5 Fakta Kabar YouTuber Cilik Korea Boram yang ‘Menghilang’

Diduga dianiaya dan dieksploitasi orang tuanya

5 Fakta Kabar YouTuber Cilik Korea Boram yang ‘Menghilang’

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Warganet internasional sedang ramai membicarakan YouTuber cilik asal Korea Selatan, Boram. Memiliki channel YouTube bernama Boram Tube, gadis kecil ini banyak mengunggah vlog-nya sedang bermain, hingga review mainan baru.

Namun, saluran khusus anak yang sudah mencapai jutaan subscribers dan ratusan juta views itu terlihat sudah tidak aktif lagi sejak 2 tahun lalu dan kini ramai di TikTok. Beragam spekulasi muncul dan bahkan Boram dikabarkan meninggal walau belum ada yang mengonfirmasi secara pasti kabar tersebut.

Namun, berdasarkan pantauan Popbela, melihat dari saluran YouTube Boram yang verified, Boram Tube ToysReview, saluran tersebut masih aktif dan mengunggah video terakhir 2 hari lalu. Sedangkan kanal YouTube satu lainnya, Boram Tube Vlog, memang sudah tidak aktif sejak 2 tahun lalu.

Lantas bagaimana sebenarnya kasus YouTuber cilik Boram yang viral itu? Berikut fakta-fakta yang Popbela rangkum.

1. YouTuber cilik berusia 9 Tahun

Anak perempuan pemilik kanal Boram Tube itu diketahui lahir pada 1 Februari 2013 yang kini berusia 9 tahun. Boram dikenal sebagai YouTuber cilik sukses asal Gangnam, Seoul, Korea Selatan. World of Buzz melaporkan, dua channel milik Boram memiliki keuntungan pasar paling besar di antara banyak YouTuber Korea yang terdaftar di Social Blade.

Kontennya berawal dari video dirinya sedang bermain yang direkam oleh orang tuanya. Awalnya konten tersebut terlihat natural dan hanya vlog biasa, setelah semakin populer, kontennya mulai berubah menjadi ter-setting dan difokuskan pada konten ramah anak.

2. Sukses Membangun Kanal YouTube

Jika kita cari di YouTube, Boram Tube, kita akan menemukan beragam saluran dengan nama sama dan beragam versi. Kanal Youtube Boram Tube saat ini menyembunyikan jumlah subscriber-nya, tapi diyakini sudah mencapai jutaan subscribers.

Menurut data dari The Korea Times pada tahun 2019, kanalnya yakni Boram Tube ToysReview ketika itu telah mempunyai lebih dari 30 juta subscriber. Dikabarkan, Boram bisa meraup penghasilan dari kanalnya secara akumulatif mencapai US$3,1 juta atau setara Rp43 miliar per bulan.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here