Menjabat selama lima tahun sebagai pemimpin negara, Presiden Joko Widodo akan mendapatkan mobil dinas baru. Mobil dinas baru yang akan menemaninya menjalani seluruh aktivitas adalah Mercedes-Benz S600 Guard. Mobil ini akan menggantikan mobil dinas Jokowi yang lama, yakni Mercedes-Benz S600 Pullman Guard.

Bukan sembarangan, Mercedes-Benz S600 Guard memang sering dipakai oleh para pemimpin dunia sebagai mobil dinas mereka. Selain nyaman, keamanan dari mobil seri ini memang tak perlu diragukan lagi.

Apa saja fakta mobil baru Jokowi ini?

1. Mesin Mercedes-Benz S600 Guard Serupa dengan Mobil Sport

Tahan Granat, Ini Fakta Mobil Baru Jokowi Seharga Rp7,5 MiliarDaimler.com

Dari segi spesifikasi mesin, Mercedes-Benz S600 Guard memiliki mesin serupa dengan mobil sport. Ia memiliki mesin 12 silinder DOHC Direct Injection berkapasitas 5.500cc dengan tenaga maksimum mencapai 530hp bertorsi 830Nm dengan kecepatan maksimum mencapai 210 km/jam.

2. Anti Peluru dan Tahan Granat

Tahan Granat, Ini Fakta Mobil Baru Jokowi Seharga Rp7,5 MiliarDaimler.com

Salah satu alasan mobil Mercedes-Benz S600 Guard menjadi mobil pilihan kepala negara di dunia adalah karena mobil ini tahan peluru dan granat. Hal ini telah diuji dan disertifikasi oleh organisasi ternama serta lulus standarisasi Eropa.

Hal ini dikarenakan Mercedes-Benz S600 Guard memiliki tingkat ketahanan B4 dan B6/B7. Ketahanan B4 adalah tingkat ketahanan mobil untuk mampu menahan serbuan peluru berkaliber 7,62 mm atau setara dengan senapan mesin. Untuk ketahanan B6/B7 adalah tingkat ketahanan mobil untuk menahan ledakan setara dengan granat.

Ban mobil Mercedes-Benz S600 Guard juga menggunakan jenis run flat yang mampu menopang berat mobil dan berjalan jauh meski dalam keadaan bocor.

3. Tangki Bensin yang Anti Peluru

Tahan Granat, Ini Fakta Mobil Baru Jokowi Seharga Rp7,5 MiliarDaimler.com

Selain bodi mobil, desain anti peluru juga diterapkan pada tangki bensin. Hal ini dimaksudkan, jika mobil mengalami ledakan atau terkena serbuan peluru, tangki bensin tak akan bocor sehingga tidak akan menimbulkan ledakan yang lebih parah lagi.

4. Desain Interior yang Mewah dan Nyaman

Tahan Granat, Ini Fakta Mobil Baru Jokowi Seharga Rp7,5 MiliarDaimler.com

Canggih di bagian luar, namun Mercedes-Benz S600 Guard tetap nyaman di dalam. Kulit berwarna hitam nan elegan menjadi nilai plus dari mobil ini. Meski kursi Mercedes-Benz S600 Guard lebih pendek dibandingkan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, namun ruang untuk kakinya justru lebih lega. Sehingga, dapat tetap membuat nyaman penumpang jika harus berada di dalam mobil dalam waktu yang cukup lama.

5. Harga Mercedes-Benz S600 Guard

Tahan Granat, Ini Fakta Mobil Baru Jokowi Seharga Rp7,5 MiliarDaimler.com

Melihat spesifikasi yang super canggih serta desain interior yang mewah, harga yang diberikan pun cukup fantastis. Untuk satu unit mobil Mercedes-Benz S600 Guard dibandrol dengan harga Rp7,5 miliar. Wow!

Baca Juga: Fix! Ini Kata Jokowi Soal Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan