CV atau curriculum vitae adalah dokumen penting yang wajib kamu persiapkan untuk melamar kerja. Tentu kamu sudah tahu kalau dokumen ini yang akan jadi pertimbangan para rekruiters untuk menerima kamu di posisi yang kamu lamar. Bagi kamu yang baru lulus kuliah atau sekolah dan belum memiliki pengalaman, artikel contoh CV bagi fresh graduate lengkap cara membuatnya ini akan cocok buat kamu. Terus simak ulasannya, ya!

Pengertian CV

Hey, Fresh Graduate! 10 Contoh CV Ini Bantu Kamu Dilirik Rekruiterpexels.com/cottonbro

CV atau biasa disebut juga dengan daftar riwayat hidup adalah suatu dokumen yang memuat semua informasi untuk menggambarkan pengalaman akademis dan profesional kamu. CV berisikan informasi detail mengenai data diri seseorang seperti nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir, latar belakang pendidikan, hingga pengalaman kerja. Sederhanya, CV merupakan daftar riwayat hidup yang berisikan informasi diri. CV biasanya ditulis sebanyak satu lembar dan maksimal 2 lembar. Dokumen ini menjadi sebuah cermin bagi diri kamu yang dilihat oleh HRD atau rekruiter.

Tips membuat CV bagi fresh graduate

Hey, Fresh Graduate! 10 Contoh CV Ini Bantu Kamu Dilirik Rekruiterpexels.com/rodnaeproductions

Pengalaman memang menjadi bagian penting dalam CV yang akan membuatmu dilirik pihak perusahaan. Namun bila kamu fresh graduate dan belum memiliki banyak pengalaman kerja, tak perlu khawatir, masih banyak perusahaan yang menerima fresh graduate tanpa pengalaman kerja, asalkan kamu memenuhi standar yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan.

Kamu juga bisa mengganti pengalaman kerja dengan keterampilan yang kamu miliki, prestasi akademik, maupun non akademik yang pernah kamu raih selama kuliah. Tuliskan pengalaman organisasi, beasiswa yang pernah kamu dapatkan, serta kursus yang pernah kamu ikuti.

Cantumkan juga bukti-bukti prestasi, kursus dengan melampirkan sertifikat, surat penghargaan, dan sejenisnya. Pastikan informasi dan pencapaian yang akan kamu lampirkan relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Meski begitu, jangan cantumkan semuanya.

Simak tips berikut untuk menghasilkan CV yang menarik dan berkualitas:

1. Detail personal dan informasi kontak

Hal utama yang ada pada CV adalah informasi kontak dan data personal yang meliputi; nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon dan alamat e-mail. Kamu juga bisa mencantumkan akun-akun media sosialmu yang berkaitan dengan dunia profesional seperti Linkedin.

2. Pencapaian

Pastikan pencapaianmu selama bersekolah atau berkuliah juga dicantumkan, ya. Hal itu akan menjadi nilai tambah yang diperhitungkan. Pencapaian tersebut dapat berupa beasiswa, cumlaude, student exchange, double degree, kejuaraan pada tingkat terkecil maupun skala internasional, menjadi brand ambassador sebuah perusahaan, serta penghargaan lainnya.

3. Pendidikan

Hal penting lainnya adalah pendidikanmu. Pastikan untuk memasukkan nama lembaga atau universitas, jurusan, gelar, serta IPK terakhir kamu. Urutkan gelar berdasarkan jenjang pendidikan terbaru. Tidak perlu terlalu banyak jenjang pendidikan. Biasanya hanya pendidikan SMA dan Universitas.

4. Internship/ magang

Bagi lulusan universitas atau SMK pasti telah memiliki pengalaman magang. Keterangan itu dapat kamu tuliskan dalam CV-mu. Cantumkan posisi kamu saat magang, deskripsikan pekerjaan yang kamu lakukan, sertakan nama perusahaan, lokasi dan rentang waktunya.

5. Pengalaman relawan atau organisasi

Jika kamu tak memiliki pengalaman kerja, pengalaman sebagai relawan atau mengikuti organisasi bisa kamu cantumkan. Tulis posisi dan sumbangsih kamu dalam komunitas/organisasi tersebut beserta output-nya. Misal kamu menjadi panitia suatu acara, pengurus inti ekskul atau organisasi mahasiswa. Fresh graduate yang aktif di kegiatan sosial diasumsikan memiliki jiwa sosial yang tinggi, dapat diandalkan, kreatif, bertanggung jawab, mudah beradaptasi, serta dapat lebih bijaksana dalam menghadapi tiap permasalahan.

6. Kemampuan dan minat

Pada kategori ini, cantumkan kemampuanmu secara spesifik dan relevan sesuai dengan persyaratan dari posisi yang kamu lamar. Keterampilan tersebut dapat berupa keterampilan teknis, komputer, software dan bahasa. Minat atau hobimu juga bisa kamu cantumkan dengan gaya yang agak formal dan pastinya sesuai dengan pekerjaan.

Hal yang harus dihindari saat membuat CV

Hey, Fresh Graduate! 10 Contoh CV Ini Bantu Kamu Dilirik Rekruitercanva.com
  1. Karena CV adalah cerminan dirimu dan menjadi dokumen yang mempromosikan dirimu ke perusahaa,n maka hindari salah ketik atau typo, ya.
  2. Jangan bertele-tele dan dengan bahasa yang sulit dipahami. Sebaliknya, tuliskan dengan singkat dan mudah dipahami.
  3. Jangan tulis hal-hal bersifat pribadi dan tidak jujur. Tuliskan segala sesuatu yang sesuai dengan dirimu dan lampirkan buktinya.
  4. Membuat CV yang menarik tentu akan memiliki nilai tambah tapi jangan sampai CV tersebut jadi membuat pusing sang recruiter.
  5. Jangan membuat satu CV untuk semua pekerjaan. Pastikan kamu membuat CV yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.
  6. Pilih model huruf yang mudah dibaca di dalam CV dan tidak dalam bentuk yang aneh-aneh atau menimbulkan keambiguan.
  7. Jangan menyimpan file CV dengan nama yang aneh. melainkan dengan nama jelas.
  8. Jangan gunakan foto yang kurang sopan. Pastikan fotomu adalah foto terbaik yang memperlihatkan wajahmu dengan jelas, serta dengan ekspresi yang meyakinkan.

Contoh CV bagi fresh graduate 1

Hey, Fresh Graduate! 10 Contoh CV Ini Bantu Kamu Dilirik Rekruitercanva.com

Contoh CV bagi fresh graduate 2

Hey, Fresh Graduate! 10 Contoh CV Ini Bantu Kamu Dilirik Rekruitercanva.com

Contoh CV bagi fresh graduate 3

Hey, Fresh Graduate! 10 Contoh CV Ini Bantu Kamu Dilirik Rekruitercanva.com

Contoh CV bagi fresh graduate 4

Hey, Fresh Graduate! 10 Contoh CV Ini Bantu Kamu Dilirik Rekruiterstudent jobs

Contoh CV bagi fresh graduate 5

Hey, Fresh Graduate! 10 Contoh CV Ini Bantu Kamu Dilirik Rekruitercanva.com

Contoh CV bagi fresh graduate 6

Hey, Fresh Graduate! 10 Contoh CV Ini Bantu Kamu Dilirik Rekruiterstudent jobs

Contoh CV bagi fresh graduate 7

Hey, Fresh Graduate! 10 Contoh CV Ini Bantu Kamu Dilirik RekruiterFreepik.com

Contoh CV bagi fresh graduate lulusan SMA/SMK

Hey, Fresh Graduate! 10 Contoh CV Ini Bantu Kamu Dilirik RekruiterMamikos.com

Contoh CV dengan ditulis tangan

Hey, Fresh Graduate! 10 Contoh CV Ini Bantu Kamu Dilirik RekruiterBergaya.id