Banyaknya media sosial dan platform digital yang kini mudah digunakan membuat siapa saja tergoda untuk memanfaatkannya. Terlebih lagi, hal tersebut menjanjikan keuntungan secara materi yang menggiurkan, semakin banyak saja konten kreator yang bermunculan.

Salah satu yang kini serius menekuni profesi sebagai konten kreator adalah Edho Zell. Konten kreator yang mulai aktif mengunggah videonya sejak tahun 2010 ini telah memiliki 2,2 juta subscriber di channel YouTube-nya. Ditemui secara eksklusif oleh Popbela di Cake Lab Jakarta, Edho mengungkapkan pemikirannya mengenai profesi konren kreator di masa depan. Selain itu, Edho juga berbagi rahasia supaya konten kreator pemula konsisten membuat karya. Keep reading, Bela!

Sebagai konten kreator, bagaimana kamu melihat profesi ini ke depannya?

Ngobrol Seru Bareng Edho Zell Soal Profesi Konten KreatorInstagram.com/edhozell

"Kalau menurut aku untuk dunia digital ini justru baru dimulai. Karena saat ini masih dalam masa peralihan dari media konvensional ke media digital. Banyak media atau perorangan yang baru saja memulai profesinya menjadi konten kreator, digital kreator dan sebagainya. Jadi ini memang baru benar-benar dimulai. Untuk medianya sendiri, apapun platform yang kamu gunakan, baik blog, media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, bahkan YouTube itu bukan jadi masalah, yang harus kamu pikirkan adalah bagaimana caranya bisa membuat dampak positif dari konten yang kamu buat."

Bagaimana caranya supaya kita konsisten berkarya dan menghindari rasa nggak mood saat membuat konten?

Ngobrol Seru Bareng Edho Zell Soal Profesi Konten KreatorInstagram.com/edhozell

"Kalau aku pribadi supaya selalu rutin bikin konten adalah umumkan dan kasih tahu ke semua orang jadwal tayang konten yang kamu buat. Jadi pada nungguin gitu. Kalau aku belum upload pasti followers pada nanyain. Hal itu yang bikin aku merasa punya deadline yang harus diselesaikan. Dengan adanya tekanan, malah kita jadi lebih maju kan?"

Konten kreator itu sama halnya dengan enterpreneur yang bisa bekerja di mana saja termasuk di rumah. Ada tips nggak sih dari Edho Zell supaya kita nggak meremehkan pekerjaan meskipun bekerja di rumah?

Ngobrol Seru Bareng Edho Zell Soal Profesi Konten KreatorInstagram.com/edhozell

"Kalau aku kebetulan mengubah rumah menjadi kantor. Karena aku dan tim memang ingin serius membuat konten. Jadi supaya semangat terus, aku mengubah vibe-nya menjadi kantoran gitu. Tapi, untuk teman-teman yang masih sendiri kerjanya dan belum ada tim, justru kalau kita passionatte sama apa yang kita kerjain nggak akan terasa tuh kerja seharian di rumah. Malahan rasanya mau kerja terus. Soalnya nggak terasa kerja kan?"

Terakhir, apa pesan kamu untuk mereka yang baru mulai jadi konten kreator?

Ngobrol Seru Bareng Edho Zell Soal Profesi Konten KreatorInstagram.com/edhozell

"Kalau anak-anak sekarang ditanya apa cita-cita mereka, pasti jawabannya jadi selebgram, jadi YouTuber. Kalau aku bilang jangan jadi YouTubers. Jadilah social media influencer. Apapun media sosial yang kamu gunakan, seharusnya bisa memberikan kontribusi dan dampak positif. Alasan lainnya adalah saat ini persaingan media sosial saat ini sangat ketat. Ada Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube. Apalagi Instagram dan YouTube bersaing ketat banget. Instagram juga baru saja mengeluarkan fitur IGTV yang unik banget dan bisa kita eksplor lebih jauh karena video vertikalnya. Jadi, supaya nggak ketinggalan juga dan bisa memanfaatkannya, harusnya kita lebih concern ke konten yang kita buat. Bukan media yang digunakan."

Tertarik menjadi konten kreator juga, Bela?

BACA JUGA: Ini Lho, 3 YouTuber yang Jadi Inspirasi Edho Zell dalam Berkarya​