Industri hiburan Hollywood merupakan salah satu industri terkemuka dunia yang kerap dijadikan tanda kesuksesan karena dianggap sudah “go international”. Hal ini karena industri hiburan Amerika ini memiliki pasar yang luas tak hanya di negara barat, tapi juga di di seluruh dunia.

Mengutip dari Britannica, sejarawan California, Kevin Starr, mengatakan bahwa Hollywood bukan hanya kota dan industri, tetapi juga pencipta mimpi dan fantasi yang memiliki dampak budaya yang luar biasa. Mereka memiliki pasar luar negeri yang besar dan berdampak pada orang-orang di hampir setiap sudut dunia.

Bangga, 10 Aktor Indonesia ini Berperan dalam Perfilman Hollywoodthehollywoodroosevelt.com

Para aktor dan aktris yang pernah bermain di industri perfilman Hollywood dianggap sangat keren, sukses, bahkan membanggakan. Tentu ini karena industri perfilman Hollywood tidak sembarang melakukan casting para pemainnya, sekaligus bisa memecatnya kapan saja. Mereka juga tak segan mengeluarkan banyak dana untuk membuat karya yang luar biasa, sehingga terlibat di industri Hollywood adalah kompetisi yang kejam sekaligus mampu menoreh legitimasi.

Boleh berbangga, Indonesia juga punya beberapa aktor dan aktrisnya yang bermain di film-film Hollywood, lho. Tak hanya sekali, beberapa aktor pernah bermain dalam beberapa film Hollywood terkenal. Mungkin kamu sudah tahu salah satunya. Yuk, kita lihat 10 aktor dan aktris Indonesia yang pernah bermain dalam film Hollywood.

1. Joe Taslim

https://www.youtube.com/embed/NYH2sLid0Zc

Nama satu ini tak mungkin tak masuk dalam daftar. Mengawali karier akting sejak 2008, Namanya melambung sejak membintangi The Raid: Redemption di tahun 2010, yang berhasil populer di Asia.

Semakin sukses, Joe berhasil masuk dalam ranah perfilman Hollywood dalam serial hits, Fast and Furious 6 tahun 2013. Ia kembali membintangi film Hollywood Star Trek Beyond (2016) dan yang belum lama ini, Mortal Kombat (2021).

2. Iko Uwais

https://www.youtube.com/embed/jSEY-y5ZByw

Aktor bela diri satu ini juga tak boleh tertinggal dalam daftar. Prestasi yang dicetaknya dalam film Merantau telah membuat namanya semain meroket dalam industri film internasional. Ia bersama sutradara Gareth Evans, membuat film laga The Raid menjadi loncatan terbesar dalam karier film Iko.

The Raid tak hanya berbuah manis bagi Joe Taslim tapi juga bagi Iko Uwais, Iko debut film Hollywood sebagai cameo dalam film Man of Tai Chi (2013) dan beradu akting dengan Keanu Reeves. Selang dua tahun ia kembali menjadi cameo dalam film hits Star Wars: The Force Awakens (2015).

Setelah dua kali menjadi cameo, ia akhirnya menjadi pemeran utama dalam dua film Hollywood, Beyond Skyline (2017) dan Mile 22 (2018), hingga yang terbaru, Snake Eyes (2021).

3. Yayan Ruhian

https://www.youtube.com/embed/P_F0c32NxfY

Yayan Ruhian juga seorang aktor bela diri silat. Yayan turut membanggakan Indonesia saat masuk dalam perfilman Hollywood bersama Iko Uwais dan Cecep Arif Rahman sebagai cameo dalam film Star Wars: The Force Awakens (2015).

Ia juga kembali membintangi film Hollywood bersama Iko Uwais dalam film aksi fiksi ilmiah, Beyond Skyline (2017). Lalu berlanjut dalam sekuelnya yang berjudul Skyline pada tahun 2020. Namun yang paling membanggakan, ketika ia adu bela diri dengan Keanu Reeves dalam Ifilm neo noir Amerika, John Wick: Chapter 3-Parabellum (2019), bahkan mendapatkan dialog.

4. Cinta Laura

https://www.youtube.com/embed/4kwlqiJqALc

Aktris Indonesia-German ini, kini berkarier di Amerika. Cinta Laura di dekade awal 2000an sangat terkenal di Indonesia dalam beberapa sinetronnya serta lagunya. Tak hanya membanggakan Indonesia karena menjadi contoh baik bagi anak-anak muda dalam menggapai pendidikan tinggi, Cinta juga membanggakan Indonesia karena berhasil masuk dalam perfilman Hollywood.

Nama Cinta Laura tercatat dalam 4 film Hollywood, yaitu The Ninth Passenger (2017), T.A.R (2017), Resident Evil Vendetta (2017), dan Gotham City Sirens (2018).

5. Cecep Arif Rahman

https://www.youtube.com/embed/x34YTRaibao

Sukses di film The Raid 2 bersama Iko Uwais, dan Yayan Ruhian, Cecep Arif Rahman juga debut Hollywood dalam film Star Wars: The Force Awakens (2015) dan John Wick: Chapter 3-Parabellum (2019) sebagai partner Yayan.

6. Christine Hakim

https://www.youtube.com/embed/fJV0KtMZ7x8

Bernama asli Herlina Christine Natalia Hakim, aktris Indonesia satu ini juga merangkap sebagai produser. Ia sangat disegani di dalam maupun luar negeri. Pada tahun 2002 lalu, Christine Hakim ditunjuk menjadi juri Festival Film Cannes, bersama dengan David Lynch, Sharon Stone dan Michelle Yeoh.

Ia juga pernah membintangi film Hollywood, Eat Pray Love (2010) bersama Julia Roberts yang berperan sebagai penjual jamu asal Bali bernama Wayan.

7. Ray Sahetapy

https://www.youtube.com/embed/R0dJsh0CuNw

Aktor senior satu ini sering dikenal dengan peran antagonisnya dalam beberapa sinetron. Tapi Ray Sahetapy sendiri juga dikenal sebagai salah satu aktor paling populer dan disegani di generasinya. Ia sering memerankan pria kompleks dengan nuansa dan kedalaman karakter.

Aktingnya yang luar biasa itu juga membawanya dilirik oleh salah satu studio film populer Hollywood, Marvel. Ia sempat mendapatkan peran untuk film Marvel, Captain America: Civil Wars (2016).

8. Ario Bayu

https://www.youtube.com/embed/lQHMTMJsqQA

Aktor kelahiran 6 Februari 1985 juga masuk dalam daftar karena perannya dalam film Hollywood Java Heat (2013) sebagai Hashim. Di film ini ia berperan sebagai detektif dari kesatuan Densus 88 dan beradu akting dengan Kellan Lutz, Mickey Rourke dan Atiqah Hasiholan. Film Amerika-Indonesia ini juga sekaligus memperkenalkan keindahan kota Yogyakarta.

9. Atiqah Hasiholan

https://www.youtube.com/embed/YTeqwRrNFpE

Bersama dengan Ario Bayu, Atiqah Hasioholan juga menjadi salah satu pemeran utama film Java Heat. Dalam film ini, ia berperan sebagai Sultana, seorang putri keraton yang cantik memesona serta populer.

Film terbaru Hollywood selanjutnya yang dibintangi Atiqah adalah Edge of the World. Film ini merupakan film drama petualangan tahun 2021 yang disutradarai oleh Michael Haussman. Bercerita tentang petualangan seorang tentara Inggris yang melakukan perjalanan hingga ke Kalimantan, James Brooke. Kisahnya menjadi inspirasi Rudyard Kipling The Man Who Would Be King, dan novel Joseph Conrad Lord Jim.

10. Yoshi Sudarso

https://www.youtube.com/embed/t-5UJ3HPPvQ

Yoshi Sudarso yang terlahir dengan nama Yoshua Sudarso ini merupakan aktor Amerika-Indonesia yang berkebangsaan Amerika. Meski begitu, Yoshi sendiri lahir di Jakarta, Indonesia dari orangtua asal Indonesia keturunan Tionghoa.

Yoshi memulai kariernya dengan bekerja sebagai stuntman untuk film layar lebar dan acara televisi seperti The Maze Runner, Agents of S.H.I.E.L.D., Alita: Battle Angel. Ia tampil dalam berbagai film pendek serta serial luar negeri.

Namanya mungkin kurang dikenal di Indonesia hingga akhirnya dikenal sebagai salah satu Rangers biru dalam series populer Power Rangers. Ia kini juga aktif dalam perfilman Indonesia, seperti dalam film Buffalo Boys, Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga, serta Serigala Langit.

Itulah 10 aktor dan aktris Indonesia yang bermain dalam film Hollywood. Ada beberapa lainnya yang juga mulai dilirik, lho, seperti Julie Estelle yang juga sudah bergabung dengan agensi besar ICM Partners.

Yuk, kita dukung dan nantikan aktor dan aktris Indonesia berbakat lainnya untuk bisa menembus perfilman Hollywood lagi.

Baca Juga: 8 Artis Hollywood yang Totalitas Memerankan Karakter Beda Gender

Baca Juga: Nggak Hanya Akting, Iko Uwais Dibuat Lebih Sibuk dalam Film Hollywood yang Ia Bintangi

Baca Juga: Pernah Tak Bisa Bayar Listrik, Ini Kekayaan Joe Taslim Sekarang