Senin, 3 Mei 2021, Bill Gates membuat pengumuman yang mengejutkan banyak pihak. Ia memutuskan bercerai dengan sang istri, Melinda Gates setelah menikah selama 27 tahun. Dalam pernyataannya yang ia unggah di Twitter, Bill sama sekali nggak menyebutkan alasan perceraian mereka. Triliuner tersebut hanya mengatakan bahwa kini mereka tak bisa lagi melanjutkan pernikahan.

Namun, meski berpisah, Bill dan Melinda berkomitmen tetap akan bekerja secara profesional untuk yayasan yang sudah mereka bangun bersama. Tak akan ada perubahaan apapun dalam yayasan, hanya status mereka saja yang berubah. FYI, Bill dan Melinda mendirikan yayasan filantropi Bill & Melinda Gates Foundation yang berfokus pada masalah perubahan iklim, kesehatan global, dan pendidikan.

Setelah bercerai, berapa total kekayaan Bill Gates? Berikut Popbela rangkumkan untukmu.

Memiliki aset kekayaan sebesar US$126 miliar

Cerai, Ini Aset Kekayaan Bill Gates yang Mencapai Rp1,857 TriliunDok. Internet

Berdasarkan laporan Forbes tahun 2020 lalu, Bill memiliki aset kekayaan hingga US$126 miliar atau setara dengan Rp1.857 triliun. Dengan jumlah aset kekayaan ini, menempatkan Bill sebagai orang terkaya di dunia nomor empat setelah Jezz Bezos (US$253 miliar), Bernard Arnault ($236 miliar) dan Elon Musk ($215 miliar).

Kekayaan Bill tersebut tersebar di beberapa aset yang dimilikinya. Aset-aset tersebut adalah sebagai berikut.

Microsoft

Cerai, Ini Aset Kekayaan Bill Gates yang Mencapai Rp1,857 TriliunDok. Internet

Bill menjadi CEO Microsoft pada tahun 1975 hingga 2000. Kemudian, ia memegang jabatan sebagai dewan direksi hingga tahun 2020. Pada tahun lalu, Bill memutuskan untuk melepas jabatannya tersebut agar lebih fokus mengurus yayasannya. Namun, meski sudah mundur dari perusahaan software tersebut, diketahui Bill masih memiliki saham Microsoft sekitar 20%.

Bill & Melinda Gates Foundation

Cerai, Ini Aset Kekayaan Bill Gates yang Mencapai Rp1,857 TriliunGatesfoundation.org

Bill & Melinda Gates Foundation menjadi yayasan filantropi yang menjadi fokus Bill selama beberapa tahun terakhir. Perusahaan non-profit ini mendapat hibah dana sebesar US$20 miliar atau setara dengan Rp288 triliun. Hingga tahun 2020, Bill & Melinda Gates Foundation diperkirakan bernilai sekitar US$54,8 miliar atau setara dengan Rp790 triliun.

Cascade Investments

Cerai, Ini Aset Kekayaan Bill Gates yang Mencapai Rp1,857 TriliunABCnews.com

Cascade Investments disebut sebagai aset terbesar milik Bill. Cascade Investments yang berfokus pada penjualan real estate, hotel, dan energi. Selain itu, Cascade Investments juga dikabarkan memiliki sebagian besar saham di industri kereta api di Kanada. Bill mendirikan Cascade Investments menggunakan dividen yang ia dapatkan dari Microsoft. Saat ini, Cascade Investments memiliki nilai sekitar US$108 miliar atau setara dengan Rp1,558 triliun.

Gates Ventures

Cerai, Ini Aset Kekayaan Bill Gates yang Mencapai Rp1,857 TriliunGeekwire.com

Bill Gates juga fokus mengembangkan ide dan bisnis rintisan baru. Melalui perusahaan Gates Ventures yang didirkan pada tahun 2017, Bill memberikan modal usaha kepada perusahaan rintisan baru dengan ide yang out of the box.

Saham

Cerai, Ini Aset Kekayaan Bill Gates yang Mencapai Rp1,857 Triliuncnbc.com

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa Bill dan Melinda memberikan modal mereka untuk membeli saham di perusahaan farmasi yang sedang meneliti vaksin COVID-19. Sebanyak US$40 juta, Bill menanamkan sahamnya ke perusahaan CureVac untuk meriset vaksin COVID-19.

Bukan hanya di perusahaan farmasi, Bill juga memiliki sebesar 10% saham di Perusahaan Kereta Api Nasional Kanada dan 7% di perusahaan franchise makanan cepat saji di Trinidad, Arcos Dorados.

Itu tadi kekayaan Bill Gates yang baru saja mengumumkan perceraiannya dengan Melinda. Semoga saja, perceraian mereka tidak berimbas pada perusahaan yang mereka miliki, ya.

Baca Juga: Pengakuan Bill Gates: 5 Hal Ini yang Membedakan Masa Mudanya dengan Anak Muda Lain

Baca Juga: Pernah Ngontrak & Di-Bully, 15 Fakta Elon Musk Orang Terkaya di Dunia

Baca Juga: Top 10 Orang Terkaya di Dunia 2021, Salah satunya Perempuan!