Tidak lengkap rasanya menikmati musik tanpa video musik. Apalagi untuk para fandom-fandom K-pop di seluruh dunia. Salah satu upaya yang bisa dilakukan para penggemar untuk mendukung pada idolnya yaitu dengan melakukan streaming music video (MV).

Sehingga, sebisa mungkin industri musik Korea berbondong-bondong memproduksi video musik sebagai penunjang penampilan para idol. Pembuatan klip juga digarap dengan sangat serius dan sesempurna mungkin. Namun, pekerjaan tersebut juga dilakukan manusia yang tak luput dari kesalahan, sehingga ada beberapa kesalahan kecil yang ternyata ada di dalam musik video para idol K-pop berikut ini.

Kebanyakan kesalahan yang dilakukan oleh tim editing tidak terlalu terlihat dan tidak mengganggu visual dari MV tersebut. Kali ini Popbela akan rangkumkan 9 kesalahan kecil yang masuk ke dalam video musik K-pop terkenal. Daripada penasaran, simak terus artikelnya, ya!

1. Ada 2 Siwon dalam satu frame

Harus Jeli! 9 Kesalahan Kecil Pada MV K-Pop Ini Luput Dari Perhatianmuyoutube.com/SMTOWN

Kesalahan pertama terdapat di salah satu MV Super Junior berjudul "Mr. Simple". Pada pembukaan klipyang tayang pada 4 Agustus 2011 ini, ada adegan para anggota yang muncul silih berganti, namun entah memang karena konsep atau kesalahan pada menit ke 0:29 sosok pentolan boyband grup Super Junior, Siwon menjadi dua dalam satu frame.

2. Kesalahan penulisan dalam MV Girl's Generation

Harus Jeli! 9 Kesalahan Kecil Pada MV K-Pop Ini Luput Dari Perhatianmudok.Internet

Mengutip dari Koreaboo, sebuah kesalahan penulisan terjadi di MV girlband SNSD berjudul "Lion Heart". Kesalahan muncul pada saat maskot singa yang menyerupai maskot di opening Metro Goldwyn Mayer (MG) bertuliskan Gilrs' Generation, bukan Girls' Generation. Namun, setelah tim Popbela telusuri, penulisan di MV yang tayang di YouTube SMTOWN ini tidak memiliki kesalahan. 

3. Ada anggota IZ*ONE yang bocor di MV

Harus Jeli! 9 Kesalahan Kecil Pada MV K-Pop Ini Luput Dari Perhatianmukoreaboo.com

Kesalahan kecil selanjutnya yang tertangkap kamera kini berasal dari salah satu MV IZO*NE berjudul "Secret Story of the Swan". Kesalahan kecil itu terjadi ketika Yena, Eunbi, Chaeyeon, Sakura, dan Chaewon menyelesaikan pertunjukan dance di tengah panggung, Wonyoung dan Yujin terlihat stand-by di sudut kiri layar sebelum memasuki frame. Kesalahan ini hanya terlihat sepersekian detik di MV.

4. Cupcake yang digenggam Sana berubah warna

Harus Jeli! 9 Kesalahan Kecil Pada MV K-Pop Ini Luput Dari Perhatianmuyoutube.com/JYPEntertainment

Pada klip TWICE berjudul "Fancy" juga terdapat kesalahan kecil. Kesalahan ini juga tidak terlalu berpengaruh, namun tetap memerikan kesan aneh bagi mereka yang memerhatikan. Kesalahan terjadi ketika adegan Sana memegang sebuah cupcake. Di menit awal, cupcake berwarna merah muda, lalu seketika berubah menjadi kuning di menit berikutnya dan berubah menjadi warna merah. Kamu bisa lihat di menit 0:46 - 0:51.

5. Es krimnya sudah digigit atau belum?

Harus Jeli! 9 Kesalahan Kecil Pada MV K-Pop Ini Luput Dari Perhatianmuoutube.com/AKMU

Nah, kalau di klip kali ini mungkin banyak juga yang tidak menyadari. Dalam video musik AKMU berjudul "200%", ada adegan Le Su-hyung bersama seorang laki-laki bercengrama sambil memegang es krim, tampak Le Su-hyung memakan ujung es krim miliknya, tapi ketika kamera pindah ke posisi lain, es krim yang genggamnya masih utuh belum tergigit. 

6. Warna baju Jennie BLACKPINK yang tiba-tiba berubah

Harus Jeli! 9 Kesalahan Kecil Pada MV K-Pop Ini Luput Dari Perhatianmuyoutube.com/BLACPINK

Kejadian perubahan warna juga terjadi di salah satu MV BLACKPINK. Perubahan warna yang cukup mencolok terjadi di MV berjudul "Kill This Love". Kali ini perubahan terjadi di celana yang digunakan Jennie. Menit awal Jennie menggunakan celana hitam, menit selanjutnya berubah menjadi putih. 

7. Jessica Girl's Generation lupa koreografi

Harus Jeli! 9 Kesalahan Kecil Pada MV K-Pop Ini Luput Dari Perhatianmuyoutube.com/SMTOWN

Sebenarnya kesalahan lupa koreografi banyak ditemukan di beberapa MV girlband maupun boyband, namun kali ini datang dari salah satu girlband legendaris, SNSD. Pada MV "Visual Dream", sepertinya Jessica membuat kesalahan koreografi. Jessica yang seharusnya berputar ke kanan, malah berputar ke kiri. 

8. Dahyun TWICE berteleportasi

Harus Jeli! 9 Kesalahan Kecil Pada MV K-Pop Ini Luput Dari Perhatianmuyoutube.com/JYPEntertainment

Kesalahan selanjutnya berasal dari girlband TWICE dalam video klip "Dance The Night Away". Ada sebuah scene di mana para anggota sedang bermain voli pantai, tentunya anggota dibagi menjadi dua tim, tim kanan dan kiri. Namun, kesalahan terekam ketika Dahyun seakan melakukan teleportasi, pindah dari tim kanan ke tim kiri. 

9. Zombie abu-abu memiliki perut berwarna normal

Harus Jeli! 9 Kesalahan Kecil Pada MV K-Pop Ini Luput Dari Perhatianmuyoutube.com/c/JYPEntertainment

Kesalahan ini sepertinya menimbulkan gelak tawa, Bela. Dalam video musik TWICE yang berjudul "Like Ooh-Ahh" ini memang mengambil konsep serangan mayat hidup. Mayat hidup di dalam klip tersebut didandani sedemikian rupa dengan wajah abu-abu dengan mata putih. Lucunya, ketika adegan seorang penari yang berdandan layaknya zombie melakukan gerakan break dance, sehingga baju pada bagian perutnya tersibak. Secara tidak sengaja warna perut yang tidak dirias dari penari tersebut tersorot. 

Nah, itu 9 kesalahan kecil yang masuk ke dalam video musik K-pop. Memang diperlukan kejelian untuk mencari kesalahan-kesalahan tersebut, namun tetap saja menghibur. Apakah pernah menemukan kesalahan di MV K-pop kesayanganmu?

Baca Juga: Menduduki Posisi Visual, Begini Potret Idol Kpop Saat Sekolah 

Baca Juga: 8 Idol Kpop yang Dijuluki Father Material, Dekat dengan Anak-anak

Baca Juga: Nayeon TWICE Pakai Outfit dari Handuk Louis Vuitton di MV 'POP!'