Rich Brian, pasti kamu nama rapper tanah air yang satu ini dong, ya? Setelah sukses berkat hits "Dat $tick" yang viral, ia kemudian meniti kariernya di AS dengan bergabung dengan label 88 Rising bersama Niki Zefanya dan Jackson Wang.

Setelah sebelumnya sukses berkolaborasi dengan sederet musisi dunia seperti Dua Lipa, Bekon & The Donuts, hingga Kris Wu ex-EXO, kini Rich Brian menggandeng salah satu penyanyi K-Pop, Chung Ha dalam MV terbarunya, "These Nights". Chung Ha sendiri dikenal sebagai mantan girl grup populer, IOI, dan kini ia memilih berkarier sebagai penyanyi solo. 

Mau tahu fakta unik lainnya tentang pelantun "Gotta Go" ini? Simak di bawah ini, ya!

1. Pernah Tinggal di Amerika Serikat

Kolaborasi Apik Bareng Rich Brian, Ini 9 Fakta Unik Solois Chung HaInstagram.com/chungaa_official

Pemilik nama asli Kim Chan-Mi ini lahir pada 9 Februari 1996 di Korea Selatan. Meski lahir di Korea Selatan, Chung Ha tumbuh besar di Amerika Serikat. Tepatnya di Dallas, Texas, bersama keluarganya selama 8 tahun, lho!  Karena hal inilah Chung Ha lancar berbahasa Inggris juga Korea, Bela. 

2. Pernah Ikut Audisi YG Entertaiment dan Mantan Trainee JYP Entertaiment

Kolaborasi Apik Bareng Rich Brian, Ini 9 Fakta Unik Solois Chung HaInstagram.com/chungha_official

Setelah lama tinggal di AS, Chung Ha akhirnya memutuskan kembali ke Korea untuk menjadi penyanyi K-Pop. Tahu nggak sih, ternyata Chung Ha pernah mengikuti audisi di agensi "Big 3" yaitu YG Entertaiment dan JYP Entertaiment, lho!

Akhirnya, Chung Ha pun berhasil menjadi trainee JYP Entertainment bersama para anggota TWICE. Namun, beberapa tahun berselang, sayangnya Chung Ha memilih keluar dari JYP entertaiment dan bergabung dengan M&H Entertaiment sejak 2016 lalu. 

3. Dikenal Sebagai Dancing Machine, Chung Ha Ternyata Pernah Jadi Back Dancer Selama 6 Tahun

Kolaborasi Apik Bareng Rich Brian, Ini 9 Fakta Unik Solois Chung HaInstagram.com/chungha_official

Selain dikenal dengan suara indahnya, ternyata Chung Ha lebih dulu populer karena bakat menarinya yang ia tunjukan selama program "Produce 101 Session 1" lalu. Hal ini juga lah yang kemudian membuat Chung Ha dijuluki dancing machine

Ternyata, bakat menarinya juga pernah membuatnya bekerja sebagai back dancer selama 6 tahun selama menjadi trainee. Ia pernah mengiringi penampilan selebritas top saat itu seperti seperti B1A4 dan Teen Top, hingga musisi populer seperti Tae Jin Ah dan Ulala Session. Sosok pekerja keras, ya!

4. Sempat Harus Berhenti Menari Karena Masalah Keuangan

Kolaborasi Apik Bareng Rich Brian, Ini 9 Fakta Unik Solois Chung HaInstagram.com/chungha_official

Karena masalah keuangan, keinginannya untuk terus menari hampir harus terhenti, Bela. Namun, setelah meyakinkan kedua orangtuanya, Chung Ha akhirnya dapat terus mengembangkan bakat menarinya. 

5. Video Audisinya Di "Produce 101 Session 1" Disebut Fenomenal

Kolaborasi Apik Bareng Rich Brian, Ini 9 Fakta Unik Solois Chung HaYoutube.com/nayn

Pada 2016 lalu, Chung Ha mengikuti program survival "Produce 101 Session 1": bersama Oh Seojung sebagai trainee M&H Entertaiment. Saat tampil di sesi evaluasi, Chung Ha diminta menari dengan lagu yang di putar secara random. 

Kemudian, diputarlah lagu "Partition" milik Beyonce. Seperti menyatu dengan irama lagu, Chung Ha menari dengan gerakan tajam yang indah dan berhasil membuat seluruh peserta dan juri terpana. Video ini kemudian menjadi viral di media sosial dan membuat nama Chung Ha kian populer. 

6. Berhasil Debut Bersama IOI Pada 2016

Kolaborasi Apik Bareng Rich Brian, Ini 9 Fakta Unik Solois Chung HaInstagram.com/chungha_official

Setelah berhasil menempati posisi keempat, Chung Ha secara resmi debut bersama IOI pada 2016 sampai 2017. Grup ini beranggotakan Jeon Somi, Kim Chungha (Chung Ha), Kim Se-Jeong, Kim So-Hye, Jung Chae-Yeon, Kyulkyung, Choi Yoo-Jung, Kang Mi-Na, Kim Do-Yeon, Lim Na-Young, dan Yu Yeon-Jung. 

IOI sendiri kemudian berhasil meraih popularitas lewat lagu debut mereka, Very Very Very, hingga Whatta Man. Terbukti dengan keberhasilan mereka meraih gelar Rookie of The Year ajang MAMA 2016 dan setelah bersaing ketat dengan Black Pink yang juga debut pada tahun yang sama. 

7. Jadi Penyanyi Solo Usai Bubarnya IOI

Kolaborasi Apik Bareng Rich Brian, Ini 9 Fakta Unik Solois Chung HaYoutube.com/mnetk-pop

Setelah bubarnya IOI pada 2017 lalu, M&H Entertaiment membawa kabar gembira bahwa Chung Ha akan debut sebagai penyanyi solo. Ia kemudian debut dengan lagu "Why You Don't Know" yang berkolaborasi dengan Nucksal. Sayangnya, popularitas Chung Ha saat itu tergolong masih rendah. 

8. Raih Kemenangan Pertama Lewat "Gotta Go"

Kolaborasi Apik Bareng Rich Brian, Ini 9 Fakta Unik Solois Chung HaYoutube.com/istandraven

Setelah harus menunggu selama 2 tahun sejak debutnya, Chung Ha akhirnya berhasil meraih kemenangan pertama di "Show Champion" lewat lagu "Gotta Go". Hal ini dikarenakan lagunya yang easy listening serta killing part pada koreografinya yang ikonik hingga akhirnya viral dikalangan penggemar sampai selebriti Korea. 

Kalau kamu dengar bagian reff-nya pastinya langsung ingin mengikuti gerakannya yang ikonik itu, ya!

9. Secara Mengejutkan Berkolaborasi dengan Rich Brian

Kolaborasi Apik Bareng Rich Brian, Ini 9 Fakta Unik Solois Chung HaInstagram.com/chungha_officaial

Pada 1 Oktober lalu, secara mengejutkan label 88 Rising mengunggah video teaser lagu "These Nights" di mana terlihat sosok Rich Brian bersama Chung Ha. Hal ini pastinya membuat para penggemar Chung Ha, IOI, dan juga warganet Indonesia kaget, ya!

Dalam MV-nya yang dirilis pada 3 Oktober kemarin, kamu akan mendengar irama chic dengan genre old-school yang kental dengan suara synthesizer Rich Brian dan Chung Ha. Hingga saat ini, video klip ini sudah ditonton hingga 1,3 juta kali sejak sehari dirilis. Kamu sudah menonton MV-nya belum? Kalau belum, tonton di bawah ini, yuk! 

https://www.youtube.com/embed/qQjMMEWaWsc

Baca Juga: Rich Brian, Dipuji Presiden Tapi Dicibir Mantan Wamenlu Indonesia