Menyaksikan film-film horor memang akan memberikan pengalaman tersendiri bagi penontonnya. Tegang dan ketakutan menjadi sensasi yang kita rasakan saat menonton film-film horor tersebut.

Selain menyuguhkan kisah seram tentang hantu atau kutukan, siapa sangka, deretan film horor ini disebut-sebut terkutuk dan membuat para kru serta pemainnya, mendapat nasib sial pasca terlibat dalam pembuatannya.

Berikut ini, deretan film horor paling terkutuk yang pernah dibuat. Apa saja?

1. Antrum

https://www.youtube.com/embed/BhRYNJOtYC8

Film Antrum yang rilis di tahun 2018 dianggap sebagai film horor terkutuk. Sebab, hampir semua penonton yang menyaksikan film ini meninggal dunia begitu saja tanpa sebab.

Antrum dibuat untuk menjadi film dokumenter tentang apa yang terjadi di tahun 70-an. Namun, saat tiba tanggal rilisnya, film ini hanya diputar sebanyak dua kali di bioskop. Sutradara David Amito dan Michael Laicini menegaskan bahwa kutukan film itu nyata. Mereka mengklaim saat pemutaran di festival film Budapest 1988, bioskop terbakar dan 56 penonton tewas di dalamnya.

Menurut para pembuatnya, Antrum berkisah tentang dua anak kecil yang mencoba menghidupkan kembali anjing peliharaan mereka yang baru saja mati, lewat sebuah ritual mistis di hutan terlarang. Dalam film ini, banyak simbol pemuja setan yang ditampilkan secara gamblang, sehingga menimbulkan kontroversi yang cukup besar. Untuk meredam kontroversi ini, Antrum tak lagi diputar di bioskop mana pun, meski baru dua hari naik layar.

2. Wizard of Oz

https://www.youtube.com/embed/H_3T4DGw10U

Wizard of Oz yang rilis di tahun 1939 ini memang bukan film horor. Namun, film ini disebut-sebut sebagai salah satu film terkutuk yang membuat para pemainnya terkena sial seumur hidup.

Meski terlihat sebagai film yang menyenangkan dan penuh warna, kisah di balik film ini justru membuat kita bergidik ngeri. Dimulai dari Buddy Ebsen, pemeran Tin Man yang terpaksa tidak ikut proses syuting sampai selesai karena mengalami masalah kesehatan yang sangat parah akibat makeup yang digunakannya.

Kemudian, Margareth Hamilton pemeran Witch of The West terpaksa dilarikan ke rumah sakit, karena mengalami luka bakar akibat kesalahan teknis saat sedang syuting menggunakan efek api.

Judy Garland sang pemeran Dorothy juga mengalami teror yang tak berhenti. Ia kerap menerima pesan kaleng yang membuatnya merasa tak aman. Hal ini sempat membuat kesehatan mentalnya terganggu dan membuatnya kesulitan tidur. Bukan hanya Judy, pemeran Dorothy lainnya dalam versi lain Wizard of Oz juga mengalami kejadian teror serupa.

Puncak kengerian film ini adalah adanya salah satu aktor pendukung yang memerankan karakter munchkin, bunuh diri di lokasi syuting. Sialnya, mayat sang aktor yang tergantung terekam oleh kamera dan tidak pernah diedit sampai filmnya tayang di seluruh dunia.

Bikin Merinding, ini 10 Film Horor Paling Terkutuk yang Pernah DibuatDok. Internet

3. Poltergeist

https://www.youtube.com/embed/9eZgEKjYJqA

Poltergeist yang rilis di tahun 1982 menjadi film horor paling terkutuk yang pernah dibuat. Kutukan ini konon datang karena para kru sengaja menggunakan tengkorak manusia asli sebagai properti dan kuburan asli sebagai lokasi syuting mereka.

Kutukan ini membuat dua pemeran Poltergeist meninggal dunia. Pertama, yakni Heather O'Rourke yang memerankan Carol Anne, meninggal dunia enam tahun sejak film ini dirilis pada usia 12 tahun, karena masalah usus yang begitu parah.

Kedua, Dominique Dunne yang memerankan Dana. Ia meninggal dunia tak lama setelah film ini rilis. Penyebab kematian Dominique adalah dicekik oleh pacarnya sendiri. Konon, saat kejadian, Dominique dan pacarnya tengah mendengarkan soundtrack Poltergeist di dalam mobil. Apakah soundtrack ini menggiring pacar Dominique untuk melakukan tindak kekerasan? Hal ini masih menjadi kontroversi yang belum terselesaikan sampai sekarang.

4. The Omen

https://www.youtube.com/embed/sS-sXcx30O4

The Omen yang rilis di tahun 1976 ini disebut-sebut sebagai film horor paling terkutuk yang dibuat. Sebab, selama proses syuting dan pengerjaannya banyak kejadian yang membuat kita bergidik ngeri

Pertama, tepat satu bulan sebelum proses syuting dimulai, anak dari sang aktor utama, Gregory Peck, ditemukan meninggal dunia akibat bunuh diri. Lalu, delapan jam setelahnya, saat Gregory yang sedang dalam perjalanan menuju lokasi syuting mendapat kecelakaan tak terduga, yakni pesawat yang ditumpanginya tersambar petir. Untungnya, Gregory selamat sampai tujuan.

Kedua, insiden pesawat tersambar petir juga dialami oleh produser eksekutif, Marc Neufeld dan istrinya yang akan berkunjung ke lokasi syuting. Beruntung, ia dan istrinya selamat. Namun, nasib sial Marc tak berhenti sampai situ. Hotel yang disewa oleh Marc untuk menginap, dibom oleh tentara Irlandia. Ia pun selamat dan bisa mengikuti proses syuting sampai selesai.

Ketiga, kru The Omen menyewa pesawat kecil untuk mengambil gambar dari udara. Namun, karena satu dan lain hal, kameramen yang ditugaskan untuk mengambil gambar memutuskan ikut pada penerbangan berikutnya dan mempersilakan klien film ini naik pesawat terlebih dulu. Sialnya, pesawat ini kemudian jatuh beberapa menit setelah lepas landas dan seluruh penumpangnya tak ada yang selamat.

Keempat, kejadian buruk menimpa kru yang bertugas di kebun binatang. Saat akan syuting di sini, entah apa alasannya, seluruh hewan di kebun binatang itu tampak gelisah dan marah. Pawang hewan pun dipanggil untuk menenangkan para hewan yang marah itu. Bukannya tenang, harimau di kebun binatang itu semakin liar dan menewaskan sang pawang hewan.

Kelima, dan ini menjadi puncaknya, John Richardson, kru yang bertanggung jawab atas visual efek pada film, mengalami kecelakaan tragis di Belanda. Ia dan asistennya terlibat kecelakaan hebat yang membuat kepalanya terpengga akibat pecahan kaca yang besar. Tragisnya, kecelakaan ini terjadi di Jl. Ommen KM 66,6. Kebetulan? Atau memang film ini dikutuk? Menurutmu bagaimana?

5. The Exorcist

https://www.youtube.com/embed/a8g3h2JaVE4

Membicarakan film paling terkutuk jangan lupa untuk memasukan The Exorcist ke dalam daftar. Dilaporkan, sembilan orang kru dan pemain, termasuk sang pemeran utama Vasiliki Maliaros dan Jack MacGowran, meninggal dunia setelah syuting selesai tanpa penyebab yang jelas.

Selain itu, saat proses syuting, insiden kebakaran terjadi yang menghanguskan set lokasi syuting. Anehnya, satu kamar yang menjadi lokasi Regan MacNeil kerasukan iblis, tak tersentuh api sedikit pun.

Banyak pihak yang mengaitkan kejadian ini dengan kutukan iblis. Namun, tak sedikit pula yang mengatakan bahwa ini adalah kebetulan belaka. Kalau menurutmu bagaimana, Bela?

6. Cannibal Holocaust

https://www.youtube.com/embed/6lxNbobcy3w

Bukan hanya menjadi film horror-gore yang penuh adegan disturbingCannibal Holocaust  juga disebut-sebut sebagai film yang terkutuk. Film yang rilis di tahun 1980 ini mendapat begitu banyak kecaman, karena menampilkan adegan pembunuhan secara nyata.

Namun, pihak film ini mengklaim bahwa adegan pembunuhan itu didapat dari kamera yang sempat hilang di Hutan Hujan Amazon. Menurut mereka, salah satu kru film ini sempat dinyatakan hilang bersama kamera yang dibawanya. Tak lama setelah itu, kamera tersebut ditemukan dan saat dilihat hasil rekamannya, kru tersebut tewas dibunuh oleh kanibal yang mendiami Hutan Hujan Amazon dan dimakan oleh mereka.

Tak lama setelah film ini tayang, Ruggero Deodato sang sutradara ditangkap oleh pihak otoritas Italia dan filmnya dilarang beredar lagi, karena menampilkan adegan-adegan yang membuat tidak nyaman. Setelah proses penyelidikan selesai, baru diketahui bahwa film ini memang menampilkan adegan kekejaman terhadap hewan yang nyata. Namun, tak ada aktor yang meninggal atau terluka.

7. The Crow

https://www.youtube.com/embed/N5uPZ7ocsqA

Kutukan The Crow terjadi bahkan sebelum film ini dibuat. Konon kutukan film ini merupakan 'perpanjangan' kutukan Bruce Lee yang menghantui anaknya, Brandon Lee dan seluruh kru yang mengerjakan film ini.

Secara tragis, Brandon meninggal dunia akibat kecelakaan saat syuting. Properti pistol yang digunakan saat syuting ternyata menyimpan proyektil peluru yang langsung menewaskannya di tempat.

Kutukan tak berhenti sampai situ saja. Proses syuting sempat terhenti beberapa waktu karena Brandon Lee meninggal dunia dan secara tiba-tiba, banyak lokasi syuting yang terbakar habis. Budget film ini kemudian banyak dipotong karena harus memperbaiki set dan memperpanjang sewa, lantaran jadwal syuting yang molor.

Kematian Brandon ini kemudian mengarah pada seorang mafia asal Tiongkok yang disebut-sebut juga membunuh Bruce Lee. Namun, hal ini hanyalah konspirasi belaka dan masih menjadi misteri sampai sekarang.

8. Rosemary's Baby

https://www.youtube.com/embed/dBSbmNNm84Y

Jauh sebelum The Omen dan The Exorcist rilis, film Rosemary's Baby lebih dulu rilis pada tahun 1968. Film ini disebut-sebut sebagai film terkutuk karena nasib sial yang menghantui para kru dan pemerannya pasca proses syuting selesai.

Saat syuting, kejadian-kejadian di luar akal sehat terjadi di lokasi. Misalnya, sering terjadi kursi melayang dengan sendirinya dan sering ditemukan sekelebatan seperti kerangka terbang di sana.

Kemudian, kejadian aneh lainnya mulai terjadi setelah syuting selesai. Mulai dari sang komposer film yang tiba-tiba mengalami koma dan meninggal dunia. Produser William Castle yang sakit batu empedu parah yang membuatnya terpaksa dioperasi. Hingga, istri sutradara Roman Polanski yang meninggal dunia akibat dibunuh oleh seorang penjahat kelas kakap yang menyelinap masuk ke dalam rumahnya.

9. Faces of Death

https://www.youtube.com/embed/Mn3snRi6N-8

Jika kamu tidak kuat melihat film yang penuh dengan darah dan adegan-adegan yang mengganggu, jangan sekali-sekali menonton Faces of Death yang rilis di tahun 1978. Film ini berisikan dokumenter-dokumenter kematian nyata yang cukup mengganggu penonton.

Misalnya, film ini menampilkan adegan petugas kesehatan yang tengah membersihkan serpihan tubuh pengendara sepeda yang hancur akibat ditabrak truk. Atau, adegan pembunuhan monyet yang kemudian dikeluarkan otaknya untuk dimakan.

Menyaksikan film ini tanpa persiapan mental yang cukup, konon menimbulkan trauma tersendiri yang membuat kesehatan mental penontonnya terganggu.

10. Twilight Zone: The Movie

https://www.youtube.com/embed/jDrjfDRM5rE

Film terakhir yang dianggap terkutuk adalah Twilight Zone: The Movie. Film ini dianggap terkutuk karena aktor Vic Morrow dan dua pemeran anak Vietnam tewas dalam sebuah kecelakaan di lokasi syuting yang sampai saat ini tidak diketahui penyebabnya.

Namun, sebagian warganet menganggap hal itu hanyalah kecelakaan biasa dan tak ada hubunganya dengan kutukan. Sebab, pasca film ini selesai syuting dan tayang, tak ada lagi kejadian aneh yang menimpa kru dan pemain. Bahkan, karier sang pemeran utama, John Landis, langsung melesat pasca membintangi film ini.

Itulah tadi daftar film horor terkutuk yang membuat para kru dan pemainnya mengalami sial. Ada lagi yang kamu tahu, Bela? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Berlatar Malam Tahun Baru, 5 Film Horor Ini Akan Meneror Akhir Tahunmu

Baca Juga: 10 Pasangan yang Putus Usai Hadiri MTV VMA, Kebetulan atau Kutukan?

Baca Juga: 7 Kasus Serius yang Menimpa Pemain Serial ‘Glee’, Karena Kutukan?