Sorelle.IDN merupakan sebuah komunitas non-profit yang berdiri sejak 6 Juni 2021. Awalnya Sorelle dibentuk oleh sekumpulan perempuan, dan untuk perempuan. Namun, seiring berjalannya waktu Sorelle mulai membuka kesempatan bagi para laki-laki yang ingin ikut berkontribusi dalam memperjuangkan hak-hak perempuan.

Di dalam komunitas ini, Sorelle.IDN sama-sama berjuang untuk menciptakan sebuah ruang aman bagi para perempuan di Indonesia dan berjuang untuk membangkitkan kembali semangat girls support girls di tengah masyarakat.

Yuk, mengenal lebih lanjut tentang Sorelle.IDN berikut ini.

Arti nama Sorelle

Sorelle diambil dari bahasa Italia yang memiliki arti sister atau saudara perempuan. Kata ini dipilih untuk menunjukkan bahwa Sorelle menganggap setiap perempuan di luar sana sebagai saudara.

Setiap perempuan di Indonesia merupakan bagian dari komunitas ini. Maka dari itu, Sorelle akan selalu menganggap bahwa setiap perempuan adalah sosok yang berarti dan penting, sekalipun kami tidak mengenal mereka secara personal.

Latar belakang didirikannya Sorelle

Sorelle dirikan di tengah pandemi COVID-19 dan terinspirasi dari masalah yang ditemukan di masa pandemi ini. Hal ini diawali oleh founder dari Sorelle yang melihat bahwa setidaknya ada dua masalah utama yang terjadi kepada perempuan di media sosial ketika masa pandemi. Yaitu, pelecehan seksual dan verbal bullying yang terjadi di berbagai media sosial.

Pelaku dari kedua masalah utama ini ternyata bukan hanya laki-laki, melainkan perempuan juga bisa jadi pelaku terhadap sesamanya. Hal ini menyadarkan founder bahwa ternyata belum ada ruang aman bagi perempuan, baik itu di dunia nyata maupun di dunia maya.

Para perempuan masih tinggal di tengah-tengah ketakutan untuk mengekspresikan dirinya sendiri, menyampaikan pendapat, dan memperjuangkan haknya sebagai perempuan. Kondisi ini juga turut menyadarkan beberapa perempuan untuk menemani jiwa-jiwa yang tersakiti dengan cara mendirikan Sorelle.

Tujuan didirikannya Sorelle

Tujuan pertama Sorelle adalah untuk menghadirkan ruang aman bagi para perempuan di tengah keadaan sekarang ini. Sorelle ingin mendukung para perempuan untuk berani berpendapat, berjuang untuk haknya, dan tentunya menjadi dirinya sendiri.

Kedua, Sorelle juga ingin untuk terus membela serta memperjuangkan hak-hak yang seharusnya dimiliki oleh para perempuan. Permasalahan tentang perempuan yang “tercabut” haknya bukanlah suatu hal yang langka kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kita sangat sering menjumpai kasus-kasus mengenai hal ini, bahkan dari skala yang terkecil. Namun, Sorelle hadir untuk berjuang bersama para perempuan untuk mendapatkan kembali semua yang seharusnya kita miliki.

Ketiga, yang terakhir adalah untuk membangkitkan semangat "girls support girls" di Indonesia. Menurut Sorelle, women empowerment adalah suatu konsep yang sangat penting, didukung dengan "girls support girls".

Sorelle ingin membangkitkan semangat ini agar para perempuan tidak hanya memperjuangkan dirinya, tapi juga bisa bersama-sama memperjuangkan sesamanya. "Kita semua adalah satu, kita semua adalah sama" adalah yang ingin Sorelle sampaikan dari frasa ini. Kita semua harus saling mendukung agar kita semua bisa naik bersama, bukannya malah (buruknya) saling menjatuhkan.

Standing point Sorelle

Dalam perkembangan Sorelle, standing point yang diusung adalah untuk bisa menjalin relasi lebih dari sebuah "komunitas yang berbagi". Sorelle ingin membentuk keluarga, membentuk tempat untuk para perempuan agar bisa merasakan aman dan nyaman.

Dengan itu, Sorelle terus berusaha untuk membangun relasi, baik internal maupun eksternal. Sorelle ingin berbagi dan berinteraksi dengan para pengikutnya untuk memaksimalkan interaksi antar anggota tim, kemudian menghubungkan keduanya.

Harapan Sorelle

Harapan Sorelle adalah agar para perempuan bisa mendapatkan kepercayaan dirinya kembali, bisa mengingat nilai mereka, dan bisa menjadi lebih berani untuk mengambil tindakan-tindakan baru sebagai bentuk pengembangan diri. Salah satu bentuknya adalah bisa dengan berani keluar dari zona nyaman dan lebih semangat dalam mengejar cita-cita mereka.

Tentu saja semua hal ini tidak mudah untuk dijalankan, tetapi harapan Sorelle adalah untuk (setidaknya) memberikan andil dalam memotivasi para perempuan. Tujuan akhir Sorelle adalah untuk mencapai sebuah kesetaraan, yaitu bahwa perempuan juga bisa dan berhak untuk mengekspresikan diri, berpendapat, berkarya, dan menjadi dirinya sendiri.

Yuk, terhubung dengan Sorelle dengan mengikuti media sosial mereka di Instagram @Sorelle.IDN dan TikTok @Sorelle.IDN.

Baca Juga: Bangun Stellar Women, Pentingnya Punya Komunitas Menurut Samira Shihab

Baca Juga: Srikandi Lintas Iman Yogyakarta, Ajak Perempuan Tingkatkan Toleransi

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Bergabung di Komunitas itu Penting!