Kecelakaan beruntun 17 kendaraan beruntun di ruas Tol Cipularang km 92 arah Jakarta pada 26 Juni 2022, Minggu malam, menjadi trending topic yang patut diperhatikan, Bela. Terlebih dalam hal faktor keselamatan mobil, mengingat insiden ini mengorbankan banyak orang. 

Maka, fitur keselamatan yang terdapat pada mobil, menjadi pertimbangan penting sebelum memiliki sebuah kendaraan. Nah, tentunya ada sederet fitur keselamatan maupun fisik kendaraan yang harus kamu ketahui, nih, Bela! 

Yuk, simak 8 hal yang perlu diperhatikan saat memilih mobil dalam ulasan berikut ini.  

1. Airbag mobil

Minimalkan Tragedi, 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pilih MobilPexels.com

Adanya fitur airbag pada mobil bertujuan untuk menahan gerakan dari sabuk pengaman mobil. Seperti, ketika terjadi benturan yang keras, badan tak ditahan oleh seat belt saja, Bela.

Pada airbag mobil, terdapat bantalan ekstra, berfungsi agar penumpang tidak langsung terbentur dashboard mobil. Kini, mobil keluaran di atas tahun 2000, sudah memiliki minimal dua airbag mobil untuk perlindungan penumpang dan pengemudi.

2. Rem ABS

Minimalkan Tragedi, 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pilih MobilWuling

Fitur keselamatan pada mobil bernama rem ABS (Anti-Lock Braking System). Sistem yang mampu mencegah roda mobil terkunci, saat kamu melakukan rem mendadak. Sehingga mobil bisa lebih mudah dikendalikan.

  • Namun, sayangnya mobil berfitur rem ABS baru ada beberapa di Indonesia. Seperti jenis mobil Toyota Agya TRD Sportivo, Rem EBD, Daihatsu Sigra, Honda Brio, Wuling Canfero, hingga beberapa tipe Ford dan Nissan.

3. Rem EBD

Minimalkan Tragedi, 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pilih MobilWuling

Terdapat pula fitur keselamatan mobil yang disebut rem EBD (Electronic Brakeforce Distribution). Terobosan fitur mobil untuk mengatur distribusi tekanan rem di tiap ban sesuai keperluan.

Rem EBD bekerja sesuai dengan beban yang dimiliki masing-masing roda. EBD memiliki beberapa komponen, yakni sensor kecepatan roda, sensor bobot kendaraan, brake force modulators, dan Electronic Control Unit (ECU).

Bisa jadi fitur pertimbangan, nih, jika mobil yang kamu butuhkan untuk membawa banyak orang, Bela!  

4. Rem BA

Minimalkan Tragedi, 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pilih MobilWuling

Fitur rem Braking Assist (BA) berfungsi jika pengendara dalam keadaan darurat. Rem BA otomatis bekerja lebih cepat, saat mobil mengerem secara tiba-tiba. 

Didukung dengan sensor ECU, rem akan mendeteksi pengereman darurat. Seperti dalam situasi pengendara menginjak pedal rem cukup dalam, ECU akan membaca bahwa mobil berkeadaan darurat sehingga daya pengereman akan ditingkatkan. 

Perlu dicatat, rem Braking Assist tersedia pada mobil berteknologi rem ABS, Bela. Seperti, mobil New Xpander, New Xpander Cross, Pajero Sport dan Mitsubishi Triton.

5. Mobil bersensor

Minimalkan Tragedi, 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pilih MobilPexels.com

Pada mobil keluaran terbaru, banyak melengkapi fitur sensor dengan berbagai fungsi. Seperti salah satunya, sensor parkir mobil atau dikenal sensor mundur merupakan perangkat elektronik yang biasanya dipasang pada bagian belakang kendaraan, Bela.

Berguna untuk mendeteksi bagian belakang mobil jika ada kendaraan atau objek yang mendekat sehingga dapat berhenti sebelum menyentuh atau menabrak objek tersebut.

6. Fitur kamera

Minimalkan Tragedi, 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pilih MobilPexels.com

Kamera mobil, mungkin sudah tak asing lagi bagi para pemilik kendaraan roda empat. Biasa diletakkan di bagian depan mobil, kamera mobil sering kali dipasang dengan tujuan menjadi bukti ketika ada kecelakaan atau tindak kejahatan yang melibatkan mobil tersebut. 

Beberapa kamera mobil modern sudah dilengkapi sensor yang mendeteksi gerakan dan guncangan. Misalnya saat mobil keluar jalur, kamera akan mengirimkan sinyal sehingga kamu bisa kembali ke jalur yang seharusnya, Bela. 

7. Seat belt

Minimalkan Tragedi, 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pilih MobilPexels.com

Seat belt atau sabuk pengaman mobil menjadi fitur penting. Sebab, bertujuan memastikan tubuh penumpang tidak terlempar saat membentur permukaan lain karena sebuah guncangan.

Namun, sangat disayangkan banyak orang tak mementingkan penggunaan seat belt. Entah karena alasan tidak nyaman atau merasa jalur yang dilewati aman-aman saja. Padahal, kecelakaan yang diakibatkan oleh pengendara lain, bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

8. Pilihlah bahan rangka mobil yang kokoh

Minimalkan Tragedi, 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pilih MobilPexels.com

Besi baja adalah jenis logam yang tentu tidak asing lagi di telinga kita, Bela. Pada mobil, rangka yang digunakan baik pada bagian terbesar maupun pada bagian terkecil pada mobil,terdapat rangka besi hingga baja.

Besi baja adalah material yang bisa digunakan untuk membuat body mobil. Body mobil yang dimaksud termasuk atap, panel pintu, dan balok antar pintu. Body juga berkaitan dengan keselamatan penumpang untuk meredam benturan saat terjadi tabrakan atau tidak. Pastikan mobil yang kamu pilih, sebagian besar rangka penyangganya terbuat dari besi baja.

Nah, itulah sederet fitur keselamatan yang bisa kamu perhatikan jika memiliki kendaraan roda empat. Adakah fitur lain yang kamu tahu? Bisa tulis di kolom komentar, ya!  

Baca Juga: Ini 5 Produsen Mobil Mewah yang Memproduksi Sepeda secara Eksklusif

Baca Juga: 10 Potret Aksi Emak-emak Naik Kendaraan ini Kocak Banget

Baca Juga: Fromis_9 Mengalami Kecelakaan, Bagaimana Nasib Jadwal Showcase?