Akhir-akhir ini banyak perguruan tinggi Korea yang sudah mulai kembali menyelenggarakan festival dan mengundang berbagai artis untuk tampil di panggung mereka. Sebut saja Red Velvet, yang diketahui beberapa waktu lalu tampil di Festival Universitas Korea 2022 dan mendapat banyak pujian.

Warganet pun akhirnya mendiskusikan tentang bayaran untuk para artis yang tampil di festival perguruan tinggi. Mereka berbagi dugaan biaya yang perlu dikeluarkan untuk memboyong aespa, Red Velvet, AKMU, rapper Be'O dan JUTHIS, dan Psy untuk tampil di festival kampus.

Kira-kira berapa, ya, biayanya? Berikut perkiraannya.

Aespa jadi artis termahal

Berapa Bayaran Artis Korea Tampil di Festival Kampus? Ini Rumornya!twitter.com-aespainaunion

Pada tanggal 30 Mei, sebuah unggahan mendarat di halaman trending salah satu komunitas online terbesar di Korea karena berbagi biaya untuk artis tertentu untuk tampil di festival universitas.

Menurut poster aslinya, aespa adalah artis termahal yang diundang dengan harga 50 juta KRW (sekitar $40.447 USD atau Rp587,4 juta). Berikutnya Red Velvet dan AKMU dengan harga 40 juta KRW (Rp469,9 juta), diikuti oleh rapper Be'O dan JUTHIS dengan harga 30 juta KRW (Rp352,4 juta). Dia juga mengatakan Psy secara mengejutkan tidak mahal untuk diundang dengan biaya 15 juta KRW (Rp176,2 juta).

Biaya tak banyak berubah dengan sebelum pandemi

Berapa Bayaran Artis Korea Tampil di Festival Kampus? Ini Rumornya!kpopping.com

Meski kenaikan harga merambah banyak sektor, namun biaya untuk membawa para artis tampil di festival kampus tidak banyak berubah. Untuk menunjukkan bahwa industri pertunjukan belum mengering dan demi budaya pertunjukan yang bangkit kembali, mereka tidak menaikkan harga.

Biaya casting untuk festival perguruan tinggi bervariasi tergantung pada jumlah anggota dan pengakuan mereka. Menurut News 1, girl group A, yang memiliki tarian khas yang memimpin tren, meminta sekitar 50 juta won.

Berapa Bayaran Artis Korea Tampil di Festival Kampus? Ini Rumornya!hellokpop.com

Ini adalah salah satu pengeluaran paling mahal untuk acara kuliah. Selain itu, band B terbaik, yang sangat terkenal, menerima sekitar 40 juta won untuk setiap acara. Selain itu, penyanyi hip-hop C, yang memiliki banyak lagu hit dan dikenal karena penampilan mereka yang penuh semangat, membutuhkan biaya acara sebesar 30 juta won.

Sebagian besar idola yang relatif populer membutuhkan sekitar 15 juta won untuk tampil di acara universitas. Penyanyi D, yang merupakan pendatang baru tetapi sudah memiliki beberapa lagu hit, membutuhkan 10 juta won. Sementara penyanyi E, yang memiliki cukup banyak lagu populer tetapi agak kurang terkenal di publik, masing-masing membutuhkan sekitar 4 juta won untuk acara tersebut.

Biaya mengejutkan untuk undang Psy dan alasannya

Berapa Bayaran Artis Korea Tampil di Festival Kampus? Ini Rumornya!world.time.com

Biaya untuk mengundang Psy tampil di festival kampus lebih rendah dari A, B, atau C karena dia bersikeras festival kampus harus dinikmati oleh semua orang. Penyanyi yang dikenal sebagai "Godfather" dari industri pertunjukan ini, menarik perhatian karena ia meminta bayaran yang lebih murah dibandingkan dengan pengakuan dan reputasinya.

Psy dianggap sebagai salah satu penampil terbaik di dunia serta pengakuan global yang baik, tetapi biaya penampilannya di acara festival perguruan tinggi lebih rendah daripada penyanyi/tim A, B, dan C, dan ini semua karena dengan keinginan Psy sendiri.

“Ketika datang ke festival universitas, Psy ingin orang-orang menikmatinya bersama, jadi dia meminta harga yang relatif rendah untuk tampil di acara seperti itu,” kata orang dalam dari perusahaan kepada News 1. “Karena pandemi, festival universitas akan kembali untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama. Karena itu, ia menerima biaya acara yang rendah dengan keinginan untuk bermain dengan penuh semangat dengan para siswa,” tambahnya.

Ini kata para K-Netz

Berapa Bayaran Artis Korea Tampil di Festival Kampus? Ini Rumornya!blog.trazy.com

Unggahan tersebut mendorong banyak warganet Korea untuk membagikan pendapat mereka di komentar. Beberapa di antaranya:

"lol lalu aespa lip-sync setelah dibayar 50 juta KRW"

"Saya pikir Psy menurunkan tarifnya karena dia baru saja merilis album baru dan dia sendiri menyukai festival."

"Omg, Psy hanya sukarelawan pada tingkat itu lol Dia membawa semua penari, manajer, dan staf yang membutuhkan banyak kendaraan. Dengan biaya untuk kostum, rambut, dan rias wajah, dia benar-benar menyumbangkan waktunya."

"Pada titik ini mengapa menghabiskan uang sebanyak itu untuk mengundang girl grup lol Apa perbedaan antara mereka dan penari jika mereka tidak bernyanyi secara langsung."

"Kurasa Psy sangat menyukai festival lol"

Itulah rumor atau spekulasi bayaran artis Korea untuk tampil di acara festival kampus. Ada yang pernah melihat pertunjukkan mereka, Bela?

Baca Juga: 10 Aktris Bollywood dengan Bayaran Termahal, Ada Idola Kamu?

Baca Juga: Raih Rp236 Miliar, 10 Idol K-Pop dengan Bayaran YouTube Tertinggi 2021

Baca Juga: 7 Bintang KDrama dengan Bayaran Termahal 2021, Kim Soo Hyun Teratas!