Reza Oktavian yang lebih dikenal sebagai Reza Arap memang seorang Youtuber gamer terkenal. Memulai karir YouTube –nya dari tahun 2011, kini dirinya tidak hanya sukses sebagai Youtuber gamer, namun juga merambah ke banyak bidang. Mulai dari grup musiknya yang bernama Weird Jenius, lagu solonya, film yang ia bintangi sampai pada endorsement. Pendapatannya ditaksir antara Rp340 juta – 5,4 miliar pada 2018 lalu. Lantas dari mana saja, sih, sumber pundi-pundi kekayaan Reza Arap? Yuk, kita cari tahu di bawah ini!

1. YouTube

Miliki Harta Hingga Rp5,4 Miliar, Ini Sumber Kekayaan Reza Arapinstagram.com/ybrap

YouTube menjadi awal perjalanan dari karir Reza Arap. Memulai dari tahun 2011 dan sempat menutup akunnya dan menimbulkan kontroversi, saat ini ia telah kembali ke YouTube. Kini Reza memiliki 1,8 juta subscribers dan lebih dari 124 juta viewers. Berdasarkan pantauan socialblade.com, jika dikonversikan maka pendapatannya dari YouTube mencapai US$1,3 ribu - US$21,5 ribu, atau setara dengan lebih dari Rp298 juta.

2. Co-Owner Gushcloud

Miliki Harta Hingga Rp5,4 Miliar, Ini Sumber Kekayaan Reza Arapinstagram.com/ybrap

Pada 2019 lalu, Reza Arap mengumumkan lewat akun Twitter nya, bahwa ia telah dikontrak oleh anak perusahaan dari YG Entertainment, Gushcloud. Dalam hal ini, Reza hanya melakukan kerja sama di bidang investasi. Ia juga menyatakan bahwa dirinya sebagai Co-Owner dan artis pertama dari Gushcloud.

3. Mengelola bisnis

Miliki Harta Hingga Rp5,4 Miliar, Ini Sumber Kekayaan Reza Arapyoutube.com/tokyo.gamingspace

Pria berusia 33 tahun itu juga memiliki sebuah bisnis yaitu bar dan kafe game. Dalam menjalankan bisnisnya, ia mengaku bekerja sama dengan sang kekasih, Wendy, serta dua anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pengarep. Tak hanya itu, ia juga mengelola bisnis Beach Club atau club pantai yang berada di kawasan Canggu, Bali dan Surabaya.

4. Musisi

Miliki Harta Hingga Rp5,4 Miliar, Ini Sumber Kekayaan Reza Arapyoutube.com/ybrap

Tak hanya bisnis dan YouTube, Reza juga merambah ke dunia musik. Ia telah merilis beberapa single solo, kolaborasi dengan YouTuber lainnya, serta grup musiknya, Weird Jenius. Grup pop yang dibentuk pada tahun 2016 ini, digarap bersama YouTuber Eka Gustiwana dan Gerald Liu. Pada 2020, lagunya yang berjudul ‘Lathi’ meraih kesuksesan besar dan viral di berbagai platform media sosial.

5. Atlet e-sport

Miliki Harta Hingga Rp5,4 Miliar, Ini Sumber Kekayaan Reza Arapesports.id

Reza memiliki mimpi mempunyai tim e-sportnya sendiri. Pada 2003, ia mulai menggeluti DOTA serta berhasil mendapat banyak prestasi. Meski sempat hengkang pada 2009, namun kini ia telah kembali dan menjadi Co-Owner tim eSport sekaligus manajemen We Against The World.

6. Endorsement

Miliki Harta Hingga Rp5,4 Miliar, Ini Sumber Kekayaan Reza Arapinstagram.com/ybrap

Menjadi seorang publik figur dan selebriti dengan followers Instagram mencapai 4,9 juta, Reza mematok harga Rp45 juta untuk sekali unggahan endorsement. Sedangkan untuk video, Reza memasang harga Rp55 juta. Untuk durasi selama 24 jam, ia mematok harga endorse lewat Instastory-nya sebesar Rp18 juta dan khusus Instagram Live sebesar Rp50 juta per jam. 

Lewat Twitter nya, ia mengaku memang sengaja memasang tarif yang tinggi karena ia tidak mau banyak endorse di akun instagramnya. Namun, hal tersebut tidak mengurungkan niat brand untuk meminta Reza mempromosikan produknya.

Itulah sumber pundi-pundi kekayaan sang YouTuber gaming Reza Arap yang baru menggelar pesta pertunangannya dengan Wendy, pada Sabtu (2/1/20) kemarin. Selamat Untuk Reza dan Wendy!

Baca Juga: Akun YouTube-nya Balik Lagi, Ini Kejutan dari Reza Arap untuk Penggemarnya

Baca Juga: Dituding Larang Wendy Walters Bekerja, Ini Pembelaan Reza Arap

Baca Juga: 4 Artis Indonesia Masuk Forbes 2020, Inilah Kekayaan Mereka