Pencipta salah satu anime terkenal Berserk, Kentaro Miura, dikabarkan meninggal sejak 6 Mei 2021 lalu. Kabar duka ini disampaikan pertama kali oleh bagian editorial Hakusensha. "Mangaka Kentaro Miura meninggal pada 6 Mei 2021 pukul 14:48 akibat diseksi aorta akut," tulis pengumuman di laman Hakusensa.

Kentaro Miura lahir pada 11 Juli 1966 di kota Chiba, Jepang. Di usia 10 tahun, ia membuat manga pertamanya yang berjudul Miuranger, yang diterbitkan untuk teman-teman sekelasnya di sebuah terbitan sekolah. Seri akhirnya mencakup 40 volume.

Deretan Karya Kentaro Miura, Mangaka Berserk yang Meninggal Duniaberserk.fandom.com

Pada tahun 1977, Miura membuat manga keduanya, Ken e no michi (剣 へ の 道, The Way to the Sword). Ketika dia di sekolah menengah pada tahun 1979, teknik menggambar Miura meningkat pesat saat dia mulai menggunakan teknik menggambar profesional.

Saat di sekolah menengah pada tahun 1982, Miura mendaftar di kurikulum artistik, di mana ia dan teman-teman sekelasnya mulai menerbitkan karya mereka di buku sekolah. Doujinshi pertamanya diterbitkan di sebuah majalah, dengan bantuan teman-temannya, pada tahun yang sama.

Ia secara resmi mengawali kariernya sebagai pengarang manga pada tahun 1985. Karya pertamanya adalah Futatabi. Baru kemudian dia merilis Berserk pada 1989, setelah selama satu tahun dia persiapkan dengan matang.

Dari Futatabi hingga Berserk series, berikut karya-karya ciptaan Kentaro Miura.

1. Futatabi (再び) (1985)

Deretan Karya Kentaro Miura, Mangaka Berserk yang Meninggal Duniamyanimelist.net

Futatabi adalah manga pertama yang dirilis Kentaro Miura. Manga tersebut dipublikasi di majalah Kodansha Weekly Shōnen Magazine. Ditulis dan diilustrasikan sendiri oleh Kentaro, manga ini bercerita tentang  Rick yang bertemu dengan penyusup aneh bernama Venus, yang mengaku berasal dari dunia lain. Rick beserta polisi pun berusaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

2. Berserk: The Prototype (1988)

Deretan Karya Kentaro Miura, Mangaka Berserk yang Meninggal Duniaberserk.fandom.com

Mangga One-shot ini diterbitkkan di Hakusensha Genka Comicomi. Manga berjumlah 48 halaman itu sempat menempati posisi kedua di 7Th ComiComi Manga School. Ceritanya tentang kehidupan Guts yang dikenal sebagai "Black Knight".

3. King of Wolves (王狼, Ō Rō) (1989)

Deretan Karya Kentaro Miura, Mangaka Berserk yang Meninggal Duniaamazon.com

Manga series ini dipublikasikan oleh Hakusensha Gekkan Animal House. Manga tersebut merupakan kolaborasi dari Kentaro sebagai ilustrator dan Buronson sebagai penulis ceritanya.

Berkisah tentang perjalanan hidup dua sejoli, Iba dan Kyoko. Saat hendak mempelajari Jalur Sutra Kuno, Iba menghilang, sang kekasih, Kyoko akhirnya mencarinya namun dalam perjalanan ia menemukan bahwa Iba tidak hanya hidup tetapi juga menjadi seorang prajurit-budak  di bawah pemerintahan Genghis Khan di Mongolia abad ke-13. Akhirnya, ketika Iba dan Kyoko bersatu kembali, mereka menemukan bahwa ada serangkaian takdir, yang lebih kejam dari yang telah mereka alami, telah menunggu mereka.

4. Berserk (ベルセルク, Beruseruku) (1989–2021)

Deretan Karya Kentaro Miura, Mangaka Berserk yang Meninggal Duniaberserk.fandom.com

Berbeda dari karya pertama yang hanya one-shot, kali ini Kentaro membuat manga Berserk berseri. Berserk berseri ini diterbitkan di Hakusensha Gekkan Animal House pada 1989 sampai 1992 dan di Young Animal pada tahun 1992–2021.

Memiliki jalan cerita yang sama namun sedikit berbeda dari karya pertamanya. Perbedaannya terletak di penampilan sang tokoh utama, kepribadian, hingga julukannya. Kesuksesan manga ini juga dibuat dalam sebuah seri acara televisi berjudul sama.

5. Ō Rōden (王狼伝) (1990)

Deretan Karya Kentaro Miura, Mangaka Berserk yang Meninggal Duniaanimeplanet.com

Masih di terbitkan di Hakusensha Gekkan Animal House, manga ini adalah series dari manga kolaborasi Kentaro dan Buronson, King of wolves.

6. Japan (ジャパン) (1992)

Deretan Karya Kentaro Miura, Mangaka Berserk yang Meninggal Duniawikipedia.com

Masih berkolaborasi dengan Buronson, Kentaro menerbitkan manga lainnya yang berjudul Japan pada 1992. Selanjutnya dilisensikan dalam bahasa Inggris oleh Dark Horse Comics dan dirilis pada tanggal 24 Agustus 2005.

Sinopsisnya berkisah tentang seorang yakuza, Katsuji Yashima, yang pergi ke Spanyol untuk mencari Yuka Katsuragi, seorang reporter cantik yang mencuri hatinya. Namun terjadi gempa bumi. Katsuji dan saudaranya, Yuka bersama dengan empat siswa sekolah menengah di Spanyol jatuh jauh di bawah tanah.

Saat terjebak di bawah permukaan, mereka bertemu dengan seorang perempuan tua misterius yang mengungkapkan kepada mereka ramalan, bahwa negara Jepang akan menemui kematian yang sama dengan kota Carthage yang pernah makmur. Katsuji dan yang lainnya menghina perempuan tua itu, yang kemudian mengirim mereka untuk melihat dunia masa depan dengan mata kepala mereka sendiri, masa depan yang penuh kesedihan dan kematian.

7. Giganto Maxia (ギガントマキア, Gigantomakia) (2013–2014)

Deretan Karya Kentaro Miura, Mangaka Berserk yang Meninggal Duniadarkhorse.com

Manga Jepang berseri ini murni ditulis dan diilustrasikan oleh Kentaro Miura. Manga ini dipublikasikan di majalah Young Animal dari November 2013 sampai Maret 2014. Berjumlah 6 bab dengan satu bab bonus. Versi bahasa Inggrisnya dirilis oleh Dark Horse Comics pada tanggal 3 Februari 2016.

Giganto Maxia adalah manga sci-fi fantasi yang berlatar seratus juta tahun ke depan. Kekaisaran Olympus menggunakan monster mutan kolosal untuk menghancurkan musuh-musuhnya. Hanya gladiator Delos, Prome mistik dan raksasa Gohra yang diharapkan untuk mencegah genosida!

8. Duranki (ドゥルアンキ) (2019–2021)

Deretan Karya Kentaro Miura, Mangaka Berserk yang Meninggal DuniaDuranki.fandom.com

Dipublikasikan di Hakusensha Young Animal Zero, Duranki adalah manga yang disusun dan diproduksi oleh Kentarou Miura dan dikembangkan oleh Studio Gaga. Ceritanya terinspirasi oleh mitos Yunani, Mesopotamia dan Sumeria, dengan pengaturan yang disamakan dengan Anatolia.

Karakter utama dalam manga ini adalah Usumgallu, seorang anak dengan kemampuan untuk "memikirkan hal-hal yang tidak diketahui" yang bukan dewa atau manusia, dan bukan laki-laki atau perempuan.

Deretan Karya Kentaro Miura, Mangaka Berserk yang Meninggal Duniaberbagai sumber

Itulah karya-karya Kentaro Miura, mangaka pencipta manga Berserk yang dikabarkan meninggal dunia.

Baca Juga: Bikin Kagum, Ilustrator Asal Indonesia Ini Ubah Potret Kamu Jadi Karakter Anime!

Baca Juga: Adaptasi Dari Komik Populer, Ini 6 Fakta Unik Film "Eggnoid"

Baca Juga: 11 KDrama yang Mungkin Kamu Belum Tahu Diadaptasi dari Webtoon