Internet sudah masuk menjadi salah satu kebutuhan primer zaman sekarang ini, bagi setiap orang. Terlebih pada generasi muda yang hampir segala kebutuhan di kehidupannya tak lepas dari gadget, media sosial, serta informasi terkini lainnya. Untuk itu, kehadiran jaringan internet yang baik selalu diincar banyak orang.

Kini muncul banyak perusahaan yang muncul untuk menyediakan internet terbaik. Mereka dinamakan Internet Service Provider (ISP) atau yang dikenal dengan provider internet. Bagi kamu yang ingin berlangganan provider internet, berikut Popbela berikan 11 rekomendasi merek provider internet terbaik di Indonesia.

1. CBN

11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesiacbncloud.co.id

CBN telah hadir menyediakan jasa layanan internet sejak tahun 1996, lho. Hingga kini, PT Cyberindo Aditama itu telah menjangkau hingga lebih dari 300 perkantoran, perhotelan, apartemen, bahkan pusat perbelanjaan di Indonesia. Pilihan paket yang tersedia cukup beragam, mulai dari Rp299 ribu per bulan dengan kecepatan hingga 30 mbps.

Jika 30 mbps dirasa kurang, kamu dapat menambah Rp45 ribu setiap bulannya untuk kecepatan hingga 50 mbps. Untuk pembayarannya sendiri, CBN telah berkolaborasi dengan lebih dari 20 pembayaran elektronik. Jadi kamu tinggal pilih mana yang lebih efesien dan menarik promonya.

2. Biznet Network

11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesiabiznetmetworks.com

Salah satu provider yang bisa kamu pilih adalah Biznet Network. Sejak Januari 2021 kemarin, provider ini telah mengembangkan jangkauan area layanan internetnya hingga ke 2.500 hunian dan 700.000 Home Pass. Mereka pun terus berusaha untuk menjangkau lebih luas hingga ke seluruh daerah Indonesia.

Biznet tidak hanya menawarkan jasa internet tapi juga pusat data, cloud computing serta TV kabel. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp325 ribu per bulan dengan kecepatan internet hingga 75 mbps.

3. First media

11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesiabestdataprovider.com

Merek satu ini pasti sudah tidak asing di telinga. First media sudah menjangkau 27 kota dan kabupaten di Indonesia termasuk kota-kota besar. Untuk mengecek daerah mana saja yang sudah terjangkau, kamu bisa pilih fitur ‘cek area’ di situs resminya.

Pilihan paketnya sendiri ditawarkan mulai dari harga terendah, yaitu Rp371 ribu per bulan. Paket ini mencakup layanan internet hingga 15 mbps, 145 saluran TV luar dan dalam, bahkan juga streamtainment. Bagi kamu yang memiliki banyak perangkat, tak usah khawatir, layanan internet dengan paket ini dapat digunakan oleh 2 hingga 3 perangkat sekaligus.

4. MNC Playmedia

11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesiawikipedia.com

Provider internet satu ini merupakan provider dengan kapasitas jaringan fiber optik yang besar hingga 10 Gbps! Namun, layanan ini hanya tersedia di 9 kota di Indonesia. Untuk paket internet saja, ditawarkan mulai dari Rp230 ribu setiap bulan dengan kecepatan hingga 10 mbps.

Paket internet plus TV kabel pun tersedia. Kamu dapat membayarnya seharga Rp369 ribu setiap bulannya dan mendapatkan kecepatan internet hingga 30 mbps, serta 54 saluran TV. Menariknya lagi, MNC juga menyediakan fitur “parental lock”  bagi para orangtua agar dapat melindungi anak dari saluran TV dewasa, dengan menggunakan password.

5. Indihome

11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesiaindihome.co.id

Provider internet satu ini sudah dijamin sangat dekat denganmu. Indihome bahkan sudah masuk ke pelosok Indonesia. Untuk paket yang ditawarkan juga tergolong cukup murah dengan Rp275 ribu per bulan dan kecepatan internet hingga 20 mbps. Paket ini dapat digunakan untuk 3 hingga 5 perangkat secara bersamaan.

Kamu yang ingin menikmati layanan TV kabel, dapat membeli dengan harga mulai dari Rp375 ribu per bulan dan dapatkan tambahan 109 saluran TV. Bahkan paket games pun juga tersedia.

6. GIG by Indosat Ooredoo

11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesiaindosatm2.com

Sesuai namanya, GIG merupakan layanan internet dari salah satu perusahaan telekomunikasi, Indosat. Penawaran paket dari GIG Indosat mulai dari Rp225 ribu per bulan dengan kecepatan internet hingga 10 mbps dan mampu digunakan untuk 4 perangkat. Paket tersebut juga termasuk saluran TV lebih dari 70, akses langsung ke YouTube, aplikasi menonton seperti iflix serta tampilan wireless dari ponsel.

7. Groovy

11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesiagroovy.id

Provider internet menggunakan jaringan fiber optik ini, sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2000. Harganya pun terbilang murah, yaitu mulai dari Rp192 ribu per bulan untuk kecepatan internet hingga 20 mbps yang dapat dinikmati 1 hingga 4 perangkat sekaligus.

Groovy juga menyediakan layanan TV kabel, paket harga terendah yang ditawarkan adalah Rp357 per bulan dengan tambahan 70 saluran TV gratis. Selain pembayaran per bulan, provider satu ini juga dapat melakukan pembayaran secara tahunan dan lebih hemat hingga 33 persen. Namun sayangnya, provider internet ini hanya tersedia di area Jabodetabek dan Bandung.

8. Megavision

11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesiamegavision.net.id

Megavision telah hadir di Indonesia sejak 2001. Provider ini cocok untuk kamu yang berdomisili di Bandung, Bogor dan Jawa Barat. Megavision menggunakan teknologi fiber optik dengan penawaran internet tanpa batas (unlimited). Harga yang ditawarkan provider internet ini mulai dari Rp229 ribu per bulan untuk kecepatan internet hingga 10 mbps.

Paket ini juga dilengkapi dengan layanan 60+ saluran TV baik dari dalam maupun luar negeri. Megavision dikabarkan akan mengembangkan area layanannya ke beberapa kota di Indonesia seperti Semarang, Malang, Medan, dan sebagainya dalam waktu dekat.

9. Transvision

11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesiawikipedia.com

Salah satu anak perusahaan Transcorp ini juga menyediakan layanan internet disamping layanan TV. Ada dua jenis paket yang disediakan yaitu, paket internet, TV kabel, dan  paket internet, TV kabel, beserta Mola TV apps.

Harga paket internet dan TV kabel dimulai dari Rp269 ribu per bulan dengan kecepatan 30 mbps. Sedangkan untuk paket komplit dengan Mola TV dimulai dari Rp319 ribu per bulan dengan kecepatan 30 mbps dan 69 saluran.

10. My Republic ID

11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesiamyrepublic.co.id

My Republic diakui sebagai ISP nomor 1 di Indonesia dalam hal streaming dan gaming. Cocok banget buat kamu yang suka main game, nonton drakor atau serial netflix lainnya. my Republic menyediakan layanan internet serta TV kabel dengan saluran TV lokal maupun luar negeri.

Untuk layanan internet yang disediakan dimulai dari Rp305.455 setiap bulan dengan kecepatan hingga 30 mbps dan bisa untuk 7 perangkat. Sedangkan harga untuk internet dan TV kabel dimulai dari Rp362.728 dan dilengkapi dengan 75 saluran TV.

11. Oxygen.id

11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesiahome.oxygen.id

Oxygen.id diluncurkan oleh PT. Mora Telematika Indonesia. Ada dua jenis layanan internet yang disediakan, yaitu untuk bisnis dan untuk keluarga. Untuk layanan internet keluarga, harga yang ditawarkan mulai dari Rp306 ribu per bulan dengan kecepatan internet hingga 50 mbps.

Sementara layanan internet dan TV kabel mulai dari Rp324 ribu per bulan dengan tambahan 61 saluran TV lokal dan luar negeri. Bagi kamu penggemar olah raga, oxygen.id juga menawarkan paket tahunan Mola TV dengan harga mulai dari Rp4,3 juta per tahun.

Itulah 11 rekomendasi merek provider internet di Indonesia. Kira-kira mana yang cocok untukmu?

Baca Juga: Pengguna Android, Ini 8 Browser Anti Blokir Internet Positif Terbaik

Baca Juga: 4 Fakta Promo Murah Kuota Internet, Jangan Sampai Terjebak!

Baca Juga: Modal Kuota Internet, Ini 7 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat