Menjadi seorang Idol Kpop tidaklah mudah. Banyak para Idol yang bahkan menderita penyakit mental karena komentar jahat maupun perbuatan buruk para haters. Bahkan banyak Idol yang menjadi korban bully saat mereka masih sekolah.

Diintimidasi, diragukan, dikucilkan, dikritik, hingga diberi komentar jahat pernah dialami oleh beberapa Kpop Idol ini. Namun, mereka berhasil membalas dengan elegan lewat segudang prestasi dan memberi karma pada para haters mereka.

Berikut empat momen idol Kpop yang memberi karma kepada para perundung dan pembenci mereka.

1. MAMAMOO bertemu pembully Moonbyul

Ini Karma yang Diterima Haters Terhadap Bullying ke Idol Kpoppinterest.com/Han-Hani

Dalam suatu acara di NAVER NOW, Moonbyul MAMAMOO berbicara tentang apa yang dilakukan para anggota MAMAMOO ketika mereka bertemu dengan perundung Moonbyul saat SMA di jalanan.

Saat SMA, Moonbyul pernah diintimidasi ketika ia mulai mengejar mimpinya menjadi seorang penyanyi. “Ketika saya di tahun ketiga sekolah menengah, saya mengikuti audisi karena saya ingin menjadi penyanyi. Tapi saya diintimidasi karena itu,” ucap Moonbyul.

Ini Karma yang Diterima Haters Terhadap Bullying ke Idol Kpopkoreaboo.com

Yang membuat ini semakin memilukan adalah bahwa para pengganggu dulunya adalah "teman" Moonbyul. “Itu sangat sulit. Kami dulu dekat. Tapi mereka mulai memaki saya,” Tambahnya.

Moonbyul kemudian membuktikan bahwa para perundung ini salah, dengan debut serta menjadi penyanyi sukses seperti sekarang. Ia mengungkapkan bahwa ia dan para anggota MAMAMOO pernah bertemu dengan salah satu pengganggu. Para anggota tahu tentang apa yang dilakukan si pengganggu ini pada Moonbyul, jadi mereka hanya memelototinya!

Ini Karma yang Diterima Haters Terhadap Bullying ke Idol Kpoptwitter.com/moodarada

“Kami bertemu dengan salah satu pengganggu saat saya sedang bekerja. Dia pura-pura tidak mengenalku. Dia menjalani kehidupan yang sulit. Dan rekan anggota saya tahu ceritanya, jadi mereka semua memelototinya. Saya merasa seperti saya bisa bergantung pada mereka. Saya berpikir, 'Ini adalah teman-teman saya,” cerita Moonbyul.

Moonbyul sekarang tidak lagi terpengaruh oleh bullying seperti dulu. “Salah satu pengganggu bahkan meminta untuk mengikuti saya. Dulu saya benar-benar stres, tetapi sekarang saya menyadari bahwa itu bukan masalah besar,” ungkap  Moonbyul.

2. Kim Sejeong membalas orang yang meremehkannya

Ini Karma yang Diterima Haters Terhadap Bullying ke Idol Kpoppinterest.com/dyaaa.p

Sejeong bermimpi menjadi selebritas sejak ia masih muda, namun salah satu guru akademinya meragukan bakatnya. “Ketika saya masih muda, saya dulu pergi ke akademi setelah sekolah yang mengajarkan semua mata pelajaran. Tapi saya berkonsultasi dengan seorang guru tentang beralih ke akademi vokal. Dia mengatakan kepada saya, 'Sejeong, apakah kamu benar-benar berpikir kamu bisa menjadi seorang selebriti? Kamu tidak bisa, Sejeong,'“  cerita Sejeong.

Guru ini terus-menerus memberi tahu Sejeong bahwa mimpinya "tidak realistis". “Dia berkata, 'Kamu harus belajar. Kamu tidak bisa menjadi selebriti hanya dengan [beralih ke akademi vokal],'"  tambahnya.

Ini Karma yang Diterima Haters Terhadap Bullying ke Idol Kpoprossymora.tumblr.com

Bertahun-tahun kemudian, Sejeong memulai debutnya dan menjadi penyanyi dan aktris yang sukses. Dia juga membintangi  KBS 's School 2017 dan acara ini difilmkan di akademi yang sama dengan yang dihadiri Sejeong. Ia pun sukses membuktikan pada guru yang meremehkannya bahwa ia layak dan bertalenta untuk menjadi seorang aktris.

3. Jeon Somi pernah mendapat perundungan di masa kecilnya

Ini Karma yang Diterima Haters Terhadap Bullying ke Idol Kpopkoreaboo.com

Dalam sebuah episode MBC Radio Star, Somi berbicara tentang saat ia bertemu dengan perundung waktu ia masih kecil. Somi mengatakan bahwa ia pernah dirundung sewaktu SD. “Saya dulu sering di-bully ketika saya masih di sekolah dasar,”  katanya.

Dia juga bercerita bahwa ia pindah ke sekolah baru ketika ia di kelas 3 dan hanya sehari setelah ia pindah, ada pemilihan ketua sekolah untuk sekolah. Teman-teman Somi memberitahunya bahwa mereka akan memilihnya jika ia mencalonkan diri dan Somi masuk tanpa mengetahui apa itu ketua kelas.

Ini Karma yang Diterima Haters Terhadap Bullying ke Idol Kpopfyeahkoreanphotoshoots.tumblr.com

Hal yang mengejutkan, dia mendapat jumlah suara terbanyak dan menjadi ketua kelas. Namun karena hal tersebut, Somi diintimidasi hingga ia duduk di bangku kelas 6 SD. “Karena saya adalah ketua kelas dan orang buangan, saya pikir saya paling dekat dengan guru saya,"  kenangnya.

Somi kemudian memulai debutnya. Suatu hari ia bertemu dengan para perundung masa kecilnya di jalan. Si Penindas ini memintanya untuk foto bersama dan Somi merasa lega dan segar di dalam hati ketika ini terjadi. “Saya mendatanginya dan menyapa. Ketika saya melakukannya, matanya melebar dan dia meminta saya untuk foto bersama. Ketika saya berfoto dengannya, saya merasa sangat lega,” cerita Somi.

4. BTS buktikan kritik dan komentar jahat netizen dengan menjadi legenda

Ini Karma yang Diterima Haters Terhadap Bullying ke Idol Kpopglittermagrocks.com

Saat masih menjadi Boy Group rookie, BTS menerima beberapa komentar jahat. RM pernah membaca beberapa komentar tersebut. Netizen yang jahat ini mengkritik penampilan RM dan mengatakan bahwa musik BTS "buruk".

Setelah membaca beberapa komentar ini, RM memberi tahu netizen yang jahat ini bahwa dia akan membuktikan bahwa mereka salah. Ia melakukan hal itu saat BTS kemudian menjadi legenda, membawa banyak trofi penghargaan dan populer di dunia internasional.

Ini Karma yang Diterima Haters Terhadap Bullying ke Idol Kpopkoreaboo.com
Ini Karma yang Diterima Haters Terhadap Bullying ke Idol Kpopkoreaboo.com

Itulah empat K-Pop Idol yang berhasil membalas serta memberi karma pada para perundung dan haters mereka. Tidak suka sebuah karya memang subjektif ya, Bela. Tapi jangan sampai membenci dan mencaci, ya.

Baca Juga: BTS hingga Super Junior, Begini Cara Artis Idola Menghukum Para Haters

Baca Juga: Keren Banget, 6 Idol Kpop Ini Berani Membalas Komentar Jahat Haters

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Seleb Indonesia Belum Bijak Tanggapi Haters