Untuk  langkah perlindungan pada pasien positif corona atau COVID-19,  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan merilis sebuah aplikasi bernama "PeduliLindungi". Apa saja manfaat dari aplikasi ini? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Berguna untuk Melacak Posisi Pasien Positif Corona

6 Fakta PeduliLindungi, Aplikasi untuk Melacak Pasien Positif Coronaunsplash.com/MartinSanchez

Aplikasi ini berkerja untuk melacak posisi penggunanya yang berada di sekitar pasien positif corona. Nantinya, aplikasi ini akan memberikan peringatan saat penggunanya berinteraksi dengan pasien positif corona dan mengingatkan jarak aman antara keduanya. 

2. Mengklaim Lebih Canggih dari "TraceTogether" di Singapura

6 Fakta PeduliLindungi, Aplikasi untuk Melacak Pasien Positif CoronaNews.wttw.com

Secara konsep dan fungsinya, aplikasi ini memang serupa dengan "TraceTogether" buatan Singapura. Namun, "PeduliLindungi" mengklaim punya teknologi yang lebih canggih dan cakupannya lebih luas dari "TraceTogether".

"Aplikasi ini kerjanya men-trace (lacak), tapi lebih canggih dan lebih luas. Kalau TraceTogether itu kan untuk 700 ribu orang karena penduduk di sana (Singapura) juga sedikit, di kita bisa trace lebih banyak lagi," ujar Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo, Ahmad M Ramli. 

3. Akan Diuji Coba Pada Hari Ini

6 Fakta PeduliLindungi, Aplikasi untuk Melacak Pasien Positif CoronaSmartcitiesworld.net

Sedang dalam tahap pengembangan, Ramli mengatakan bahwa aplikasi "PeduliLindungi" direncakanan akan mulai diuji coba hari ini, Senin (29/3). 

"Saya akan koordinasi kesiapan operator, terutama fokus di zona merah," ujarnya. 

4. Bisa Unduh Melalui Play Store

6 Fakta PeduliLindungi, Aplikasi untuk Melacak Pasien Positif CoronaTheverge.com

Nantinya, jika aplikasi ini telah lulus uji dan dianggap siap untuk digunakan massal, maka masyarakat bisa mengunduhnya melalui Play Store. 

Setelah digunakan, aplikasi ini akan memberikan peringatan kepada pengguna saat melintasi lokasi-lokasi yang pernah menjadi tempat singgah pasien positif corona. Namun, belum diketahui pasti seperti apakah bentuk peringatannya.

"Setelah diinstal, nanti saat kita jalan ada yang terindikasi COVID-19, kita akan diberi notifikasi, bentuknya nanti kita akan bicarakan, apakah berupa bunyi atau SMS, agar kita bisa menjauh (dari lokasi tersebut)," jelasnya. 

5. Ahli IT Soroti Minimnya Sisi Keterpakaian "PeduliLindungi"

6 Fakta PeduliLindungi, Aplikasi untuk Melacak Pasien Positif CoronaPri.org

Ternyata, aplikasi ini masih menuai kritikan dari beberapa ahli IT. Menurut mereka, aplikasi "PeduliLindungi" ini masih minim jika dilihat dari sisi keterpakainnya. Disayangkan pula bahwa aplikasi ini hanya mampu melacak orang dalam pemantauan dan pasien dalam pemantauan. 

"Siapa yang mau pasang (aplikasi)? Kecuali benar-benar ada paksaan. Itu juga konsekuensinya pemerintah harus menyiapkan budget pembelian paket data," ujar Peneliti Keamanan Siber Communication Information System Security Research Center (CISSReC), Pratama Persadha.

6. Meski Begitu, "PeduliLindungi" Dianggap Sebagai Langkah Baik dan Ekonomis.

6 Fakta PeduliLindungi, Aplikasi untuk Melacak Pasien Positif CoronaWexnermedical.osu.edu

Meski dianggap masih minim tingkat keterpakaiannya, pembuatan aplikasi "PeduliLindungi" ini tetap dipandang sebagai langkah yang baik dan ekonomis. Pemerintah bisa mengolah data pasien corona atau COVID-19 di Indonesia dalam aplikasi ini. 

"Yang penting harus mengerti apa saja data yang tersedia dan bagaimana memanfaatkannya secara optimal di Indonesia," ujar Spesialis Keamanan Teknologi Vaksincom, Alfons Tanujaya.

Namun, ia juga mengingatkan agar pemerintah melibatkan banyak praktisi seperti di bidang kesehatan, hukum, serta teknologi.

Itulah beberapa fakta "PeduliLindungi", aplikasi untuk melacak pasien positif corona yang dapat memudahkanmu dalam memantau. Tetap Stay safe, ya, Bela!

Baca Juga: Ini Aplikasi Belanja Kebutuhan Pokok Dari Rumah

Baca Juga: Ini Aplikasi Belanja Kebutuhan Pokok Dari Rumah

Baca Juga: Praktis! Ini 10 Aplikasi yang Permudah Pekerjaanmu Saat WFH