Kabar duka hadir dari dunia hiburan Indonesia. Pelawak Omaswati atau yang akrab disapa Omas meninggal dunia pada kamis, (16/07) malam. Hal ini diinformasikan melalui cuitan artis David Nurbianto.

"Innalillahiwainnailaihirojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah satu lagi seniman Betawi panutan Mpok Hajah Omaswati. Selamat jalan Mpok Omas. Saya turut berduka cita. Baru mau ajak Mpok buat jadi emak saya di project series Keluarga Betawi."

Omas dikenal sebagai pelawak dengan gaya bicara khas ceplas ceplos. Dirinya juga dikenal sebagai salah satu pemain lenong Betawi yang sukses di dunia entertainment. Sukses di dunia hiburan tak mudah ia dapatkan. Banyak perjuangan dan lika-liku yang harus dilaluinya. 

Berikut ini rangkuman perjalanan karier Omas sampai akhir hayatnya.

1. Berawal dari lenong Betawi

Pelawak Asli Betawi, Pencapaian Karier Omaswati Hingga Akhir Hayatnyainstagram.com/d_ambiyaofficial

Sebelum terkenal sebagai artis, Omas lebih dulu meniti karier sebagai pemain lenong Betawi. Sejak masih remaja, Omas sangat tekun melakoni pekerjaannya sebagai seorang seniman.

2. Mulai berakting

Pelawak Asli Betawi, Pencapaian Karier Omaswati Hingga Akhir HayatnyaYouTube.com/Netmediatama

Berkat usaha kerasnya, lambat laun Omas pun mulai berakting. Namanya melambung tinggi ketika bintangi sinetron Matahari sebagai Omas. Lawakannya membuat sinetron Matahari makin berwarna.

3. Mulai mendapat peran penting

Pelawak Asli Betawi, Pencapaian Karier Omaswati Hingga Akhir Hayatnyainstagram.com/d_ambiyaofficial

Kita pasti nggak akan lupa dengan tokoh Enyak Marzuki yang dibintangi Omas di sinetron Cinta Fitri (Musim 7). Perannya yang ceria membuat Cinta Fitri (Musim 7) semakin berwarna sebab tak melulu serius dan ada unsur candanya.

Beberapa sinetron yang dibintangi Omas pun sempat populer pada masanya, seperti Upik Abu dan Laura, Akibat Pernikahan Dini, Yang Muda Yang Bercinta, Anak-Anak Manusia, hingga terakhir Fatih di Kampung Jawara.

4. Mengembangkan seni Betawi

Pelawak Asli Betawi, Pencapaian Karier Omaswati Hingga Akhir Hayatnyainstagram.com/herry_ujang

Walaupun sudah sukses sebagai artis, tetapi dirinya justru mendirikan PANGSI (Pelestarian Sanggar Seni Budaya Betawi) di Depok. Hal ini bertujuan mempertahankan kesenian asli Betawi agar tak hilang meskipun zaman telah berganti.

5. Sering diundang sebagai bintang tamu

https://www.youtube.com/embed/aFk9Cz2iIwY

Dikenal dengan lawakannya yang unik dan bahasanya yang ceplas ceplos, nggak heran jika dirinya kerap diundang di berbagai acara. Mulai dari Ini Talk Show, RUMPI, Baper, hingga Dagelan OK.

Itulah perjalanan karier Omas, walau kini ia telah tutup usia tetapi karya-karyanya akan terus dikenang. Selamat jalan Omas.

Disclaimer: artikel ini ditulis ulang dari artikel yang pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "[BREAKING] Pelawak Omas Meninggal Dunia di Usia 54 Tahun" ditulis oleh Erina Wardoyo dan "Meninggal Dunia, Ini Perjalanan Karier Pelawak Omas Wati" ditulis oleh Erfah Nanda

Baca Juga: Lawan Kanker Dua Tahun, Kelly Preston Meninggal Dunia

Baca Juga: Meninggal Dunia, 5 Fakta Nurhasanah si Pengisi Suara Doraemon

Baca Juga: Tak Jodoh, 3 Calon Pemain Film Gatot Kaca Ini Meninggal dan Dipenjara