Belum lama ini, Crazy Rich asal Medan, Indra Kenz, mendapat ultimatum dari seorang pria bernama Hendra Gunawan. Dalam videonya, Hendra mengatakan kalau Indra adalah trader penipu karena sudah membuatnya rugi sebesar Rp650 juta.

Bukan hanya dari pernyataan Hendra, nama Indra Kenz juga menjadi trending topic karena membuat pernyataan bahwa menjadi orang yang lahir kalangan miskin adalah sebuah privilage

Selain dua hal tersebut, berikut beberapa kontroversi Indra Kenz yang sempat viral di media sosial. 

1. Terkenal dengan jargon 'murah banget'

Dituduh Trader Penipu, Ini 5 Kontroversi Indra Kenz Instagram.com/Indrakenz

Indra Kenz pertama kali terkenal di media sosial lewat video-video TikTok-nya. Dalam video tersebut, Indra kerap memamerkan hartanya dan barang-barang branded berharga ratusan juta rupiah yang dimilikinya, sambil mengatakan 'murah banget'. Sejak saat itu, jargon 'murah banget' pun melekat pada dirinya.

Memiliki penghasilan hingga Rp300 juta per bulan saat ini, bukan hal yang mudah bagi Indra. Menurut pengakuannya, sebelum sukses menjadi seorang trader dan membuat bisnisnya sendiri, Indra sempat bekerja serabutan, menjadi pengamen, dan supir taksi online.

Siapa sangka, nasibnya berubah drastis dalam jangka waktu beberapa tahun saja. Di tahun 2017, pemilik nama asli Indra Kesuma ini berhasil memiliki pendapatan Rp40 juta per bulan hasil dari trading yang ia jalani. 

Dengan banyaknya harta yang dimilikinya saat ini, Indra bisa membeli apapun tanpa lagi melihat harganya. Itu sebabnya, ia bisa mengatakan 'murah banget' saat melihat barang branded yang harganya ratusan juta rupiah.

Jargon yang telah melekat pada dirinya ini kemudian menginspirasi Young Lex untuk membuat lagu berjudul "Murah Banget" yang ia bawakan bersama Indra.

https://www.youtube.com/embed/AFPNOX1aP1M

2. Nggak bisa tidur dan beli Tesla jam 3 pagi

Dituduh Trader Penipu, Ini 5 Kontroversi Indra Kenz TikTok.com/@indrakenz

Bela, kalau kamu nggak bisa tidur di dini hari, biasanya apa yang akan kamu lakukan? Apakah kamu terpikirkan untuk membeli Tesla saat sedang tidak bisa tidur?

Hal itulah yang dilakukan Indra pada bulan Januari 2021 lalu. Saat tidak bisa tidur pukul 3 dini hari, Indra memesan satu unit mobil Tesla dengan harga Rp1,5 miliar melalui e-commerce.

Pagi harinya, saat mobil tersebut diantarkan ke rumahnya, pria yang mengantarkan mobil Tesla berwarna biru itu mengaku kaget, karena sebelumnya tidak ada yang pernah memesan mobil secara online di jam 3 pagi.

Karena hal ini, video TikTok Indra menjadi sangat viral dan mengundang reaksi beragam dari warganet. Ada yang memuji, tapi tak sedikit pula yang memberikan komentar negatif untuk Indra.

3. Pernyataan Indra soal lahir miskin adalah sebuah privilege

Dituduh Trader Penipu, Ini 5 Kontroversi Indra Kenz Dok. Internet

Baru-baru ini Indra kembali membuat kontroversi lewat pernyataannya. Indra mengatakan bahwa lahir dari keluarga miskin juga termasuk privilege. Sebab, mereka yang lahir miskin bisa merasakan berjuang dan jadi sukses. Perjuangan inilah, yang menurut Indra, tidak dirasakan oleh mereka yang lahir dari keluarga kaya.

Karena pernyataan ini, Indra mendapat banyak komentar dari warganet. Menurut warganet, Indra tak pernah benar-benar merasakan menjadi orang miskin, sehingga bisa dengan mudah menyatakan demikian.

4. Lelang buku untuk amal di tengah hujatan warganet

Belum selesai komentar negatif warganet tentang pernyataannya soal terlahir miskin adalah privilege, Indra memanfaatkan hal ini untuk mempromosikan bukunya yang berjudul Terlahir Miskin: Privilege. Sebelum dijual secara bebas, buku ini akan dilelang dengan harga tertinggi yang seluruh keuntungannya akan didonasikan kepada yang membutuhkan.

Bukannya meredam komentar warganet, keputusan Indra untuk merilis buku malah semakin mengundang kontroversi. Banyak yang berkomentar, kenapa Indra tidak berdonasi sendiri saja, padahal ia kerap memamerkan harta dan menganggap semua hal dapat dibeli dengan murah? 

Namun, Indra tidak memedulikan hal tersebut dan tetap melelang bukunya. Berdasarkan pantauan Popbela hingga tanggal 27 Januari 2022 pukul 11.45 WIB, seorang follower Indra berhasil memenangkan lelang dengan harga Rp300 juta untuk buku tersebut.

5. Disebut trader penipu

Dituduh Trader Penipu, Ini 5 Kontroversi Indra Kenz Instagram.com/Indrakenz

Terakhir, kontroversi yang menjerat Indra adalah disebut sebagai trader penipu karena sudah membuat seorang pria bernama Hendra Gunawan rugi hingga Rp650 juta. Hendra bahkan membanting laptop sembari mengungkapkan kemarahannya dan meminta pertanggungjawaban Indra.

Melalui Instagram Story-nya, Indra mengklarifikasi bahwa ia tak pernah mengajari siapa pun untuk deposit dengan jumlah fantastis. 

"Buat akang-akang yang banting laptop ya, itu Rp540 juta kronologisnya seperti apa? Itu kan lu pasti deposit dulu 10 juta, terus lose deposit lagi, terus lose deposit lagi, jadi total 540 juta, kan? Nggak ada yang ngajarin kayak gitu, kan udah di ajarin trading plan, harus cutlose, jangan tamak. Lu yang tamak, kok, gue yang disuruh tanggung jawab? Profit nggak dibagi lose dimaki," ungkap Indra.

Sampai saat ini, belum ada lagi kelanjutan dari kontroversi ini. Bahkan, melalui pantauan Instagram Story Indra, ia kini disibukan dengan beragam syuting sebagai bintang tamu di beberapa acara talkshow di stasiun televisi.

Itulah tadi daftar kontroversi Indra Kenz. Ada lagi kontroversi lainnya yang kamu tahu? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Donasi Rp1 Miliar ke Reza Arap, Ini Profil Doni Salmanan

Baca Juga: Dapat Julukan Crazy Rich Malang, Begini Gaya Mewah Shandy Purnamasari

Baca Juga: 10 Gaya Maharani Kemala, Crazy Rich Bali yang Kece Abis!