupun menelepon. Pelanggan yang pertama kali mengunduh aplikasi Bima+ lewat AppStore maupun Google Playstore juga akan mendapatkan kuota tambahan sebesar 6GB. 

Selamat belajar dari rumah, ya, Bela. Tetap semangat!

Baca Juga: Berkomitmen untuk Kemajuan Bangsa, 3 Indonesia Tingkatkan Jaringan

Baca Juga: Meriahkan Belajar di Rumah, Studio Ghibli Rilis 12 Wallpaper Gratis

Baca Juga: Makin Pintar #DiRumahAja, Cek 5 Aplikasi Belajar Bahasa yang Gratis