TikTok kini menjadi platform video sharing yang banyak digunakan oleh millennial dan gen Z. Melalui TikTok kita bisa mendapatkan informasi terkini, hingga menjadi ladang cuan baru bagi mereka yang sering menekuninya. Karena alasan itulah, tak heran jika saat ini banyak orang berlomba membuat video sesering mungkin supaya masuk For You Page atau FYP.

Tapi, untuk masuk FYP ini, nggak mudah, lho, Bela. Kita harus bersaing dengan ribuan video lainnya yang diunggah setiap hari. Nggak mudah bukan berarti nggak bisa, kan

Bikin Viral, Ini 5 Tips Supaya Video Kamu Masuk FYPInstagram.com/Fuaditrockz

Dalam sharing session yang diadakan oleh content creator Fuadit Muhammad, Sabtu, 17 Juli 2021 lalu, pemilik akun TikTok dengan 116 ribu followers ini membagikan tips supaya video kita FYP. Selama satu tahun terakhir, Fuadit fokus membuat konten tentang kehidupan seorang progammer yang tidak diketahui oleh banyak orang.

Memang, sih, menurut Fuadit, algoritma TikTok itu benar-benar dipersonalisasi sesuai dengan kesukaan penggunanya. Makanya, nggak jarang konten yang kita kira akan naik malah menghasilkan traffic yang biasa aja. Tapi, konten yang kita kira biasa aja, malah bisa boom! Meledak dan FYP di mana-mana.

Berdasarkan pengalaman pemilik akun dengan nama @Fuaditrockz ini, ada rahasia kecil yang bisa kita gunakan supaya video kita FYP. Penasaran? Simak cara mudah supaya video TikTok masuk FYP ini, yuk!

1. Set akun profil semenarik mungkin

Bikin Viral, Ini 5 Tips Supaya Video Kamu Masuk FYPUnsplash.com/Solen Feyissa

Tips pertama adalah mengatur profil semenarik mungkin. Hal ini memang terdengar sepele. Tapi, hal ini cukup berpengaruh terhadap organic growth akun kamu. Misalnya, ada satu video kamu yang FYP. Bisa jadi pengguna lain tersebut akan mengklik profil kamu. Jika profilmu menarik, ia akan melanjutkan scroll videomu sampai bawah dan kemungkinan videomu masuk ke FYP-nya di kemudian hari menjadi lebih besar sudah masuk ke dalam algoritmanya.

Maka dari itu, yuk, coba cek kembali akun TikTok-mu dan mulai perbaiki profil supaya lebih menarik. Kamu bisa mengunggah foto profil terbaik, username yang tidak kamu ubah-ubah, hingga tambahkan pula sosial media lainnya yang kamu punya.

2. Jangan terlalu idealis di awal dan selalu ikuti tren

Bikin Viral, Ini 5 Tips Supaya Video Kamu Masuk FYPUnsplash.com/Amanda Vick

Memang, sih, kamu ingin membangun citra tertentu di TikTok dengan membuat konten yang idealis. Menurut Fuadit, jika kamu baru merintis usahakan untuk tidak terlalu idealis dan tetap ikuti tren sebagai selingan supaya pertumbuhan akunmu lebih signifikan.

Tidak semua tren tentu cocok dengan kita. Kita harus memilihnya kembali dan membuat video tren yang disesuaikan dengan personalitas kita. Misalnya, buat video menggunakan sound yang sedang viral, pakai filter yang sedang booming, hingga ikut challenge yang sedang diikuti banyak orang.

Ingat, tren ini hanya selingan. Jika menurutmu tren tersebut berdampak negatif, kamu bisa mengabaikannya dan hanya ikuti yang positif saja, ya, Bela.

3. Bangun interaksi

Bikin Viral, Ini 5 Tips Supaya Video Kamu Masuk FYPUnsplash.com/Aaron Weiss

Tips selanjutnya supaya video kamu FYP adalah dengan rutin membangun interaksi dengan pengguna lainnya. Interaksi ini bisa dibangun dengan cara membalas komentar menggunakan video baru, membuat video duet dengan pengguna lainnya dan mem-follow orang-orang di sekitar kita. Jika rutin melakukan ini, perlahan tapi pasti, akunmu akan tumbuh.

4. Jangan minta temanmu untuk melihat video kamu di profil

Bikin Viral, Ini 5 Tips Supaya Video Kamu Masuk FYPUnsplash.com/Obi Onyeador

Baru unggah video baru, tentu kamu ingin supaya video kamu ini segera ditonton banyak orang, bukan? Makanya, tak jarang kamu meminta orang-orang terdekatmu untuk menontonnya dengan cara mengarahkan mereka membuka akun profil kamu.

Menurut Fuadit, cara ini kurang efektif, lho. Akan lebih baik jika membiarkan videomu masuk ke FYP teman-temanmu secara organik dan meminta mereka menuliskan komentar saat mereka melihatnya. Melalui cara ini, perlahan-lahan video kamu akan mulai FYP dengan sendiri.

5. Akhiri dengan 'call to action' supaya pengguna lain aktif di videomu

Bikin Viral, Ini 5 Tips Supaya Video Kamu Masuk FYP

Terakhir, jangan lupa untuk akhiri video dengan call to action supaya ada interaksi di video kamu. Call to action ini bisa pertanyaan berupa pendapat, pilihan atau saran dari penonton video. Jawaban-jawaban ini dapat meningkatkan engagement akunmu, membuat videomu FYP, hingga mungkin saja kamu bisa mendapatkan inspirasi untuk video selanjutnya.

Jangan lupa untuk konsisten berkarya, ya, Bela. Algoritma TikTok yang begitu kompleks membuat kita tidak tahu kapan hasil karya kita akan meledak. Jadi, yang perlu kita lakukan untuk terus membuat video secara berkala.

Semoga tips mudah agar video TikTok masuk FYP di atas dapat membantumu yang sedang merintis menjadi seorang content creatorya

Baca Juga: 13 TikTok Challenge: Kiss Your Pet, yang Bikin Ngakak Pol!

Baca Juga: Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark Di HP, Laptop dan PC

Baca Juga: Maskara hingga Primer, Ini 7 Produk Makeup yang Lagi Ngetren di TikTok