Pandemi COVID-19 telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan kita, termasuk kesehatan mental. Dengan ketidakpastian, ketakutan dan meningkatnya isolasi yang dibawanya, banyak individu mengalami tingkat stres yang tinggi dan menyebabkan peningkatan depresi, kecemasan, serta pikiran untuk bunuh diri. Kesehatan mental di Indonesia masih distigmatisasi dan jarang dibicarakan. Hal ini menyulitkan individu untuk mencari bantuan dan mengatasinya.

Seribu Tujuan merupakan inisiatif kesehatan mental yang didirikan pada tahun 2018 dengan tujuan menjadi solusi kesehatan mental di Indonesia. Melalui pendekatan holistik, Seribu Tujuan merancang dan mengembangkan solusi inklusif, mudah diakses, dan inovatif untuk perawatan kesehatan mental. Saat ini, Seribu Tujuan menyediakan platform pengetahuan (www.seributujuan.id), menjalankan kampanye media, serta menyelenggarakan berbagai acara yang berhubungan dengan kesehatan mental.

Tim multidisiplin dan multinasional memanfaatkan perspektif dan keahlian yang berbeda untuk meningkatkan kesehatan mental di Indonesia

Seribu Tujuan, Tingkatkan Aksesibilitas Pendidikan Kesehatan MentalDok. Seribu Tujuan

Seribu Tujuan dibangun pada tahun 2018 oleh sekelompok pemuda untuk kaum muda. Mereka adalah tim multinasional, memiliki anggota di seluruh dunia dari Australia, Inggris, Malaysia dan Indonesia. Selain sebagai tim multinasional, Seribu Tujuan juga merupakan tim multidisiplin, memiliki anggota dari bidang selain psikologi seperti teknik, pemasaran dan banyak lagi. 

"Kami belajar bahwa untuk meningkatkan kesehatan mental di Indonesia, kami harus mengambil pendekatan multidisiplin," kata pendiri Seribu Tujuan, Jennifer Budimulia. 

Berbagai latar belakang yang berbeda memungkinkan mereka untuk memanfaatkan perspektif dan keahlian yang berbeda saat mereka berkolaborasi untuk meningkatkan kesehatan mental di Indonesia. Meskipun tim yang beragam, Seribu Tujuan berkomitmen untuk menerapkan intervensi kesehatan mental yang disesuaikan secara budaya di Indonesia berdasarkan standar internasional.

Memerangi stigma melalui solusi kesehatan mental yang inovatif, inklusif dan mudah diakses

Seribu Tujuan, Tingkatkan Aksesibilitas Pendidikan Kesehatan MentalDok. Seribu Tujuan

Melalui tim multidisiplin dan multinasional mereka, memungkinkan mereka untuk mengembangkan solusi kesehatan mental yang lebih inovatif, inklusif dan mudah diakses. Seribu Tujuan bertujuan untuk menemani kamu di setiap langkah. Mulai dari belajar tentang kesehatan mental, membantu mencegah penyakit mental, mencari bantuan untuk kesehatan mental, hingga manajemen jangka panjang itu.

"Mencoba memperbaiki lanskap kesehatan mental di Indonesia sangat kompleks. Anda harus melihatnya dari berbagai cara," kata Jennifer. 

Seribu Tujuan ingin mengatasi pendekatan kesehatan mental melalui penargetan semua pencegahan primer, sekunder dan tersier. Hal ini juga penting di negara seperti Indonesia yang merupakan kepulauan terbesar di dunia, bahwa mereka memastikan itu dapat diakses oleh semua orang.

Memimpin perjuangan kesehatan mental melalui pendidikan

Seribu Tujuan, Tingkatkan Aksesibilitas Pendidikan Kesehatan MentalDok. Seribu Tujuan

Seribu Tujuan adalah platform pendidikan kesehatan mental pertama dan terlengkap di Indonesia dengan berbagai pilihan informasi mengenai kesehatan mental. Mereka memberikan informasi mulai dari memahami kesehatan mental umum, kondisi kesehatan mental, mencegah bunuh diri, kesehatan mental sehari-hari, hingga mencari bantuan dari profesional.

Kamu dapat belajar tentang kesehatan mental di platform pendidikan gratis Seribu Tujuan yang tersedia melalui www.seributujuan.id. Informasi ini disediakan dalam bahasa Indonesia dan Inggris agar kamu mudah memahaminya.

"Kami memilih untuk membangun platform pendidikan terlebih dahulu karena saya percaya pendidikan adalah kunci untuk perubahan jangka panjang," kata Jennifer.

Dia percaya bahwa penting bagi Seribu Tujuan untuk memiliki akar dalam pendidikan sebelum menyelam ke program mereka yang lain. Hal itu juga disebabkan kurangnya informasi dalam Bahasa Indonesia, di internet yang tersedia tentang kesehatan mental.

"Ketika orang-orang dalam kesulitan dan mencoba mencari informasi, mereka tidak menggulir melalui Instagram. Mereka membuka Google. Itulah sebabnya situs web dan platform pendidikan menjadi prioritas sebelum kampanye media sosial," lanjut Jennifer lagi. 

Selain platform pendidikan, Seribu Tujuan juga dikenal karena berkolaborasi dengan banyak akademisi di Australia dan Indonesia, untuk memberikan pengetahuan kesehatan mental terbaru untuk Indonesia. Program-program ini datang dalam bentuk kursus, video YouTube, hingga webinar.

Membangun komunitas dan ruang aman

Seribu Tujuan, Tingkatkan Aksesibilitas Pendidikan Kesehatan MentalDok. Seribu Tujuan

Bagian penting dari kesehatan mental adalah mampu menjadi bagian dari komunitas yang mendukung. Seribu Tujuan didedikasikan untuk membangun masyarakat baik secara internal maupun eksternal.

Menghubungkan orang ke bantuan profesional

Seribu Tujuan, Tingkatkan Aksesibilitas Pendidikan Kesehatan MentalDok. Seribu Tujuan

Menemukan bantuan di Indonesia untuk kesehatan mental kita bisa menjadi tantangan. Tantangan, termasuk stigma dan kesalahpahaman, masih mengelilingi penyakit mental. Juga dilaporkan bahwa ada kurangnya profesional kesehatan mental di Indonesia dengan sejumlah psikiater dan psikolog terlatih yang tersedia.

Selain itu, banyak dari para profesional ini sebagian besar jenuh di kota-kota besar, sehingga tidak tersedia secara tidak baik untuk populasi yang lebih besar. Seribu Tujuan berkomitmen untuk menghubungkan orang-orang untuk membantu. Kamu dapat menemukan bantuan melalui www.seributujuan.id/mencaribantuan dan belajar tentang banyak sumber daya kesehatan mental. 

"Perjalanan baru dimulai karena masih ada jalan panjang untuk memperbaiki lanskap kesehatan mental di Indonesia," kata Bayu Sasono, salah satu pendiri Seribu Tujuan.

Meskipun masih ada jalan panjang untuk meningkatkan lanskap kesehatan mental, Seribu Tujuan didedikasikan untuk melanjutkan perjuangan dan menemukan cara baru untuk meningkatkan kesehatan mental di Indonesia.

Donasi untuk Tujuan Seribu melalui www.seributujuan.id/donasi
Untuk menghubungi Seribu Tujuan dapat melalui info@seributujuan.id

Baca Juga: Manusia Asa, Platform Gratis Penggerak Kesadaran Kesehatan Mental

Baca Juga: 7 Kebijakan Instagram untuk Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Mental

Baca Juga: Pentingnya Support System untuk Kesehatan Mental Seorang Ucita Pohan