Satu tahun sebelum meninggal dunia pada bulan Mei 2020 lalu, nama Didi Kempot kembali mencuat dan bahkan fans-nya bertambah banyak dari kalangan millennial dan gen Z. Lord of Broken Heart itu mendapat perhatian millennial sejak kemunculannya di podcast Gofar Hilman. Nama keduanya pun terus mendapat perhatian warganet hingga saat ini.

Bagi millennial, nama Gofar Hilman mungkin sudah tak asing lagi. Mantan penyiar radio itu kini sukses dengan podcast, bisnis distro dan burgernya. Bagaimana perjalanan karier Gofar Hilman sejak dulu hingga kini? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Memulai karier sebagai penyiar radio

Kenalkan Didi Kempot ke Millennial, Ini Perjalanan Karier Gofar HilmanInstagram.com/pergijauh

Gofar Hilman memulai kariernya sebagai penyiar radio pada tahun 2012. Menjadi penyiar radio adalah mimpi Gofar sejak masih sekolah. Namun, karena keterbatasan ekonomi, Gofar sempat melupakan mimpinya itu dan bekerja serabutan demi mencari nafkah serta menghidupi keluarganya.

Kesempatan untuk menjadi penyiar radio kembali muncul di tahun 2012 saat ia menjadi penyiar tamu untuk acara "Drive and Jive" bersama Andira Pramanta. Sejak itu, pemilik akun Instagram @PergiJauh ini menjadi penyiar tetap di radio Hard Rock FM bersama dengan Surya Insomnia.

Namun, pada April 2021, Gofar memutuskan untuk berhenti menjadi penyiar radio setelah sembilan tahun berkarier di industri tersebut.

2. Menjajal dunia akting sejak tahun 2014

Kenalkan Didi Kempot ke Millennial, Ini Perjalanan Karier Gofar HilmanInstagram.com/pergijauh

Berkecimpung di dunia radio membuka jalan Gofar ke dunia hiburan. Sejak tahun 2014 hingga saat ini, sudah ada delapan judul film yang dibintanginya. Gofar memulai debut di dunia akting lewat perannya sebagai Gofar dalam segmen "Pernah" di film Aku Cinta Kamu.

Film terakhir yang dibintangi laki-laki berusia 38 tahun ini rilis di tahun 2017 dan berjudul Jomblo Ngenes. Setelah film tersebut, Gofar belum kembali berakting, baik di layar lebar maupun serial.

3. Memulai podcast di YouTube channel pada tahun 2017

https://www.youtube.com/embed/qy0W-p-_BW8

Memanfaatkan YouTube, Gofar mulai membuat podcast dengan taju "Ngobam - Ngobrol Bareng Musisi" di tahun 2017 dengan Monita Tahalea sebagai bintang tamu pertamanya. Sejak saat itu, video "Ngobam" milik Gofar semakin digemari dan ia pun mulai serius untuk menggarap konten-kontennya.

Sebelum konten "Ngobam" menjadi favorit di channel YouTube Gofar Hilman, alumni SMA Negeri 3 Jakarta itu lebih dulu mengulik topik otomotif di YouTube. Kini kontennya lebih beragam. Bukan hanya soal otomotif, tapi juga ada podcast dengan beragam bintang tamu.

4. Membuka distro Sekut di tahun 2019

Kenalkan Didi Kempot ke Millennial, Ini Perjalanan Karier Gofar HilmanInstagram.com/sekut.co.id

Pada tahun 2019, Gofar memutuskan untuk memulai bisnis pakaian khusus pria yang diberi nama Sekut. Sekut menjual pakaian khusus pria yang didominasi kaos hitam. 

5. Meraih rekor MURI sebagai penyiar dengan waktu siaran terpanjang

Kenalkan Didi Kempot ke Millennial, Ini Perjalanan Karier Gofar HilmanInstagram.com/pergijauh

Pada Juli 2019, Gofar berhasil meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai penyiar dengan waktu siaran terpanjang. Saat itu, Gofar berhasil memecahkan rekor dengan waktu siaran selama 34 jam lewat acara yang bertajuk "Good Morning Hard Rockers Show Radiothlon". 

Rekor tersebut mengalahkan rekor siaran terlama sebelumnya yang dipegang oleh Indy Barends dan Farhan yang pernah melakukan siaran selama 32 jam. Gofar dan 30 rekan selebritas lainnya melakukan rekor tersebut dengan misi menggalang dana untuk pembangunan sekolah.

6. Salah satu pemilik restoran burger hits di Jakarta Selatan, Lawless Burger Bar

Kenalkan Didi Kempot ke Millennial, Ini Perjalanan Karier Gofar HilmanInstagram.com/lawless.burgerbar

Selain aktif sebagai YouTuber dan memiliki bisnis pakaian khusus pria, Gofar juga melebarkan sayapnya ke bisnis kuliner. Pada tahun 2017, Gofar dan beberapa rekannya membuka kedai burger dengan nama Lawless Burger Bar. Kedai Lawless Burger Bar kini menjadi salah satu kedai burger hits di Jakarta.

7. Memperkenalkan Didi Kempot ke millennial

https://www.youtube.com/embed/3I6-F1csXeA

Kembali tenarnya Didi Kempot di kalangan millennial, khususnya millennial yang tinggal di Jakarta, tak luput dari peran Gofar. YouTuber yang kini memiliki 1,15 juta subscribers itu berhasil mengajak Didi Kempot untuk tampil di podcast-nya. Sontak, setelah hadirnya Didi Kempot di podcast Gofar, banyak millennial dan bahkan gen Z, yang mengenal Didi Kempot. Hal ini membuat musisi asal Solo tersebut memiliki banyak penggemar muda.

Itulah tadi perjalanan karier Gofar Hilman. Ada lagi fakta tentang Gofar yang kamu tahu? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: L’Oreal Fasilitasi Pelatihan Cegah Pelecehan di Ruang Publik Gratis

Baca Juga: Usai Bullying, 5 Fakta Mina Eks AOA Jadi Korban Pelecehan Seksual

Baca Juga: Kena Rumor Pelecehan Seksual, Woojin Eks Stray Kids Ambil Tindakan