Film Minions siap hibur penonton kembali, lewat berbagai aksi lucu dan seru dalam film Minions: The Rise of Gru kali ini, Bela. Film animasi dengan warna nyentrik kuning ini, masih jadi garapan produksi Illumination. 

Disutradarai langsung oleh Kyle Balda (Despicable Me 3, Minions), Brad Ableson (The Simpsons) dan Jonathan del Val (The Secret Life of Pets). Menyajikan konflik Gru yang ditemani Kevin, Stuart, Bob, dan Otto bertarungan melawan tim penjahat super Vicious 6.

Namun, tahukah kamu dengan cerita di balik penayangan Minions: The Rise of Gru ke layar bioskop? Penasaran? Yuk, simak dalam ulasan berikut, ya, Bela!  

1. Penayangan film tertunda pandemi COVID-19

Sempat Tertunda Lama, Ini 9 Fakta 'Minions: The Rise of Gru'Dok. Universal Studios

Tayangnya film Minions: The Rise of Gru jika melihat jadwal, sebenarnya akan dirilis saat peringatan 10 tahun Despicable Me (2010). Akan tetapi adanya kasus pandemi COVID-19, film ini pun direncanakan tayang 2 Juli 2021 lalu.

Namun melihat COVID-19 tak kian mereda, membuat film ini harus menunda waktu penayangan kembali, Bela. Hingga akhirnya, film Minions 2 serentak tayang pada pertengahan tahun 2022 ini.

Wah, akhirnya bisa tayang juga, ya!

2. Film pertama sebagai penundaan tayang terlama

Sempat Tertunda Lama, Ini 9 Fakta 'Minions: The Rise of Gru'Dok. Universal Studios

Berbagai alasan dari penundaan waktu tayang Minions: The Rise of Gru, menjadikan film animasi ini dinobatkan sebagai film yang diiklankan paling lama dalam sejarah, Bela. Film ini baru naik ke bioskop sejak 2,5 tahun setelah trailer pertamanya dipublikasikan. 

Terbatasnya ruang pengerjaan film karena pandemi COVID-19, mengharuskan sutradara Minions: The Rise Of Gru harus menyelesaikan proyek ini melalui jarak jauh.

3. Indonesia saksikan Minions: The Rise Of Gru lebih awal

Sempat Tertunda Lama, Ini 9 Fakta 'Minions: The Rise of Gru'Dok. Universal Studios

Jadi kabar gembira, nih!

Indonesia bisa melihat berbagai keseruan Minnions: The Rise of Gru di bioskop kesayanganmu, mulai tanggal 29 Juni 2022, Bela. Sementara, terkait jadwal tayang di wilayah Amerika Serikat, menurut informasi pada tanggal 1 Juli 2022.

4. Angkat jiwa petualangan anak-anak

Sempat Tertunda Lama, Ini 9 Fakta 'Minions: The Rise of Gru'Dok. Universal Studios

Minions: The Rise of Gru berlatar pada tahun 1970-an, lho, Bela. Menampilkan Gru sebagai bocah 12 tahun yang tumbuh di pinggiran kota. Gru kecil, digambarkan sebagai fanboy dari tim penjahat super Vicious 6. 

Komplotan penjahat kelas kakap itu, diantaranya Wild Knuckles (Alan Arkin), dan beranggotakan Belle Bottom (Taraji P. Henson), Jean Clawed (Jean-Claude Van Damme), Nunchuck (Lucy Lawless), Svengeance (Dolph Lundgren), dan Stronghold (Danny Trejo).

Rasa ingin tahu Gru sebagai anak kecil sangat diulas pada film ini. Terlebih, dalam berbagai adegan menantang, namun berhasil dikemas dekat dengan dunia anak-anak. Tak sendiri, Gru ditemani oleh Kevin, Stuart, Bob, Otto, dan Minion lainnya.

5. Sosok penting di balik layar

Sempat Tertunda Lama, Ini 9 Fakta 'Minions: The Rise of Gru'Dok. Universal Studios

Film yang kental dengan aksi komedi ini, ditulis langsung oleh Matthew Fogel. Serta menjadi sangat spesial, karena diisi suara oleh sejumlah artis ternama, seperti: 

  • Steve Carell sebagai Gru
  • Pierre Coffin sebagai Kevin, Stuart, Bob, Otto, dan Minion lainnya
  • Taraji P Henson sebagai Belle Bottom 
  • Michelle Yeoh sebagai Master Chow, seorang petarung Kung Fu
  • RZA sebagai biker Otto
  • Jean-Claude Van Damme sebagai Jean Clawed
  • Lucy Lawless sebagai Nunchuck
  • Dolph Lundgren sebagai Svengeance
  • Danny Trejo sebagai Stronghold
  • Russell Brand sebagai Dr Nefario
  • Julie Andrews sebagai Marlena Gru
  • Alan Arkin sebagai Wild Knuckles

6. Kembangkan bahasa karakter Minion

Sempat Tertunda Lama, Ini 9 Fakta 'Minions: The Rise of Gru'Dok. Universal Studios

Ikut andil sebagai pengisi suara animasi Minions, Pierre Coffin mengatakan kepada Entertainment Focus jika semula, bahasa Minions yang terdengar seperti tak memiliki arti, Bela.

Padahal sebenarnya, kata yang diucapkan Minions memiliki semacam logika. Berangkat dari hal tersebut, bahasa Minions mulai dikembangkan dalam Minions: The Rise Of Gru. Maka, bisa saja memasukkan bahasa dari Italia, Spanyol, Korea, dan Jepang, bahkan Indonesia.

7. Soundtrack yang mengiringi Minions: The Rise of Gru

Sempat Tertunda Lama, Ini 9 Fakta 'Minions: The Rise of Gru'Dok. Universal Studios

Film Minions kali ini jadi spesial, karena salah satu soundtrack utamanya dinyanyikan duet oleh Diana Ross dan Tame Impala "Turn Up The Sunshine", Bela. Lagu yang turut dikerjakan Jack Antonoff peraih Producer of the Year Grammy 2022.

Tak hanya hadirkan lagu baru, namun lagu funk, disco, dan classic soul hit era 70-an turut menjadi soundtrack film ini. Deretan lagu tersebut, diolah jadi versi baru. Seperti, St. Vincent pada lagu hit tahun 1979 milik Lipps Inc Funkytown dan lagu "H.E.R." dari Sly dan The Family Stone tahun 1967. 

Ada pula versi band Bleachers dari lagu tahun 1970 milik John Lennon, "Instant Karma", dan aransemen ulang Phoebe Bridgers dari single The Carpenters tahun 1972 "Goodbye To Love".  

8. Kolaborasi Minions dengan Mondelez International

Sempat Tertunda Lama, Ini 9 Fakta 'Minions: The Rise of Gru'Dok. Mondelez International

Indonesia cukup menyambut meriah kehadiran film Minions: The Rise of Gru ini, Bela. Hal ini dibuktikan lewat kolaborasi yang dilakukan bersama beberapa brand. Salah satunya, kolaborasi dengan Mondelez International.

Mini OREO dan Cadbury Lickables dari Mondelez International meluncurkan kemasan edisi khusus bertematik karakter Minions 2: The Rise of Gru di bulan Juli 2022 ini. Dua produk tersebut dilengkapi dengan stiker dan mainan menarik di balik kemasannya.

Menawarkan nilai eksklusif, Mini OREO Pouch akan menghadirkan 9 desain kemasan edisi khusus bertema karakter Minions dan pada Mini OREO Cup terdapat 15 desain stiker lucu di seluruh varian rasa. Sementara, Cadbury Lickables akan menghadirkan kemasan edisi khusus bertema karakter Minions, dilengkapi total 31 mainan menarik di balik kemasan, terdiri dari 8 jenis mainan dengan 4-6 desain yang berbeda.

Makin lengkap, nihNonton sambil menikmati camilan manis dari Mini OREO dan Cadbury Lickables, serta mendapat hadiah spesial di dalamnya!

9. Merchandise eksklusif Minions dari McDonald's Indonesia

Bertepatan dengan momen peluncuran film Minions: The Rise of Gru, McDonald’s meluncurkan merchandise edisi terbatas berupa Minions Tray di seluruh gerai McDonald’s Indonesia. Minions Tray merupakan wadah makanan dan minuman dengan desain khusus Minions yang dapat diletakkan di mobil maupun dijinjing langsung untuk membawa minumanmu.

Minion Tray hanya bisa diperoleh melalui jalur Drive Thru dengan harga Rp149.000 disertai pembelian paket hemat medium apa saja atau dengan harga Rp195.000 disertai pembelian menu apapun di McDonald’s. Karena jumlah Minions Tray yang terbatas, maka konsumen hanya dapat membeli maksimal 2 Minions Tray per struk.

Selain itu, McDonald's juga menghadirkan menu spesial Minions. Yakni, kentang goreng berbentuk Minions, serta 12 mainan eksklusif Minions. Siap berburu mainannya, Bela?

Itulah, sederet fakta di balik film Minions: The Rise of Gru. Gimana? Sudah siapkan jadwal nonton aksi Gru dan para Minions untuk mengocok perutmu? 

Baca Juga: ‘Minions: The Rise of Gru’ Review: Nggak Gagal Bikin Ketawa!

Baca Juga: Disutradarai James Nunn, Simak 5 Fakta Film Thriller 'Shark Bait'

Baca Juga: Sambut 'Lightyear', Berikut 7 Fakta film Toy Story