Kamu yang sering menonton televisi lokal pasti nggak asing dengan sosok Daniel Mananta. Kiprahnya sebagai host atau pembawa acara memang tak perlu diragukan lagi. Terjun ke dunia hiburan Indonesia sejak tahun 2003 hingga hari ini, nama Daniel tak pernah meredup. Sosoknya masih wara-wiri di televisi untuk membawakan berbagai acara, salah satunya ajang pencarian bakat Indonesian Idol.

Tak hanya Indonesian Idol, Daniel juga pernah membawakan deretan acara bergengsi ini, lho. Apa saja?

1. VJ MTV

Pamit Idol, Ini 7 Acara Bergengsi yang Pernah Dibawakan Daniel ManantaDok. Internet

Daniel Mananta mulai dikenal di Tanah Air saat ia menjadi salah satu VJ MTV Indonesia. Kehadirannya membawakan berbagai acara MTV, benar-benar memberikan kesan yang membekas bagi penonton Indonesia kala itu. Gayanya yang khas anak muda pada masanya, pengetahuan yang luas tentang musik, bahasa Inggris yang lancar, hingga jauh dari berita miring, membuat Daniel langsung memiliki banyak penggemar. Daniel menjadi VJ MTV sejak tahun 2003 hingga 2011.

2. Indonesian Idol

Indonesian Idol menjadi acara paling lama yang dibawakan oleh Daniel. Ia mulai menjadi host Indonesian Idol pada musim ketiga atau di tahun 2006 menggantikan Irgi Ahmad Fahrezi. Jika ditotal, sudah 14 tahun dan 7 musim Indonesian Idol yang dibawakan oleh Daniel. Bahkan lewat ajang penghargaan ini, Daniel sempat menyabet penghargaan sebagai Presenter Talent Show Terbaik di Panasonic Gobel Awards 2013.

Kini di tahun 2020, Daniel memutuskan pamit dari acara tersebut. Hal ini disampaikan Daniel melalui akun Instagram pribadinya, Selasa (17/11) lalu.

“Saya sangat bersyukur mempunyai kenangan sangat indah yang tidak mungkin dilupakan selama 1 dekade lebih menjadi pemandu acara Indonesian Idol. Saya merasa terhormat, karena selama ini telah dipercaya oleh RCTI dan Fremantle untuk menjadi bagian penting dari Indonesian Idol sebagai host dan keluarga besarnya hingga sampai waktunya saya undur diri dari panggung megah ini.

Setelah ini pasti saya akan sangat merindukan kebersamaan dengan kalian semua. Sukses terus Indonesian Idol! Kita semua harus bertumbuh. Setiap pertumbuhan pasti ada perubahan. Setiap perubahan membuat kita semakin kuat.

Healthy things grow. Growing things change. And change is always uncomfortable in the beginning, but it’ll make you STRONGER!” tulis Daniel dalam caption Instagram-nya.

Diketahui Daniel akan digantikan oleh Youtuber Boy William, untuk Indonesian Idol musim selanjutnya.

Keputusan Daniel sudah bulat. Lewat unggahan di Instagram pun, Daniel mengunggah semua foto finalis Indonesian Idol dari musim ketiga hingga terakhir sebagai ungkapan perpisahannya. Pastinya para penggemar juga akan merindukan Daniel, nih!

3. The Voice Indonesia

Pamit Idol, Ini 7 Acara Bergengsi yang Pernah Dibawakan Daniel ManantaInstagram.com/vjdaniel

Selain Indonesian Idol, Daniel juga pernah membawakan acara pencarian bakat lainnya, The Voice Indonesia Musim Kedua atau di tahun 2016. Kehadiran Daniel di panggung The Voice Indonesia menggantikan host sebelumnya, yakni Darius Sinathrya. Pria kelahiran 14 Agustus 1981 itu hanya satu musim membawakan The Voice Indonesia sebelum akhirnya digantikan oleh Ananda Omesh dan Astrid Tiar.

4. Sasuke Ninja Warrior Indonesia

Pamit Idol, Ini 7 Acara Bergengsi yang Pernah Dibawakan Daniel ManantaDok. Internet

Siapa yang pernah menonton kompetisi Sasuke Ninja Warrior? Ajang kompetisi yang berasal dari Jepang ini, diadaptasi dan ditayangkan di Indonesia sejak tahun 2015. Masih berjalan hingga tahun ini, Daniel Mananta dipercaya menjadi host Sasuke Ninja Warrior Indonesia versi Internasional Competition pada tahun 2017.

5. Who’s On Top?

Pamit Idol, Ini 7 Acara Bergengsi yang Pernah Dibawakan Daniel ManantaDok. Internet

Who’s On Top? merupakan acara kuis yang diadaptasi dari acara serupa dari Israel yang diproduksi oleh rumah produksi Keshet International. Berjalan hanya satu tahun, yakni mulai 2017-2018, Who’s On Top? dipandu oleh Daniel dan Dedy Corbuzier.

Acara ini tergolong unik. Peserta yang berpartisipasi akan berdiri di dalam sebuah elevator. Juri akan mengajukan pertanyaan seputar pengetahuan umum. Jika benar, elevator akan naik satu lantai, apabila jawaban salah, elevator akan turun. Peserta dengan lantai elevator tertinggilah yang akan menjadi pemenangnya.

6. Miss World 2013

Pamit Idol, Ini 7 Acara Bergengsi yang Pernah Dibawakan Daniel ManantaInstagram.com/vjdaniel

Nggak hanya dalam negeri, kiprah Daniel juga dikenal secara global, lho. Pada tahun 2013, Daniel dipercaya sebagai pembawa acara Miss World 2013 yang diselenggarakan di Bali, Indonesia. Pada tahun tersebut, wakil dari Filipina, Megan Young, berhasil merebut predikat Miss World 2013.

7. Mister International 2013

Pamit Idol, Ini 7 Acara Bergengsi yang Pernah Dibawakan Daniel Manantamisterinternational.net

Masih dari kontes internasional, di tahun yang sama, Daniel juga dipercaya membawakan acara Mister International 2013 yang diselenggarakan di Jakarta, Indonesia. Di ajang tersebut, José Anmer Paredes dari Venezuela berhasil meraih predikat Mister International 2013.

Itu tadi deretan acara bergengsi yang pernah dibawakan oleh Daniel Mananta. Dari semua acara tersebut, Indonesian Idol memang menjadi acara terlama yang pernah dibawakannya. Setelah pamit, tentu kita akan merindukan Daniel di musim Indonesian Idol berikutnya. 

Baca Juga: Perjalanan Karier Daniel Mananta, dari VJ Hingga Host Acara Internasional

Baca Juga: Dibintangi Daniel Mananta, Simak 5 Fakta di Balik Film A Man Called Ahok

Baca Juga: Hampir Kandas, Ini 5 Fakta Rumah Tangga Daniel Mananta