Tahun 2020 hanya tinggal menunggu hitungan hari. Sembari menunggu pergantian tahun yang akan datang dua minggu lagi, tak ada salahnya jika kita kembali menengok sejenak dan melihat apa saja yang sudah terjadi selama tahun 2020 ini.

Kasus prostitusi online yang melibatkan artis menjadi kasus yang paling banyak diperbincangkan di media sosial di tahun ini. Berikut deretan kasus protitusi online yang melibatkan artis di tahun 2020.

1. Kasus yang melibatkan artis TA

Sepanjang Tahun 2020, Ada 4 Kasus Prostitusi Online Libatkan ArtisIDN Times/Azzis Zulkhairil

Kamis (17/12) malam, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Jawa Barat membongkar praktik prostitusi online yang melibatkan artis berinisial TA. Dari kejadian ini, sebanyak tiga orang diduga mucikari dan tiga orang lainnya, termasuk artis berinisial TA, yang terlibat turut diamankan polisi.

Warganet menduga, TA adalah Tania Ayu, aktris sekaligus DJ yang namanya tengah naik daun lewat film Masih di Bawah Umur. Namun, sampai berita ini ditulis, belum ada klarifikasi apa pun dari Tania terkait hal ini.

2. Kasus yang melibatkan artis ST dan SH

Sepanjang Tahun 2020, Ada 4 Kasus Prostitusi Online Libatkan ArtisIlustrasi (Unsplash.com/Ramez E Nassif)

Mundur satu bulan ke belakang, tepatnya pada Kamis, 26 November 2020, Polsek Tanjung Priok, Jakarta Utara, membongkar praktik prostitusi online. Kasus ini melibatkan dua sosok yang diduga sebagai artis dengan inisial ST dan MA.

Namun, beberapa hari setelahnya, pihak kepolisian memberikan klarifikasi bahwa artis yang ditangkap bersama ST bukanlah MA melainkan SH.

Dugaan sementara warganet pada saat itu, ST dan MA adalah Shoumaya Tazkiyyah dan Mareta Angel. Namun, Mareta membantah tuduhan ini dengan mengunggah klarifikasi yang cukup panjang di media sosialnya. Hal ini diperkuat dengan klarifikasi dari pihak kepolisian yang meralat nama MA menjadi SH.

Shoumaya belum memberikan klarifikasi apa pun dan bahkan akun Instagram-nya menghilang saat kasus ini mencuat. Sementara sosok SH masih belum diketahui identitas aslinya.

3. Kasus yang melibatkan penyanyi dangdut VS

Sepanjang Tahun 2020, Ada 4 Kasus Prostitusi Online Libatkan ArtisIlustrasi (Unsplash.com/Ava Sol)

Seorang artis Tanah Air berinisial VS diamankan terkait dugaan prostitusi online pada 29 Juli 2020. VS diamakan di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Bandar Lampung.

Saat ditangkap disalah satu hotel berbintang di Lampung, VS bersama dua orang pria yang diduga sebagai mucikari. Seiring dengan berjalannya kasus ini, VS ditetapkan sebagai saksi, sementara dua pria lainnya ditetapkan sebagai tersangka.

Dari pantauan di media sosial, VS diduga adalah Vernita Syabilla. Vernita dikenal pula sebagai penyanyi dangdut yang kerap kali menerima job di luar kota.

4. Kasus yang melibatkan artis HH

Sepanjang Tahun 2020, Ada 4 Kasus Prostitusi Online Libatkan ArtisDok. IDNTimes.com

Pada 12 Juli 2020, Polrestabes Medan menangkap selebritas film televisi (FTV) berinisial HH, terkait kasus dugaan prostitusi di Medan, Sumatra Utara. HH ditangkap di salah satu hotel bintang lima.

Dari spekulasi yang beredar, HH merupakan inisial dari aktris Hana Hanifah. HH dikabarkan menerima Rp20 juta dari seorang pria yang diduga menjadi teman kencannya. Sampai saat ini, belum ada tanggapan apa pun dari HH terkait kasus ini.

Itulah tadi empat kasus prostitusi online yang melibatkan artis sepanjang tahun 2020 ini. Semoga saja di tahun 2021, tak ada lagi kasus serupa yang menimpa figur publik Indonesia, ya!

Baca Juga: Namanya Terseret Kasus Prostitusi Online, Ini 10 Fakta Tania Ayu

Baca Juga: Terseret Kasus Prostitusi, Ini Fakta & Klarifikasi dari Mareta Angel

Baca Juga: 7 Fakta Shoumaya Tazkiyyah, Artis Sinetron yang Tengah Naik Daun