Selama ini, kamu telah melihat kesuksesan seorang artis idola Kpop. Sebut saja, prestasi hingga popularitas skala global yang telah diraih oleh mayoritas pelaku industri Kpop. Tapi, perlu diketahui bahwa semuanya diraih dari 'nol' melalui kerja keras yang tak terbayarkan.

Yup, sebelum meraih kesuksesan tersebut, para artis idola Kpop memulai perjuangan sebagai seorang trainee di agensi hiburan yang meloloskan mereka dalam sebuah audisi. Di masa itulah, mereka wajib menjalani rangkaian latihan tanpa kepastian debut.

Nah, kamu pasti penasaran dengan kegiatan trainee di agensi hiburan Kpop? Untuk mengetahuinya, berikut adalah lima fakta trainee Kpop di agensi besar Kpop itu sendiri.

1. Big Hit Entertainment: studio bukanlah tempat tidur

Menguak Fakta Trainee Kpop di Agensi Besar: SM, JYP, Big Hit hingga YGsoompi.com

Seperti yang kamu ketahui, agensi Big Hit Entertainment mengawali perjuangannya di industri musik Kpop sebagai agens kecil. Namun, komitmennya dalam melakukan perubahan positif melalui BTS mengubah nasibnya menjadi agensi besar.

Mungkin, hal itulah yang membuat banyak orang berbondong-bondong meletakkan impian untuk menjadi seorang trainee di agens hiburan Big Hit Entertainment. Namun, perlu diketahui bahwa masa training meliputi rangkaian aturan yang bersifat wajib.

Salah satunya adalah, para trainee dapat menggunakan studio untuk melakukan rangkaian latihan yang telah ditetapkan. Namun, mereka diharapkan untuk tidak bermalam atau tidur di studio tersebut. Tentu, tujuannya untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan trainee.

Testimoni Soobin dan Yeonjun TXT: selain wajib berolahraga, para trainee harus mematuhi larangan mengonsumsi beberapa makanan yang telah ditetapkan oleh agensi.

2. SM Entertainment: tidak boleh telepon keluar

Menguak Fakta Trainee Kpop di Agensi Besar: SM, JYP, Big Hit hingga YGDok. Internet

Perlu diakui, bahwa SM Entertainment merupakan salah satu agensi hiburan terbesar di Korea Selatan yang telah memberi kontribusi besar bagi negara. Yup, tidak sekadar membudidayakan kultur negara, SM sering kali menjalin kerja sama yang menguntungkan.

Tidak aneh, orang-orang yang berhasil masuk menjadi seorang trainee di SM Entertainment akan memiliki masa depan yang menjanjikan. Namun, hal tersebut hanya dapat diraih oleh seorang trainee apabila ia menuruti peraturan yang berlaku selama masa training.

Melansir dari Koreaboo, seorang mantan trainee SM Entertainment mengungkapkan salah satu aturan terkait, yaitu membatasi penggunaan telepon dalam rentang waktu tertentu. Termasuk waktu untuk keluar pada malam hari yang cukup dilarang keras.

Testimoni Baekhyun EXO: menjalani masa training, para trainee harus menyapa para senior dengan suara lantang dan harus membungkuk, sebagai bentuk kesopanan dan hormat.

3. YG Entertainment: tidak perlu operasi plastik

Menguak Fakta Trainee Kpop di Agensi Besar: SM, JYP, Big Hit hingga YGDok. Internet

Selama ini, YG Entertainment telah berhasil melahirkan bintang-bintang besar di industri musik Kpop. Mulai dari BIG BANG hingga BLACKPINK. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri yang penuh dengan talenta. Itulah YG Entertainment.

Namun, perlu diakui bahwa beberapa artis besar yang sempat berada di bawah naungan YG Entertainment pernah mengalami beberapa skandal. Sehingga banyak orang yang mempertanyakan nilai-nilai edukasi yang ditanamkan sejak masa training.

Tahukah kamu? Melansir dari media lokal, para trainee nyatanya diberi beberapa larangan. Sebut saja, tidak boleh merokok, memiliki tato, hingga ke tempat clubbing maupun bar. Selain itu, para trainee-pun disarankan untuk tidak melakukan operasi plastik.

Testimoni Boby Ikon: tidak boleh berkencan adalah bagian dari aturan wajib yang harus dijalani oleh seorang trainee. Tujuannya mungkin untuk menghindari skandal dan fokus pada rangkaian latihan untuk proses persiapan diri menjadi artis idola Kpop.

4. JYP Entertainment: diet ketat bersifat wajib

Menguak Fakta Trainee Kpop di Agensi Besar: SM, JYP, Big Hit hingga YGupstation.asia

Berbicara mengenai JYP Entertainment, kamu pasti cukup familiar dengan nama-nama grup musik papan atas, seperti Twice hingga ITZY. Belum lagi para pendahulu mereka yang berhasil meninggalkan jejak karier terbaik, seperti mantan artis JYP Entertainment, Suzy.

Yup, masing-masing nama artis idola Kpop tersebut telah membuktikan bakat mereka yang brillian. Namun, kamu pun, sadar bahwa bakat tersebut diiringi dengan penampilan visual yang nyaris sempurna. Selain kecantikan wajah, begitu juga tubuh yang ramping.

Tahukah kamu? Melansir dari media lokal, para trainee di JYP Entertainment nyata diharapkan untuk melakukan diet dengan disiplin. Nah, diet ini akan dimonitor secara ketat oleh pihak yang bertugas sehingga pembatasan makanan dan olahraga dilakukan.

Testimoni H.O (mantan trainee): khusus untuk latihan menyanyi, para trainee diminta untuk menyanyikan lagu pop berbahasa Inggris pada waktu evaluasi bulanan.

Nah, setelah mengetahui fakta aturan trainee di agensi besar Kpop, apa kamu masih berpikir hidup sebagai artis idola itu mudah? 

Baca Juga: Nggak Nyangka, Masa Lalu BTS Dibocorkan oleh Mantan Trainee Big Hit 

Baca Juga: Kerikil di Balik Alasan Idol Kpop Mengakhiri Kontrak Agensi

Baca Juga: Nggak Tahan, 9 Idol Kpop Ini Buka Suara Soal Perlakuan Buruk Agensi