Penyanyi Amerika, R. Kelly telah dijatuhi hukuman 30 tahun penjara karena menggunakan status selebritasnya untuk melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak dan perempuan. Artis R&B itu sebelumnya telah dihukum September 2021 lalu di New York atas kejahatan pemerasan dan perdagangan seks (Sex Trafficking).

Artis berusia 55 tahun itu telah menghadapi 9 dakwaan dan Jaksa federal di New York sempat merekomendasikan agar penyanyi tersebut dihukum lebih dari 25 tahun penjara, dengan alasan "kejahatan puluhan tahun" dan "pengabaian yang tidak berperasaan atas efek nyata kejahatannya terhadap korbannya", menurut memorandum hukuman yang diajukan, mengutip CNN.

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. KellyAP Photo/Elizabeth Williams

Mereka juga merekomendasikan Kelly harus didenda antara US$50 ribu hingga US$250 ribu, menurut dokumen itu. Kini, ia diputuskan menghadapi hukuman 30 tahun tersebut. Para penyintas dan korban mengatakan hal tersebut barulah permulaan.

Mengutip dari BBC, pengacara penyanyi yang bernama asli Robert Sylvester Kelly itu mengatakan dia akan mengajukan banding. Lantas bagaimana awal kasus sex trafficking R. Kelly? Berikut kronologinya.

Predator sejak awal karier dan pernah jadi korban pelecehan

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. Kellypinkvilla.com

Kisah-kisah itu kembali ke awal kariernya pada 1990-an, dengan banyak yang berpusat pada pengejaran predator terhadap gadis-gadis remaja. Hakim Distrik AS Ann Donnelly mengatakan selebriti tersebut telah menggunakan seks sebagai senjata, memaksa korbannya untuk melakukan hal-hal yang tak terkatakan dan membebani beberapa dari mereka dengan penyakit menular seksual.

Pengadilan mendengar bagaimana penyanyi "I Believe I Can Fly" itu menggunakan pengaruhnya untuk memikat perempuan dan anak-anak ke dalam pelecehan seksual selama dua dekade.

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. Kellypinkvilla.com

Para juri di persidangan enam minggunya di Brooklyn mendengar bagaimana dia memperdagangkan perempuan antara negara bagian AS yang berbeda, dibantu oleh manajer, penjaga keamanan, dan anggota rombongan lainnya.

Penyanyi tersebut secara terpisah menghadapi persidangan di Chicago atas gambar seks anak dan tuduhan menghalangi. Dia juga akan menghadapi tuduhan pelecehan seksual di Illinois dan Minnesota.

Kelly sendiri adalah korban pelecehan seks anak, dan merinci dalam otobiografinya bagaimana dia diperkosa oleh seorang anggota keluarga perempuan ketika dia berusia delapan tahun.

Sejarah dan kronologi kasus R. Kelly

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. KellyGettyImages

1994: Menikah dengan Aaliyah yang di bawah umur

Kelly, yang saat itu berusia 27 tahun, menikahi penyanyi berusia 15 tahun Aaliyah secara privat dan rahasia di Chicago. Majalah Vibe kemudian menemukan bahwa Aaliyah telah berbohong tentang usianya di akta pernikahan, dengan mencantumkan dirinya sebagai 18 tahun. Pernikahan itu akhirnya dibatalkan pada Februari 1995.

Seorang mantan manajer tur Kelly bersaksi di persidangannya bahwa dia menyuap seorang pegawai pemerintah pada tahun 1994 untuk mendapatkan ID palsu untuk Aaliyah agar penyanyi itu bisa menikah.

Selama sisa kariernya, Aaliyah menghindari pertanyaan tentang hubungannya. Kelly jarang berbicara tentang Aaliyah setelah Aaliyah meninggal dalam kecelakaan pesawat pada tahun 2001. Aaliyah juga tidak disebutkan dalam otobiografinya, di mana catatan penulis menjelaskan "episode tertentu tidak dapat dimasukkan karena alasan yang rumit".

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. Kellypinkvilla.com

1996: Digugat karena tekanan emosional

Tiffany Hawkins menggugat R. Kelly untuk "cedera pribadi dan tekanan emosional" yang dideritanya selama tiga tahun hubungan dengan bintang tersebut. Dalam dokumen pengadilan, dia mengatakan dia mulai berhubungan seks dengan Kelly pada tahun 1991, ketika dia berusia 15 tahun dan Kelly berusia 24 tahun, dan hubungan itu berakhir ketika dia berusia 18 tahun.

Menurut Chicago Sun Times, Hawkins meminta ganti rugi US$10 juta tetapi ia menerima sebagian kecil dari jumlah itu (US$250 ribu) ketika kasus itu diselesaikan pada tahun 1998. Juru bicara Kelly mengatakan dia "tidak tahu" tentang tuduhan itu.

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. KellyAP Photo/Nam Y. Huh, File

2001: Digugat oleh pekerja magang

Tracy Sampson menggugat R. Kelly, dengan tuduhan telah membujuknya "ke dalam hubungan seksual yang tidak senonoh" ketika dia berusia 17 tahun. Perempuan yang adalah mantan pekerja magang di Epic Records itu, mengatakan dia "diperlakukan sebagai objek seks pribadinya (R. Kelly) dan dibuang".

"Dia sering mencoba mengendalikan setiap aspek kehidupan saya termasuk siapa yang akan saya lihat dan ke mana saya akan pergi," katanya. Kasus ini diselesaikan di luar pengadilan dengan jumlah yang tidak diungkapkan, menurut New York Post.

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. Kellybillboard.com

April/Mei 2002: dua kasus pengadilan

Kelly digugat oleh Patrice Jones, seorang wanita Chicago yang mengklaim bahwa dia menghamilinya ketika dia masih di bawah umur, dan bahwa dia dipaksa untuk melakukan aborsi. Montina Woods juga menggugat Kelly, menuduh bahwa dia merekam mereka berhubungan seks tanpa sepengetahuannya.

Rekaman itu diduga diedarkan dalam "rekaman seks" yang dijual oleh pembuat minuman keras dengan judul R. Kelly Triple-X. Penyanyi itu menyelesaikan kedua kasus di luar pengadilan, membayar jumlah yang tidak diungkapkan sebagai imbalan atas perjanjian kerahasiaan.

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. KellyReuters

Juni 2002: Didakwa atas video pelecehan anak

Masih di tahun yang sama, Kelly kembali didakwa dengan 21 tuduhan membuat video pelecehan seksual anak yang melibatkan berbagai tindakan seksual. Polisi Chicago menuduhnya merekam tindakan tersebut dan membujuk anak di bawah umur untuk berpartisipasi di dalamnya. Semua tuduhan terkait dengan satu gadis, yang lahir pada September 1984.

Penangkapannya berasal dari sebuah video yang dikirim secara anonim ke Chicago Sun Times awal tahun ini. Mereka menyerahkannya ke polisi, yang memverifikasi keasliannya dengan bantuan ahli forensik FBI.

Kelly, yang memasang jaminan US$750 ribu, segera membantah tuduhan itu dalam sebuah wawancara dengan MTV dan kemudian mengaku tidak bersalah di pengadilan. Butuh waktu enam tahun bagi kasus untuk diadili.

Selama waktu itu Kelly merilis album Trapped In The Closet yang sangat sukses dan dinominasikan untuk Pictures Award oleh NAACP (National Association for the Advancement of Colored People), yang memicu kritik luas. Juri akhirnya menyimpulkan bahwa mereka tidak dapat membuktikan bahwa gadis dalam rekaman itu masih di bawah umur, dan Kelly dinyatakan tidak bersalah.

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. KellyReuters

2002-2004: penangkapan memicu tuntutan lebih lanjut

Kelly didakwa dengan 12 tuduhan lagi karena memproduksi gambar pelecehan seksual terhadap anak di Florida, di mana dia ditangkap di rumah liburannya. Tuduhan ini muncul setelah polisi menyita kamera selama penangkapan, yang diduga berisi gambar dia berhubungan seks dengan seorang gadis di bawah umur. Tuduhan itu dibatalkan ketika seorang hakim setuju dengan tim pembela Kelly bahwa polisi tidak memiliki cukup bukti untuk membenarkan penggeledahan.

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. KellyNuccio DiNuzzo/Getty Images file

2017: tuduhan "aliran sesat"

Laporan Buzzfeed yang panjang dan terperinci menuduh R. Kelly menjebak enam perempuan dalam "sekte" seks. Artikel tersebut menuduh bahwa Kelly merayu perempuan muda ketika mereka mendekatinya untuk meminta bantuan dengan karier musik mereka, sebelum mengambil kendali atas hidup mereka.

Hal itu termasuk mendikte, "apa yang mereka makan, bagaimana mereka berpakaian, ketika mereka mandi, ketika mereka tidur, dan bagaimana mereka terlibat dalam hubungan seksual yang dia rekam".

Kelly juga menyita ponsel para perempuan, kata laporan itu, kecuali kontak dengan teman dan keluarga. Tuduhan itu datang dari tiga mantan karyawan dan orang tua dari beberapa perempuan, yang mengatakan bahwa anak perempuan mereka telah menghilang.

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. KellyEPA

2017-2018: Para korban mendekati pers

Laporan Buzzfeed memicu tuduhan lebih lanjut. Jerhonda Pace melanggar perjanjian kerahasiaan untuk berbicara tentang berhubungan seks dengan Kelly saat dia masih di bawah umur. Perempuan lain, Kitti Jones, mengklaim bintang itu membuatnya kelaparan, memaksanya melakukan hubungan seksual dengan perempuan lain dan melecehkannya secara fisik. Pace akan terus bersaksi melawan Kelly di persidangan 2021.

Kitti bersama dengan anggota lain dari lingkaran dalam R. Kelly, juga berbicara dengan film dokumenter BBC Three pada Maret 2018. Seorang mantan teman dan kolaborator, Lovell Jones, mengatakan Kelly memintanya untuk mencari perempuan "yang tampak muda" di pesta-pesta, dan mengklaim bahwa "sudah menjadi rahasia umum" bahwa penyanyi itu lebih menyukai gadis-gadis muda.

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. KellyGettyImages

2018: #MuteRKelly, keberangkatan staf dan kasus pengadilan baru

Kampanye #MuteRKelly melobi label rekaman RCA untuk memutuskan hubungan dengan penyanyi tersebut. Mereka juga menargetkan promotor konser, penjual tiket, dan layanan streaming – termasuk Spotify, Apple Music, dan Pandora semuanya setuju untuk menurunkan lagu Kelly dari daftar putar mereka (keputusan yang kemudian dibatalkan).

Sekitar waktu yang sama, pengacara, humas dan asisten pribadi bintang tersebut semua berhenti - meskipun pengacara Linda Mensch mengatakan kepergiannya "tidak terkait dengan tuduhan yang berkaitan dengan kehidupan sosial Kelly".

Kelly terus tampil live meskipun ada protes di luar acaranya, dan dalam suatu rekaman filmnya ia mengatakan kampanye menentangnya "terlambat". "Hanya Tuhan yang bisa membungkamku," dia bernyanyi menantang di sebuah lagu berjudul I Admit. "Apakah saya harus masuk penjara atau kehilangan karier karena pendapat Anda?" katanya.

Sementara itu, Kelly juga digugat oleh mantan pasangannya yang mengatakan bahwa dia "sengaja" menginfeksinya dengan penyakit menular seksual.

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. KellyKAMIL KRZACZYNSKI/AFP VIA GETTY IMAGES

2019: film dokumenter baru mengarah ke dakwaan

Selama enam jam episode, film dokumenter Lifetime, Surviving R. Kelly menyajikan tampilan paling komprehensif pada tuduhan terhadap musisi. Dua minggu setelah program itu disiarkan, Kelly dijatuhkan oleh perusahaan rekamannya. Konser yang direncanakan di AS dan Selandia Baru dibatalkan.

Pada bulan Februari, pengacara selebriti, Michael Avenatti mengatakan dia telah memperoleh video yang menunjukkan Kelly berhubungan seks dengan seorang gadis 14 tahun. Beberapa minggu kemudian, Kelly didakwa di Chicago dengan 10 tuduhan pelecehan seksual kriminal yang parah. Dia mengaku tidak bersalah dan memberikan wawancara TV histrionik.

Jaksa kemudian mengajukan 11 dakwaan tambahan atas penyerangan seksual dan pelecehan terhadap anak di bawah umur antara 13 dan 16 tahun. Dokumen dakwaan menggambarkan seks dan seks oral dengan anak di bawah umur "dengan menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan". Pendakwa diketahui sebagai salah satu perempuan yang ditampilkan dalam Surviving R. Kelly, yang mengatakan dia bertemu penyanyi itu selama persidangan sebelumnya.

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. KellyE. Jason Wambsgans/Chicago Tribune via AP, Pool

Juli 2019: tuduhan perdagangan seks

Awal mula sex trafficking Kelly adalah pada Juli 2019. Ia kembali diserang dengan dua dakwaan federal yang terpisah di Illinois dan Brooklyn. Dua dakwaan atau tuduhan itu menggambarkan upaya terorganisir dari sang penyanyi dan rekan-rekannya untuk merekrut dan mengangkut gadis di bawah umur melewati batas negara untuk tujuan seksual ilegal, termasuk produksi gambar pelecehan seks anak, serta konspirasi untuk menghalangi keadilan dengan menghancurkan bukti dan menyuap atau mengancam saksi.

Pada 16 Juli 2019, seorang hakim federal memerintahkan Kelly ditahan tanpa jaminan setelah seorang jaksa memperingatkan bahwa dia akan menimbulkan bahaya ekstrem bagi gadis-gadis muda jika dibebaskan, mengutip dari USNews.

Bulan berikutnya, haksa di Minnesota mengajukan tuntutan prostitusi terhadap R. Kelly, yang berarti dia menghadapi kasus kriminal di tiga negara bagian AS. Dia dituduh oleh seorang remaja yang meminta tanda tangannya pada tahun 2001. Kelly diduga mengundang remaja berusia 17 tahun itu ke kamar hotelnya dan menawarkan $200 (£164) untuk membuka pakaian dan berdansa dengannya. Pengacara Kelly mengatakan tuduhan itu "sangat tidak masuk akal".

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. KellyPhoto by Antonio Perez - Pool via Getty Images

Agustus-September 2020: serangan di penjara

Menjelang akhir Agustus, Kelly yang sedang dalam penahanan diserang saat ia tidur oleh sesama narapidana di Pusat Pemasyarakatan Metropolitan Chicago. Pengacaranya meminta pembebasannya segera, dengan mengatakan "pemerintah tidak dapat memastikan keselamatannya". Namun, permintaan - bersama dengan berbagai upaya lain untuk membebaskan Kelly dengan jaminan - ditolak.

Agustus-September 2021: pengadilan dan vonis bersalah

Sidang Kelly atas dakwaan-dakwaannya dimulai pada 18 Agustus 2021 di New York. Pada 27 September, setelah dua hari musyawarah, juri memutuskan R. Kelly bersalah atas sembilan dakwaan.

Gloria Allred, seorang pengacara yang mewakili beberapa korban, mengatakan kepada wartawan: "Saya telah melakukan praktik hukum selama 47 tahun. Selama ini, saya telah mengejar banyak predator seksual yang telah melakukan kejahatan terhadap perempuan dan anak-anak. Dari semua pemangsa yang saya kejar, Tuan Kelly adalah yang terburuk."

Dihukum 30 tahun penjara, Ini Kronologi Kasus Sex Trafficking R. KellyAmr Alfiky/Associated Press

Juni 2022: Hukuman New York

Kelly dijatuhi hukuman 30 tahun penjara karena menggunakan status selebritasnya untuk melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak dan wanita. Hakim Distrik AS Ann Donnelly mengatakan penyanyi itu memiliki "ketidakpedulian terhadap penderitaan manusia" dan telah menggunakan seks sebagai senjata, memaksa korbannya untuk melakukan hal-hal yang tak terkatakan sambil membebani beberapa orang dengan penyakit menular seksual.

"Anda mengajari mereka bahwa cinta adalah perbudakan dan kekerasan," katanya. Pengacara Kelly mengatakan dia akan mengajukan banding.

Itulah tadi kronologi kasus R. Kelly sampai akhirnya divonis hukuman 30 tahun penjara. Semoga kasusnya bisa dapat selesai dan korban mendapat keadilan, ya, Bela.

Baca Juga: Begini Reaksi Netizen Soal 6 Tersangka Kasus Penistaan Agama Holywings

Baca Juga: Bintang 'The Flash', Ezra Miller Dipecat? Berikut Rentetan Kasusnya

Baca Juga: 5 Rentetan Imbas Kim Sae Ron Pasca Kasus DUI, SIM Bakal Dicabut