6 Tanda Kantormu Mendukung Hak dan Kebutuhan Pekerja Perempuan

Pastikan kantormu mendukung perempuan

6 Tanda Kantormu Mendukung Hak dan Kebutuhan Pekerja Perempuan

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Perempuan dikenal sebagai makhluk yang mampu mengambil berbagai macam peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial. Kemampuan multitasking perempuan bisa terlihat dari perannya sebagai istri sekaligus ibu, menjalani usaha atau bekerja di kantor, hingga masih bisa memecah konsentrasi dengan mengurus keperluan suami hingga rumah tangga.  

Namun, perlu diketahui bahwa posisi perempuan tetap rentan di kehidupan sosial. Tanpa terkecuali dunia perkantoran. Sehingga, perempuan harus cukup bijak dalam memiliki kantor yang sebaiknya mendukung kontribusi perempuan sebagai pekerja.

Berikut adalah tanda-tanda yang mengindikasikan apabila suatu kantor mendukung pekerja perempuan. Apakah kamu menemukannya di kondisi kantormu?

1. Memenuhi hak-hak dasar pekerja perempuan

Setiap individu manusia memang memiliki hak asasi manusia. Namun, sadarkah kamu? Kebutuhan perempuan pada hakikatnya berbeda dengan kebutuhan laki-laki. Sebut saja hal-hal yang bersifat genetik seperti haid, hamil, melahirkan dan kebutuhan sejenis lainnya.

Atas dasar itu, UU Ketenagakerjaan memberikan hak-hak dasar pekerja perempuan yang meliput cuti untuk alasan-alasan tersebut. Dengan kata lain, sebuah perusahaan dikatakan baik dan mendukung pekerja perempuan apabila memberlakukan hak-hak tersebut.

2. Menyediakan fasilitas pendukung bagi pekerja perempuan

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, perempuan memiliki kebutuhan yang berbeda atas dasar kondisi fisiknya. Mulai dari proses haid, kehamilan, melahirkan, menyusui dan lainnya. Masing-masing harus memperoleh dukungan yang maksimal dari perusahaan.

Selain pemberian cuti, perusahaan sebaiknya menyediakan fasitilas pendukung kebutuhan perempuan. Mulai dari ruang laktasi bagi pekerja yang tengah menyusui, hingga fasitilas khusus antar-jemput bagi perempuan yang bekerja hingga larut malam.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here