Salah satu stasiun TV Korea Selatan, Mnet kembali menimbulkan kontroversi dengan menggunakan suara Azan yang di-remix untuk musik pembuka dalam acara Mnet Street Woman Fighter. Hal ini lantas ramai di media sosial terutama Twitter dengan hashtag #Mnetapologize. Hashtag ini bahkan masih trending hingga saat ini.

Walau terdengar secara sayup-sayup dan durasinya hanya beberapa detik, warganet tetap mengetahui bahwa potongan suara yang digunakan adalah suara azan. Warganet muslim bahkan non-muslim di seluruh dunia, ramai meminta Mnet untuk menyatakan permintaan maaf mereka. Warganet pun mencuitkan kekesalan, kemarahan dan kekecewaan mereka terhadap Mnet karena tidak menghormati suara Azan dan kaum muslim.

Setelah diam beberapa hari, Mnet akhirnya buka suara akan kontroversi tersebut. Dalam akun Instagram @mnet_dance, Mnet secara resmi menyatakan permintaan maafnya dan menjelaskan mengenai pemilihan lagu tersebut. Lantas apa isi permintaan maafnya dan bagaimana reaksi warganet? Berikut kronologi kontroversi selengkapnya.

Bermula dari soundtrack yang terdengar seperti suara Azan

Mnet Rilis Permintaan Maaf, Ini Kronologi Kontroversi Remix Suara Azanyoutube.com/MnetTV

Program Street Woman Fighter memulai episode pertamanya pada Selasa (24/8/2021). Acara ini menampilkan persaingan kru tari wanita yang mewakili Korea Selatan. Dari awal, acara Mnet ini sudah mendapat banyak kecaman warganet mulai dari evil editing pada Chaeyeon ex- IZ*ONE hingga akhir-akhir ini menimbulkan kontroversi dengan menggunakan suara Azan.

Meski berdurasi pendek yaitu dari menit 00:57 hingga 1:40 dan terdengar samar, namun warganet serta penonton lainnya mengenali bahwa musik tersebut seperti lantunan suara Azan. Beberapa warganet juga mengunggah perbandingan soundtrack tersebut dengan suara Azan.

Beberapa juga berpendapat bahwa Mnet sengaja melakukan banyak kontroversi agar acaranya mendapat rating tinggi atau lebih populer. Tapi hal tersebut malah tidak bekerja dan melihat bahwa Mnet benar-benar tidak profesional serta terlihat rendah.

Mnet minta maaf dan akan ganti lagu soundtrack

Mnet Rilis Permintaan Maaf, Ini Kronologi Kontroversi Remix Suara Azantwitter.com/MnetKR

Melalui akun Instagram @mnet_dance sebelas jam yang lalu, Mnet merilis permintaan maafnya kepada para audiens. Tim produksi program Mnet Street Woman Fighter secara tulus meminta maaf atas soundtrack yang digunakan dalam opening program tersebut.

Mereka juga menyatakan bahwa lagu tersebut sudah terlisensi dan musiknya dirasa cocok untuk program yang dipandu Kang Daniel itu. Mereka juga akan mengganti soundtrack tersebut sesuai dengan kritik yang telah diberikan oleh para warganet.

Ternyata lagu tersebut adalah lagu salah satu band bernama Losers dengan judul lagu “Azan”

Mnet Rilis Permintaan Maaf, Ini Kronologi Kontroversi Remix Suara Azanyoutube.com/Простая музыка

Warganet pun menemukan bahwa lagu yang dipakai untuk intro tersebut berasal dari sebuah band bernama Losers dengan judul lagu “Azan” yang telah mendapat puluhan ribu dislike di YouTube. Hal ini semakin diperkuat dengan pernyataan Mnet yang mengatakan bahwa musik yang mereka pakai sudah terdaftar secara resmi di platform streaming.

Warganet lagi-lagi kesal terhadap band tersebut serta memberikan dislike dan komentar ketidaksukaan mereka pada lagu tersebut. Lagi, Mnet masih menjadi sarang kekesalan warganet karena kurang berhati-hati dalam memilih lagu.

Sudah minta maaf, warganet tetap masih marah pada Mnet

Meski sudah meminta maaf dan akan mengganti lagu tersebut dengan musik lainnya, warganet ternyata belum cukup puas dengan pernyataan Mnet itu. Mereka masih menyayangkan bahwa Mnet sama sekali tidak menyebut umat muslim atau meminta maaf secara langsung kepada umat muslim yang telah merasa tidak dihargai.

Mnet hanya meminta maaf atas lagu yang mereka gunakan bukan karena telah tidak menghargai umat muslim dan Azan.

Beberapa warganet bahkan sudah tidak mempercayai Mnet lagi dan mengatakan Mnet mungkin akan mengulangi kesalahannya lagi. Meski begitu, banyak pula yang menerima bahwa Mnet setidaknya sudah meminta maaf dan berjanji mengubah suara intro tersebut.

Warganet juga banyak memberi saran kepada Mnet untuk meriset dan mempertimbangkan dahulu sebelum mereka mengedit atau memproduksi program sehingga kejadian serupa tidak terjadi. Mereka juga meminta tidak menggunakan atribut islam untuk alasan estetika atau hiburan semata sehingga tidak menghargainya.

Itulah Permintaan maaf Mnet atas kontroversi suara Azan di program Mnet Street Woman Fighter dan reaksi warganet. Bagaimana pendapatmu, Bela?

Baca Juga: Penuh Sensasi, 6 Idol Kpop Ini Dituduh Menghina Agama Islam

Baca Juga: Dianggap Rasis, Netizen Nilai Lelucon Gigi Hadid Menghina Orang Asia 

Baca Juga: Kwon Mina Tersudut, Dispatch Rilis Bukti Chat Shin Jimin Soal Bullying