Kamu yang sering main Instagram, pasti nggak asing lagi dengan akun Lambe Turah. Akun yang dianggap sebagai akun gosip oleh warganet ini sudah memiliki 9,9 juta followers dan memiliki tanda verifikasi dari Instagram.

Bisa dibilang, Lambe Turah adalah akun gosip pertama yang muncul di media sosial. Siapapun, baik artis maupun bukan, jika sudah muncul di akun Lambe Turah akan langsung terkenal. Maka dari itu, tak heran jika akun ini memiliki banyak followers dan kolom komentarnya pun sangat aktif.

Menjadi akun yang besar, banyak warganet penasaran siapa sosok di baliknya. Bagaimana mereka bisa mengetahui gosip terkini yang bahkan belum muncul di media mana pun dan bahkan akun ini bisa aktif hingga 24 jam.

Banyak warganet menerka sosok di baliknya adalah Uya Kuya. Kok, bisa? 

Dijuluki raja settingan

Dijuluki Raja Settingan, Benarkah Uya Kuya Pemilik Lambe Turah?Instagram.com/king_uyakuya

Melihat sepak terjang Uya Kuya beberapa tahun ke belakang, menurut warganet, apa yang ditampilkan oleh Uya adalah settingan belaka. Mulai dari perseteruannya dengan Denise Chariesta, hingga beberapa acara variety show miliknya semua dianggap settingan.

Dalam video yang diunggah di YouTube channel Boy William, Uya Kuya mengaku mengetahui bahwa dirinya dijuluki sebagai Raja Settingan oleh warganet. Uya merespon positif julukan tersebut dan merasa tersanjung.

"Kalau gue dibilang raja settingan, gue nggak masalah. Gue terima-terima saja dan merasa tersanjung," ungkap Uya dalam video yang diunggah pada 3 Juli 2021 itu.

Bahkan menurut Uya, settingan itu dibutuhkan karena setiap manusia pasti ingin kehidupannya lebih baik dari hari ini.

"Menurut gue settingan itu perlu ada. Sebab, seseorang harus men-setting dirinya supaya punya kehidupan yang lebih baik. Orang yang hidupnya berantakan, harus men-setting dirinya supaya nggak nganggur, kan?" tambah Uya.

Dicurigai sebagai pemilik akun Lambe Turah

Bahkan, karena sering membuat settingan yang ia publikasikan di media sosial dan program televisi miliknya, banyak warganet yang mencurigai bahwa Uya adalah pemilik akun gosip Lambe Turah.

"Karena apa yang gue lakukan selama ini, banyak orang mengira kalau Lambe Turah itu punya gue. Padahal bukan, demi Allah bukan," kata Uya.

Sembari berkelakar, jika suatu saat Lambe Turah membuka kesempatan untuk berinvestasi, Uya akan menjadi orang nomor satu yang akan membeli saham akun gosip tersebut.

https://www.youtube.com/embed/eXJeKRoujqU

Selain Uya, Nanda Persada juga dicurigai sebagai sosok di balik Lambe Turah

Selain Uya, Nanda Persada, manajer artis sekaligus ketua umum Ikatan Manajer Artis Indonesia juga sempat dicurigai sebagai sosok di balik Lambe Turah. Merangkum percakapan Nanda dengan Denny Sumargo di YouTube channel Denny Sumargo, Nanda juga mengakui bahwa dia bukan sosok di balik Lambe Turah, tapi ia cukup mengenal beberapa admin yang mengoperasikan akun tersebut.

Menurut cerita Nanda, perkenalannya dengan admin Lambe Turah berawal dari keresahannya dengan akun gosip yang ia tuangkan di media sosial Path. Nanda yang saat itu menjadi manajer banyak artis, cukup was-was jika salah satu artisnya masuk ke dalam akun tersebut dan dapat merusak reputasinya.

Tak lama setelah Nanda mengunggah keresahannya itu, admin Lambe Turah pun menghubunginya dan menjelaskan bagaimana sistem akun tersebut bekerja. Admin Lambe Turah yang tidak diketahui namanya tersebut mengatakan bahwa tidak semua skandal dan berita artis yang masuk ke meja redaksinya diunggah mentah-mentah. Mereka selektif memilih berita dan sosok yang akan diunggah.

Kini, Lambe Turah berperan sebagai pengawas sosial yang lebih banyak mengangkat isu-isu sosial dibandingkan gosip artis. Namun, karena banyak pihak telah mengetahui bahwa Nanda dekat dengan admin Lambe Turah, tak sedikit yang meminta bantuan Nanda untuk menghapus unggahan dari akun tersebut, jika seseorang 'terekam hengpon jadul'. 

https://www.youtube.com/embed/w8T99vdG33M

Dua orang yang dibahas di artikel ini sudah menyatakan bahwa mereka bukanlah pemilik akun Lambe Turah. Lantas, kira-kira siapa, ya, pemilik akun tersebut? Ada yang tahu atau bisa menebak? Coba bagi teorimu dong, Bela!

Baca Juga: Punya Kekayaan Lebih dari Rp48 Miliar, Ini Sumber Penghasilan Uya Kuya

Baca Juga: Bikin Kontroversi, 8 Variety Show Uya Kuya ini Diduga Penuh Settingan

Baca Juga: 16 Tahun Bersama, Intip 7 Potret Kompaknya Keluarga Uya Kuya