Musim-musim ini adalah saat bagi para pelajar Korea Selatan untuk ikut dalam tes masuk perguruan tinggi, yang kalau di Indonesia biasa disebut SMBPT. Beberapa selebritas Korea Selatan—tak terkecuali para idol—ada yang turut ambil bagian dalam tes, ada pula yang tidak.

Di tahun ini, beberapa idol yang dipastikan tidak mengikuti tes yang disebut CSAT ini adalah Taeyong dan Seongmin CRAVITY, serta Yujin IVE yang bakal debut. Sementara beberapa idol lainnya, seperti Doyoung TREASURE, Baek Jiheon fromis_9, Kangmin VERYVERY, Sohee Rocket Punch, Lee Woojin GHOST9 dan Dongpyo MIRAE, dikabarkan akan meneruskan pendidikan mereka ke Perguruan Tinggi.

Selebritas Korea memang banyak yang mengenyam pendidikan tinggi, bahkan tak tanggung-tanggung memiliki nilai CSAT yang tinggi. Mereka bak paket komplit karena memiliki paras menawan, kecerdasan yang tinggi, serta keterampilan yang memukau.

Berikut adalah 6 seleb Korea yang memiliki nilai tinggi di CSAT. Siapa saja?

Apa itu CSAT?

Pintar & Menawan, 6 Seleb Korea Ini Memiliki Nilai Tinggi di CSATkoreabridge.net

Sebelum masuk ke 6 selebriti itu, Popbela akan beritahu kamu terlebih dahulu apa itu CSAT. Ini merupakan singkatan dari The College Scholastic Ability Test, orang-orang Korea menyebutnya Suneung (Korean: 대학수학능력시험, hanja: 大學修學能力試驗).

Lebih gampangnya, sama seperti di Indonesia yang bernama SBMPT atau SBMPTN untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri. Tes ini merupakan tes standar yang diakui Perguruan Tinggi Korea Selatan untuk menilai kemampuan skolastik yang diperlukan untuk perguruan tinggi.

Ini juga dilakukan untuk menerima calon mahasiswa baru di beberapa Universitas ternama di Korea Selatan seperti Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University.

Pintar & Menawan, 6 Seleb Korea Ini Memiliki Nilai Tinggi di CSATbbc.com

CSAT biasanya dilakukan setiap minggu ketiga bulan November, tapi bisa diubah tergantung situasi dan kondisi. Durasinya pun 8 jam dimulai dari jam 8 pagi. Mereka juga memiliki paket seperti ujian SBMPTN, subjek tesnya seperti tes bahasa Korea, matematika, bahasa Inggris, pengetahuan sosial atau sains, juga tes bahasa asing lain.

CSAT merupakan salah satu ujian penting dalam dunia pendidikan dan bahkan telah dipersiapkan sejak para pelajar ini masih kecil. Tak jarang, CSAT sering membuat para pelajar stress dan melahirkan dampak yang tak diinginkan lainnya. Banyak yang berhasil dalam tes ini, tapi tak sedikit pula yang gagal.

6 seleb Korea yang memiliki nilai tinggi di CSAT

Berbicara mengenai seleb Korea, banyak dari mereka yang walaupun sudah berkarier tapi masih tetap ingin menempuh pendidikan tinggi. Mereka mengikuti tes CSAT dan bahkan memperoleh nilai yang tinggi. Berikut daftarnya:

1. Song Joong Ki (380 dari 400, 400 menjadi skor sempurna)

Pintar & Menawan, 6 Seleb Korea Ini Memiliki Nilai Tinggi di CSATinstagram.com/hi_songjoongki

Siapa yang tak kenal dengan aktor Song Joong Ki yang menawan lewat akting atau wajahnya yang manis. Tapi kamu harus siap-siap terkesima lagi, nih, Bela, karena mantan suami Song Hye Kyo ini ternyata memiliki catatan rapor yang hampir sempurna! Gurunya mengungkapkan, bahwa dia tidak pernah terlambat selama tiga tahun di sekolah menengah.

Setelah menerima skor 380 dari 400 di CSAT, Song Joong Ki mendaftar untuk jurusan manajemen bisnis di Universitas Sungkyunkwan pada tahun 2005. Song Joong Ki mengungkapkan bahwa kunci untuk mendapatkan nilai tinggi adalah kecenderungannya untuk bersaing.

2. Park Jung Min (468 dari 500, 500 menjadi skor sempurna)

Pintar & Menawan, 6 Seleb Korea Ini Memiliki Nilai Tinggi di CSATimdb.com

Aktor Park Jung Min menerima skor tinggi 468 dari 500 ketika ia mengambil CSAT dan mendaftar di Universitas Korea untuk belajar humaniora. Aktor tersebut mengungkapkan bahwa dia berulang kali memecahkan pertanyaan serupa dan memiliki kebiasaan menuliskan jawaban yang salah yang dia dapatkan. Dia juga mengungkapkan bahwa dia telah menghafal soal-soal ujian untuk mata pelajaran sastra, bahasa Inggris, dan matematika.

3. Lee Sang Yoon (370 dari 400, 400 menjadi skor sempurna)

Pintar & Menawan, 6 Seleb Korea Ini Memiliki Nilai Tinggi di CSATinstagram.com/lsy_8100815

Lee Sang Yoon pernah mengungkapkan, bahwa dia tidak pernah meninggalkan tempat duduknya begitu dia sampai di sekolah sampai waktunya pulang. Dia menjelaskan bahwa, dia tetap di tempat duduknya dan menghafal kosakata bahasa Inggris selama waktu istirahat.

Dia mampu mempertahankan skor 1% teratas di kelasnya dan mampu mencetak skor 370 dari 400 pada CSAT pada saat itu. Lee Sang Yoon mendaftar di jurusan Fisika di Universitas Seoul pada tahun 2000.

4. Im Si Wan (450 dari 500, 500 adalah nilai sempurna)

Pintar & Menawan, 6 Seleb Korea Ini Memiliki Nilai Tinggi di CSATallkpop.com

Kesan lugu dan menenangkan Im Si Wan serta kemurahan hatinya selalu membius para penggemar. Tak hanya itu, idol-aktor satu ini mengesankan semua orang dengan mencetak 10% teratas dari skor CSAT dengan 450 dari 500.

Menurut 'The List 2014', Im Siwan telah diterima masuk ke jurusan teknik mesin Universitas Busan, yang merupakan salah satu universitas terbaik di Korea.

5. Kim Tae Hee (390 dari 400, 400 menjadi skor sempurna)

Pintar & Menawan, 6 Seleb Korea Ini Memiliki Nilai Tinggi di CSATinstagram.com/kimtaehee99

Kim Tae Hee terkenal sebagai mahasiswa di Universitas Seoul dan terdaftar melalui penerimaan khusus. Skor CSAT-nya tidak diungkapkan secara tepat tapi diperkirakan bahwa skornya adalah 1~1,5% teratas, mengingat hanya siswa dengan skor CSAT 3% teratas yang dapat mendaftar untuk penerimaan khusus di Universitas Seoul.

Dispekulasikan bahwa Kim Tae Hee menerima 390 dari 400. Kim Tae Hee mengungkapkan waktu belajarnya adalah jam 10 malam hingga 2 pagi, di mana ia paling bisa berkonsentrasi dan memfokuskan studinya di sekitar waktu itu.

6. Han Ga In (384 dari 400, 400 menjadi nilai sempurna)

Pintar & Menawan, 6 Seleb Korea Ini Memiliki Nilai Tinggi di CSATasianwiki.com

Han Ga In menyatakan bahwa dia sangat bersemangat untuk belajar dan bahkan tinggal di akomodasi bagi siswa yang belajar untuk ujian, untuk menghemat waktu perjalanan ke sekolah. Han Ga In mengambil CSAT pada tahun 2001 dan menerima skor tinggi 384, dari 400. Dia mendaftar di Universitas Kyung Hee untuk belajar manajemen pariwisata.

Itulah 6 seleb Korea yang memiliki nilai tinggi di CSAT dan masuk universitas ternama Korea. Ada idolamu?

Baca Juga: Cerdas Hingga Jenius, 5 Artis Korea Ini Memiliki IQ di Atas Rata-Rata

Baca Juga: Intip Drama Korea, Ini 5 Rahasia Orang Korea Selatan Punya Otak Cerdas

Baca Juga: 5 Kampus Terbaik di Korea Selatan Versi QS World University 2021