Untuk meminimalkan penyebaran virus COVID-19, pemerintah menganjurkan kamu untuk melakukan gerakkan Working from Home (WFH). Artinya, kegiatan mengerjakan tugas-tugas kantor dari rumah.

Sayangnya, ada sebagian orang yang merasa kurang efektif dan efesien saat bekerja dari rumah. Tapi tenang, dengan menggunakan aplikasi di bawah ini, aktiftas WFH-mu pasti jadi lebih mudah.

Penasaran? simak 10 aplikasi yang mempermudah pekerjaanmu saat WFH di bawah ini, yuk!

1. G Suite

Praktis! Ini 10 Aplikasi yang Permudah Pekerjaanmu Saat WFHGsuites.com

G-Suite adalah sebuah paket layanan berbasis cloud milik Google yang bisa menjadi solusi untuk masalah produktivitas yang kamu hadapi. G-suite dapat memberikanmu keluasaan untuk mengerjakan berbagai tugas secara online. 

Misalnya saja, kamu diharuskan membuat sebuah dokumen teks, dokumen perhitungan keuangan, sampai dokumen untuk presentasi pada client, itu semua tersedia secara praktis secara online. 

2. Slack

Praktis! Ini 10 Aplikasi yang Permudah Pekerjaanmu Saat WFHSlack.com

Pernah mendengar aplikasi yang satu ini? Ya, Slack adalah aplikasi pesan yang berguna untuk sebuah kerja tim. Selain dapat digunakan untuk saling berkirim pesan, Slack  juga memiliki fitur lain seperti melihat proses kinerja tim dalam mengelola proyek, berbagi dokumen, dan juga fitur-fitur lainnya yang sangat berguna untuk produktivitas tim.

3. Google Hangout

Praktis! Ini 10 Aplikasi yang Permudah Pekerjaanmu Saat WFHGoogle.com

Bingung bagmana caranya menggelar rapat jarak jauh degan efektif? Kamu bisa menggunakan Hangout! Si "tanda petik hijau" ini adalah aplikasi yang dikembang Google untuk melakukan instan messaging, salah satunya adalah video call group. 

Lewat Hangout, kamu bisa mengadakan rapat, kelas pelatihan, hinga wawancara jarak jauh secara online. Bukan cuma itu, kamu juga bisa membuat catatan topik rapat saat itu. Praktis, ya!

4. Google Drive

Praktis! Ini 10 Aplikasi yang Permudah Pekerjaanmu Saat WFHDok. Internet

Butuh media penyimpanan untuk berbagai dokumenmu dengan kapasitas besar secara gratis?  Coba gunakan Google Drive, yuk! Telah dirilis sejak April 2012 lalu, Google Drive menyediakan sekitar 30GB memori penyimpanan untuk tiap penggunanya. 

Google Drive sendiri adalah platform untuk menyimpan file melalui internet. Hasilnya, filemu akan terjaga selama kamu mengingat e-mail dan password-mu. Jadi, jangan sampai lupa keduanya ya, Bela!

5. Zoom

Praktis! Ini 10 Aplikasi yang Permudah Pekerjaanmu Saat WFHPocket-lint.com

Ingin melakukan video conference dengan lebih mudah? Kamu juga bisa menggunakan Zoom. Aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 343 ribu pengguna ini, memang punya banyak kemudahan untukmu yang sedang working from home (WFH).

Lewat aplikasi ini, kamu bisa berkirim pesan teks, foto, audio, dan video. Menariknya lagi, Zoom juga sudah menyediakan fitur pergantian background saat kamu melakukan panggilan video. Zoom sendiri bisa kamu unduh di smartphone, tablet, dan desktop-mu. 

6. Microsoft Office 365

Praktis! Ini 10 Aplikasi yang Permudah Pekerjaanmu Saat WFHMeetup.com

Microsoft Office 365 adalah layanan langganan yang memastikan kamu selalu memiliki alat produktivitas modern terbaru dari Microsoft. 

Jika kamu memilih untuk berlangganan Microsoft Office 365, kamu bisa mendapatkan instalasi aplikasi Office lengkap seperti Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, Publisher, dan Access. Sayangnya. Publisher dan Access hanya tersedia di untuk perangkat personal dekstop (PC). 

7. Skype

Praktis! Ini 10 Aplikasi yang Permudah Pekerjaanmu Saat WFHProduct.office.com

Skype adalah aplikasi bawaan lainnya dari Microsoft. Lewat Skype, kamu bisa melakukan panggilan video dan audio, berkirim pesan obrolan, dan masih banyak yang lainnya. Berbeda dengan Zoom ataupun Hangout yang efektif untuk kerja tim, Skype adalah aplikasi yang lebih bersifat peer to peer (P2P). 

8. WhatsApp

Praktis! Ini 10 Aplikasi yang Permudah Pekerjaanmu Saat WFHTechjuice.com

WhatsApp, kamu pastinya tahu aplikasi populer yang satu ini, bukan? WhatsApp adalah sebuah aplikasi pesan online yang tersedia untuk seluruh jenis smartphone. 

Lewat WhatsApp, kamu bisa saling bertukar pesan, sampai mengirim file multimedia seperti foto, video dan beragam file lainnya. Apa kamu salah satu pengguna WhatsApp, Bela?

9. Trello

Praktis! Ini 10 Aplikasi yang Permudah Pekerjaanmu Saat WFHTrello.com

Lewat Trello, kamu akan dipermudah untuk mengerjakan project kantor ataupun tugas kelompok bersama tim. Dalam aplikasi ini, muncul sebuah tools yang disebut board. Pada bagian Board, bisa menampilkan judul untuk tugasmu yang sedang dikerjakan bersama-sama anggota tim yang lain. 

10. Discord

Praktis! Ini 10 Aplikasi yang Permudah Pekerjaanmu Saat WFHAndroidcentral.com

Kamu salah satu pencinta game atau gamer? Kalau begitu, aplikasi ini cocok banget nih, buatmu! Bisa dibilang, Discord adalah Skype untuk para gamers. Dascord memiliki fitur-fitur seperti lobby obrolan, dashboard, dan sistem chat VoIP ke dalam satu aplikasi. 

Nah, itu dia 10 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membantu pekerjaanmu di rumah saat WFH. Tertarik mencobanya, Bela?

Baca Juga: WFH? Ini 11 Cara Agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah