Melamar kerja saat masih aktif menjadi karyawan di sebuah perusahaan rasanya hampir sama dengan menjadi seorang agen rahasia yang sedang menjalankan misi tersembunyi. Kamu mengawasi keadaan sekitar sebelum membuka situs lowongan kerja dan memastikan bahwa kamu menggunakan email pribadi untuk mengirim CV. Apalagi saat menerima panggilan untuk wawancara, kamu harus keluar ruangan dan bicara dengan suara sepelan mungkin. Lalu, bagaimana caranya supaya kamu bisa menghadiri wawancara besok? Psst, sebelum bos datang dan tahu kamu sedang baca artikel ini, yuk intip dulu triknya!

1. Mintalah waktu khusus

5 Trik Hadiri Wawancara Kerja di Kantor Lain Tanpa Dicurigai Boswww.knoxnews.com

Kamu bisa meminta waktu khusus kepada orang yang menghubungimu untuk wawancara. Tidak jarang perekrut khususnya dari perusahaan startup yang bersedia untuk wawancara di luar jam kantor bahkan di tempat umum sehingga kamu masih bisa masuk kerja seperti biasa. Cara ini menunjukkan kepada perekrut bahwa kamu punya etos kerja yang baik.

2. Jangan beri tahu teman

5 Trik Hadiri Wawancara Kerja di Kantor Lain Tanpa Dicurigai Boswww.imdb.com

Kadang kamu berpikir bahwa dengan memberitahu teman, kamu akan dilindungi saat atasan menanyakan keberadaanmu. Namun teman bisa menjadi lawan terutama di lingkungan kerja, sehingga kamu sebaiknya tidak memberitahu mereka.

3. Berpakaian mencolok

5 Trik Hadiri Wawancara Kerja di Kantor Lain Tanpa Dicurigai Boswww.etcanada.com

Kalau lingkungan kerjamu terbiasa dengan pakaian santai, lebih baik kamu tidak tampil berbeda dengan berpakaian formal. Kamu bisa menyimpan pakaian untuk wawancara dalam tas dan menyempatkan diri untuk berganti pakaian di luar kantormu.

4. Manfaatkan waktu sebaik mungkin

5 Trik Hadiri Wawancara Kerja di Kantor Lain Tanpa Dicurigai Bosshanessaunders.wordpress.com

Bagi kamu yang bekerja dengan jam kerja yang fleksibel, kamu bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin di kantor untuk segera menyelesaikan tugas dan menggunakan waktu yang tersisa untuk pergi wawancara. Kalau kamu bisa mengambil cuti satu hari, manfaatkan hari tersebut untuk melakukan wawancara di dua tempat yang berbeda.

5. Berikan alasan sederhana

5 Trik Hadiri Wawancara Kerja di Kantor Lain Tanpa Dicurigai Boswww.justjared.com

Kalau kamu terpaksa izin kepada atasan, berikan alasan yang tidak mengundang pertanyaan lebih lanjut seperti sakit, kabar duka dari keluarga, bangun kesiangan atau ban mobil yang kempes. Alasan seperti ada pertemuan memang paling banyak digunakan dan cukup efektif. Jika sempat, gunakan sisa hari untuk mengerjakan tugas kantor dari rumah.

Di samping kelima trik yang bisa kamu tiru di atas, kamu juga perlu fokus terhadap potensi yang dimiliki oleh perusahaan dan pekerjaan barumu ini. Berikan yang terbaik saat wawancara, maka apa pun hasil yang kamu dapatkan tidak membuatmu patah semangat. Good luck!

 

BACA JUGA: Kebanyakan Orang Habiskan 70 Persen Penghasilan Mereka untuk 3 Hal Ini!