Lindungi Data Pribadimu, Ini 10 Tips Aman Berinternet dari Google

Jangan abai dengan masalah privasi, ya!

Lindungi Data Pribadimu, Ini 10 Tips Aman Berinternet dari Google

Kemajuan dunia digital dan internet bak pisau bermata dua. Di satu sisi dapat memudahkan segala pekerjaan kita, terlebih di masa pandemi seperti saat ini yang mengharuskan kita untuk lebih banyak di rumah. Namun, di sisi lain, data pribadi kita semakin terancam karena bisa jadi data kita bocor dan dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Supaya data kamu semakin aman, Google Indonesia membagikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Tips yang perlu kamu ketahui untuk pengamanan privasi terbagi menjadi dua pilar utama.

Pertama adalah pilar 'Kesadaran'. Pilar ini menekankan pentingnya menyadari keamanan dan privasi dalam menggunakan internet. Kedua adalah pilar 'Pencegahan', yakni pilar lanjutan yang perlu dilakukan seseorang setelah memahami kemudian bisa melakukan tindakan pencegahan, dalam menjaga keamanan dan privasi berinternet.

Apa saja tipsnya? Simak berikut ini, ya!

1. Berhati-hatilah terhadap pesan yang meminta informasi pribadi dan tidak boleh membagikan data pribadi orang lain tanpa seizin orang tersebut

Jangan klik link atau balas pesan mencurigakan berbentuk apapun yang meminta informasi pribadi kamu seperti nama lengkap, nama ibu, alamat rumah, email, tanda pengenal diri, sandi, nomor rekening bank atau nomor kartu kredit, bahkan tanggal lahir. Bahkan jika pesan tersebut dikirim oleh situs yang kamu percaya, seperti situs bank, jangan pernah klik link atau membalas pesannya.

Sebaiknya kunjungi langsung situs atau aplikasi bank tersebut untuk login ke akunmu. Ingatlah, situs dan layanan resmi tidak akan pernah mengirim pesan untuk meminta mengirim sandi atau informasi keuangan via e-mail. Selain informasi pribadi diri kamu sendiri, kamu juga tidak boleh membagikan data pribadi orang lain tanpa seizin orang tersebut.

2. Selalu pastikan validitas URL atau link yang mencurigakan

Jangan pernah klik link mencurigakan, karena bisa jadi link itu berisi halaman login palsu buatan hacker yang terlihat resmi. Pastikan URL link yang akan kamu akses adalah situs yang resmi yang diawali dengan “https”. Situs palsu membuat kamu terjebak phising, yakni upaya untuk menipu kamu agar memberikan informasi pribadi yang sangat penting seperti sandi akun.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here