Hidup Sendiri di Rumah 4x5 m2, Ini Sosok Youtuber Mbah Minto Klaten

Meninggal dunia di usia 85 tahun

Hidup Sendiri di Rumah 4x5 m2, Ini Sosok Youtuber Mbah Minto Klaten

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Youtuber asal Klaten, Jawa Tengah yang dikenal dengan berbagai video parodinya, Mbah Minto, dikabarkan meninggal dunia. Kabar duka ini dibagikan oleh Ucup Klaten, Youtuber yang kerap mengajak Mbah Minto membuat video.

Mbah Minto tutup usia pada Rabu (22/12/2021) malam pukul 21.15 WIB di usia 85 tahun. Mbah Minto sendiri mulai dikenal setelah videonya berjudul “Ora Mudik” viral dan beredar luas di media sosial pada April 2020 lalu.

Bahkan gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga membagikan kembali video Mbah Minto di akun Instagramnya. Lantas bagaimana sosoknya? Berikut selengkapnya.

Tinggal sendiri di Klaten

Mbah Minto memiliki nama asli Minto Suwito Siyam. Sehari-hari Mbah Minto bekerja serabutan, entah sebagai tukang bersih-bersih rumput hingga tukang kerokan/ pijat kerik. Mbah Minto tinggal di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Di rumah kecilnya berukuran 4x5 meter tanpa sekat itu, Mbah Minto tinggal sendiri. Keempat anaknya merantau bekerja sebagai pedagang dan jarang pulang ke rumah. Salah satu anaknya yang merantau paling dekat ada di Wonosari, Gunung Kidul, DIY.

Rumah Mbah Minto juga sangat sederhana, kamar tidur hingga dapurnya menyatu, hanya ada satu lemari, kasur dipan, serta beberapa perabotan kecil.

Berawal dari Video “Ora Mudik”

Mbah Minto mulai dikenal publik saat videonya yang berjudul “Ora Mudik” sebagai Simbok, viral. Video tersebut beredar luas di media sosial pada April 2020 lalu. Dalam video itu, ia berpesan agar anaknya menaati aturan pemerintah supaya tak mudik untuk mencegah penyebaran COVID-19, tapi THR-nya saja yang mudik.

Bahkan, video dagelan yang juga mengandung pesan bermakna tersebut menjadi perhatian Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Melalui akun Instagram Ucup Klaten, Mbah Minto dan Ganjar juga melakukan siaran langsung dan saling bercengkrama, si Mbah pun juga diberi THR oleh Gubernur Jawa Tengah itu.

Video “Ora Mudik” sendiri awalnya dibuat oleh YouTuber Ucup Klaten, yang juga tetangga Mbah Minto, untuk mengikuti lomba yang diselenggarakan Polres Klaten. Video dagelan dari coba-coba itu, akhirnya viral dan menarik perhatian banyak orang.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here