Insiden kemarahan Baim Wong terhadap Kakek Suhud yang ada di vlog-nya, berbuntut panjang, nih, Bela. Warganet yang terlanjur kesal dengan sikap Baim membuat suami dari Paula Verhoeven itu akhirnya angkat bicara.

Melalui video yang diunggahnya di YouTube channel Baim Paula, 12 Oktober 2021 kemarin, Baim mengklarifikasi dan menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Di sisi lain, atas saran dari Nikita Mirzani, Kakek Suhud berencana melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian dengan tuduhan UU ITE.

Bagaimana kronologi dari masalah ini selanjutnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Masalah bermula saat Kakek Suhud mengikuti Baim menggunakan motor hingga ke rumahnya

Dituduh Mempermalukan Kakek Suhud, Ini Klarifikasi Baim WongYouTube.com/Baim Paula

Awal masalah antara Baim dan Kakek Suhud adalah saat Baim merasa terganggu karena Kakek Suhud mengikutinya sampai di depan rumah. Menurut pengakuan Baim, saat itu ia dan Kiano Tiger Wong sedang jalan-jalan sore. Namun, saat berada di lampu merah, Baim dipanggil oleh Kakek Suhud yang menurutnya langsung meminta uang kepadanya.

Baim sudah memberikan kode kepada Kakek Suhud untuk tidak meminta uang. Ia pun melanjutkan perjalanan ke rumah dan tak disangka, Kakek Suhud mengikutinya sampai di depan rumah. Hal ini membuat Baim marah dan mengatakan bahwa ia tidak suka jika ada orang yang meminta-minta kepadanya.

Kakek Suhud mengikuti Baim karena ingin menawarkan buku-buku agama yang dijualnya

Dituduh Mempermalukan Kakek Suhud, Ini Klarifikasi Baim WongYouTube.com/Baim Paula

Pernyataan berbeda justru diungkapkan oleh Kakek Suhud. Melansir dari YouTube Langit Entertainment, kepada Nikita Mirzani, Kakek Suhud mengaku tidak ingin meminta-minta kepada Baim. Justru ia ingin menawarkan dagangannya berupa buku agama dan juz amma.

Selama pandemi, pendapatan Kakek Suhud berkurang drastis. Maka dari itu, saat melihat Baim, Kakek Suhud langsung mengikutinya dengan harapan Baim akan membeli dagangannya. Namun, apa yang dilakukan Kakek Suhud ditanggapi berbeda oleh Baim. Pria kelahiran 27 April 1981 itu malah beranggapan Kakek Suhud ingin meminta-minta kepadanya.

Baim memberikan klarifikasi melalui channel YouTube-nya

Dituduh Mempermalukan Kakek Suhud, Ini Klarifikasi Baim WongDok. Internet

Masalah ini pun akhirnya ramai di media sosial. Warganet ramai-ramai membela Kakek Suhud, namun tidak sedikit pula yang mendukung Baim. Menurut warganet, Kakek Suhud sepertinya sudah bingung memikirkan bagaimana caranya supaya dagangannya laku terjual, namun cara menawarkannya kepada Baim dinilai salah.

Sementara itu, menurut warganet, diikuti oleh orang yang tidak dikenal dan memaksa membeli dagangan tentu mengganggu kenyamanan. Namun, cara Baim menanggapi Kakek Suhud dinilai arogan dan tidak menghormati orang yang lebih tua.

Untuk menyelesaikan masalah ini, Baim akhirnya membuat klarifikasi. Ia mengatakan bahwa dirinya sangat tidak suka jika ada orang yang meminta-minta uang kepadanya. Baim ingin orang tersebut berusaha terlebih dulu untuk mendapatkan rezeki dan tidak hanya memanfaatkan kekurangannya untuk mendapatkan uang.

Masih menurut Baim, selain Kakek Suhud, masih banyak orang lain yang juga sering meminta uang kepadanya. Namun, tidak semuanya ia ekspos dan unggah ke media sosial. Mengunggah video tersebut ke YouTube dinilai Baim untuk memberikan pelajaran agar tidak ada lagi orang yang hanya mengemis untuk mendapatkan uang.

Baim juga tidak peduli jika video tersebut membuat namanya menjadi tercoreng di mata publik karena ia hanya ingin menampilkan sosok diri yang apa adanya tanpa dibuat-buat. Baim berharap, setelah ini tidak ada lagi yang melakukan hal serupa seperti yang dilakukan Kakek Suhud.

https://www.youtube.com/embed/VDqQTI-avYQ

Kakek Suhud berencana melaporkan Baim ke pihak kepolisian atas pencemaran nama baik

https://www.youtube.com/embed/Gdxe8wyfEAQ

Dalam wawancaranya bersama Kakek Suhud yang dikutip dari YouTube channel Langit Entertainment, Nikita Mirzani menyarankan agar Kakek Suhud melaporkan tindakan Baim ke pihak kepolisian.

Menurut Nikita, seorang kreator konten bisa dikenakan pasal tindak pidana jika merekam dan menyebarluaskan wajah seseorang tanpa izin. Bukan hanya itu, Baim juga bisa dikenakan UU ITE dan pasal lainnya karena telah menjatuhkan harga diri Kakek Suhud.

Namun, sampai saat ini, Kakek Suhud sendiri belum memutuskan apakah benar ia akan melaporkan Baim atau tidak. Sebab, Kakek Suhud akan memaafkan Baim jika ayah dari Kiano dan Kenzo itu meminta maaf kepadanya dan menghapus video tersebut dari channel YouTube-nya.

Melalui akun Instagram-nya, Baim menyampaikan permintaan maaf dan ingin bertemu Kakek Suhud

Meskipun telah membuat dan mengunggah video klarifikasi, Baim akhirnya meminta maaf melalui akun Instagram pribadinya yang diunggahnya pada Rabu, 13 Oktober 2021 pagi. Dalam unggahan tersebut, selain mengungkapkan permohonan maafnya, Baim juga mengutarakan niatnya untuk bertemu langsung dengan Kakek Suhud.

"Maaf untuk kesalahan saya. Untuk Kakek Suhut. Maaf ya.. saya salah. Seharusnya saya bisa lebih sopan. Banyak belajar saya. Kalau memang diizinkan, Insya Allah nanti kalau bisa, saya mau ketemu untuk bilang langsung. Sekali lagi maaf, Pak," tulis Baim.

Semoga saja kedua belah pihak bisa segera bertemu dan menyelesaikan masalah ini agar tidak berlarut-larut, ya, Bela.

Baca Juga: Disindir Nikita Mirzani, Kronologi Baim Wong Sampai Bisa Jadi Trending

Baca Juga: Paula Verhoeven Ingin Rumah Baru, Baim Wong Berburu Rumah Mewah

Baca Juga: Ditaksir Raih Rp7,2 Miliar Per Bulan, Ini Perjalanan Karier Baim Wong