Sebagai perempuan muda yang independen, kamu pasti menyadari bahwa kebutuhan akan selalu meningkat seiring berjalannya waktu. Dengan penghasilanmu yang segini-segini saja, kamu jadi gelisah juga. Apakah kamu akan mampu meningkatkan keuangan dan kualitas hidupmu? Maka, sebaiknya kita juga berpikir selangkah lebih maju. Hanya karena sebagian besar pemegang saham dan investor berusia lebih tua, bukan berarti kamu belum bisa berinvestasi. Bahkan dengan gaji karyawan baru, kamu bisa menyiasatinya agar bisa dialihkan sebagai investasi. Nih, Popbela beberkan daftar investasi yang cocok untuk anak muda seperti kamu.

Anak Muda Sudah Berinvestasi? Bisa Kok dengan 5 Cara Mudah Ini, Tak Perlu Menunda-nunda Lagipopbela.com

Jika kamu belum punya tabungan atau penghasilan yang cukup banyak, kamu bisa mencoba jenis investasi yang satu ini. Untuk memulainya, kamu cukup memiliki uang kurang lebih seratus ribu rupiah saja! Bayangkan, hanya dengan sedikit mengurangi budget belanja makeup dan nongkrong, kamu sudah bisa menjadi investor. 

Anak Muda Sudah Berinvestasi? Bisa Kok dengan 5 Cara Mudah Ini, Tak Perlu Menunda-nunda Lagipopbela.com

Setingkat lebih berisiko dari reksadana, investasi saham menjanjikan dua keuntungan yang disebut capital gain yaitu keuntungan dari selisih penjualan dan pembelian saham serta deviden, keuntungan tidak langsung baik dalam bentuk tunai atau peningkatan kepemilikan saham saat perusahaan mencapai jangka waktu tertentu. Kamu juga berhak hadir di acara perkumpulan pemilik saham pada perusahaan di mana kamu berinvestasi.

Anak Muda Sudah Berinvestasi? Bisa Kok dengan 5 Cara Mudah Ini, Tak Perlu Menunda-nunda Lagipobela.com

Meski tergolong aman, kamu harus terus mengikuti perkembangan pasar dan harga emas. Setiap tahunnya harga emas relatif naik dan lebih menguntungkan lagi bila kamu melakukan investasi jangka panjang. Sampai sekarang, emas dalam bentuk batangan masih menjadi favorit para pembeli. 

Anak Muda Sudah Berinvestasi? Bisa Kok dengan 5 Cara Mudah Ini, Tak Perlu Menunda-nunda Lagipopbela.com

Akrab dengan iklan properti dengan kata-kata “Hari Senin harga naik”? Iya, Bela, sebegitu pesatnya pertumbuhan harga jika kamu ‘bermain’ dalam bidang ini karena semakin banyak orang yang membutuhkan hunian di wilayah yang semakin sempit. Walau modal yang harus kamu keluarkan cukup besar setiap bulannya karena cicilan KPR, kamu bisa bernapas lega sambil menyambut kestabilan finansial di masa depanmu. 

Anak Muda Sudah Berinvestasi? Bisa Kok dengan 5 Cara Mudah Ini, Tak Perlu Menunda-nunda Lagipopbela.com

Memang tidak banyak orang yang memandang hal ini sebagai sebuah investasi. Namun, jika kamu jeli dalam melihat peluang, berpikir kreatif, serta terus berinovasi, apa pun bidang bisnis yang kamu tekuni akan berbuah manis. Transportasi berbasis online, situs jual beli, hingga biro jodoh online hanyalah segelintir bukti bahwa kreativitas yang asli merupakan investasi yang tak ternilai. Sebaliknya, akan banyak investor yang tartarik padamu.

Mulai sekarang, tidak perlu menunggu tua untuk berinvestasi ya, Bela. Hal baik yang kamu lakukan di masa muda pasti akan bermanfaat di masa yang akan datang. Semangat!