Sosok Youtuber Mbah Minto Klaten yang Meninggal Dunia

Hidup Sendiri di Rumah 4x5 m2, Ini Sosok Youtuber Mbah Minto Klaten

Meninggal dunia di usia 85 tahun

Hidup Sendiri di Rumah 4x5 m2, Ini Sosok Youtuber Mbah Minto Klaten

Youtuber asal Klaten, Jawa Tengah yang dikenal dengan berbagai video parodinya, Mbah Minto, dikabarkan meninggal dunia. Kabar duka ini dibagikan oleh Ucup Klaten, Youtuber yang kerap mengajak Mbah Minto membuat video.

Mbah Minto tutup usia pada Rabu (22/12/2021) malam pukul 21.15 WIB di usia 85 tahun. Mbah Minto sendiri mulai dikenal setelah videonya berjudul “Ora Mudik” viral dan beredar luas di media sosial pada April 2020 lalu.

Bahkan gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga membagikan kembali video Mbah Minto di akun Instagramnya. Lantas bagaimana sosoknya? Berikut selengkapnya.

Tinggal sendiri di Klaten

Hidup Sendiri di Rumah 4x5 m2, Ini Sosok Youtuber Mbah Minto Klateninstagram.com/ucup_jbsklaten

Mbah Minto memiliki nama asli Minto Suwito Siyam. Sehari-hari Mbah Minto bekerja serabutan, entah sebagai tukang bersih-bersih rumput hingga tukang kerokan/ pijat kerik. Mbah Minto tinggal di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Di rumah kecilnya berukuran 4x5 meter tanpa sekat itu, Mbah Minto tinggal sendiri. Keempat anaknya merantau bekerja sebagai pedagang dan jarang pulang ke rumah. Salah satu anaknya yang merantau paling dekat ada di Wonosari, Gunung Kidul, DIY.

Rumah Mbah Minto juga sangat sederhana, kamar tidur hingga dapurnya menyatu, hanya ada satu lemari, kasur dipan, serta beberapa perabotan kecil.

Berawal dari Video “Ora Mudik”

https://www.youtube.com/embed/hAK3U1F-x1w

Mbah Minto mulai dikenal publik saat videonya yang berjudul “Ora Mudik” sebagai Simbok, viral. Video tersebut beredar luas di media sosial pada April 2020 lalu. Dalam video itu, ia berpesan agar anaknya menaati aturan pemerintah supaya tak mudik untuk mencegah penyebaran COVID-19, tapi THR-nya saja yang mudik.

Bahkan, video dagelan yang juga mengandung pesan bermakna tersebut menjadi perhatian Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Melalui akun Instagram Ucup Klaten, Mbah Minto dan Ganjar juga melakukan siaran langsung dan saling bercengkrama, si Mbah pun juga diberi THR oleh Gubernur Jawa Tengah itu.

Video “Ora Mudik” sendiri awalnya dibuat oleh YouTuber Ucup Klaten, yang juga tetangga Mbah Minto, untuk mengikuti lomba yang diselenggarakan Polres Klaten. Video dagelan dari coba-coba itu, akhirnya viral dan menarik perhatian banyak orang.

Jadi Youtuber dagelan dan banyak dikunjungi

Hidup Sendiri di Rumah 4x5 m2, Ini Sosok Youtuber Mbah Minto Klateninstagram.com/ucup_jbsklaten

Ternyata, Mbah Minto juga sering diajak oleh Ucup Klaten untuk membuat video. Mbah Minto sendiri tidak bisa membaca, sehingga ia hanya diberi arahan dan didikte oleh para kru dari Ucup Klaten.

Sudah banyak video dagelan Jawa yang dilakoni Mbah Minto. Semua karyanya menghibur. Menjadi Youtuber, di awal-awal kariernya, Mbah Minto hanya diberi bayaran sebesar Rp20 ribu per video.

Kala itu channel Ucup Klaten masih baru dan di bawah 100 ribu subscriber. Kini setelah semakin populer dan viral terlebih karena Mbah Minto, si Mbah bisa diberi bayaran Rp200 - Rp500 ribu per videonya.

Setelah mulai terkenal, banyak yang menyambangi kediaman Mbah Minto maupun menghubunginya lewat daring atau telepon. Seperti presenter dan jurnalis, Najwa Shihab, yang menghubunginya lewat telepon, serta Bupati Klaten, Sri Mulyani yang menyambangi langsung rumah Mbah Minto.

Jadi model video musik

https://www.youtube.com/embed/yVA2IuK28K4

Mbah Minto juga pernah menjadi model video klip dari penyanyi dangdut Denny Caknan dalam salah satu single-nya yang berjudul “Angel”. Lagu tersebut merupakan kolaborasi Denny Caknan bersama Cak Percil yang pertama kali dirilis pada 27 April 2021 lalu di Youtube Denny Caknan.

Dalam video klip tersebut, Mbah Minto berperan sebagai sosok perempuan yang dikejar-kejar oleh Abah Kirun. Video klip lagu tersebut kini telah ditonton sebanyak 47 juta kali.

Meninggal setelah dirawat

Mbah Minto meninggal dunia setelah sempat dirawat di Rumah Sakit. Ia menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 21.00 WIB dan dibawa pulang keluarga sekitar pukul 22.30 WIB. Jenazah Mbah Minto akan dimakamkan pada Kamis (23/12/2021) pukul 14.00 WIB di Sasono loyo Wonosegaran, Bugel, Krakitan. Mbah Minto meninggalkan 4 anak, 15 cucu dan 4 orang buyut.

Meski raganya telah meninggalkan kita semua, namun karyanya masih terkenang dan menghibur banyak orang. Kepergian Mbah Minto juga mendapat perhatian serta ucapan duka mendalam dari gubernur Jawa Tengah serta beberapa figur lainnya.

Itulah sosok Youtuber Mbah Minto yang telah tutup usia dan berpulang ke sisi-Nya. Selamat jalan Mbah Minto, karyamu akan selalu terkenang, terima kasih telah menghibur. 

Baca Juga: Ini 3 Konten YouTube Wawancara Laura Anna Sebelum Meninggal Dunia

Baca Juga: 9 Pasangan Artis Paling Sensasional di 2021, Ada yang Meninggal

Baca Juga: 7 Artis Indonesia yang Merambah Menjadi Host Talk Show atau YouTuber

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Rating Terus Melesat, 5 Fakta Seru Drama 'Crash Course in Romance'

Rating Terus Melesat, 5 Fakta Seru Drama 'Crash Course in Romance'

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Working Life

Sudah Tahu? Kalau 7 Musisi Indonesia Ini Punya Riders Nggak Ngerepotin

Sudah Tahu? Kalau 7 Musisi Indonesia Ini Punya Riders Nggak Ngerepotin