Kehidupan manusia di dunia ini tidak lepas dari tokoh- tokoh yang jelas memengaruhi proses peradaban sosial. Sebut saja, Nelson Mandela yang berhasil mendobrak isu rasisme terhadap orang-orang kulit hitam, hingga Adolf Hitler yang menjadi bukti bahwa perang membuahkan kekejaman yang harus dihindari.

Namun, tahukah kamu? Setiap individu manusia memiliki sisi positif dan negatifnya tersendiri. Begitu juga dengan para tokoh, yang terlepas dari positif atau negatifnya catatan sejarah yang mereka tinggalkan, kedua sisi tersebut tetap berlaku. Penasaran? Inilah lima fakta positif dan negatif dari para tokoh dunia.

1. Adolf Hitler

Hitler hingga Nelson Mandela: 5 Fakta Positif dan Negatif Tokoh Duniakompas.com

Sebut nama pemimpin diktaktor yang melakukan kekejaman terhadap eksistensi manusia di dunia ini, tentu Adolf Hitler tidak akan luput dari pikiranmu, bukan? Tidak aneh, Hitler memang tercatat melakukan rangkaian kejahatan kemanusiaan melalui pembunuhan massal terhadap kaum minoritas, termasuk umat Yahudi.

Namun, apakah kamu mengetahui bahwa Adolf Hitler nyatanya turut berperan dalam pembangunan negaranya? Yup, ia diketahui terlibat dalam pembangunan jalan bebas hambatan yang dimulai pada 1933. Jalan tersebut berhasil mencapai 3.860 km pada 1941.

2. Nelson Mandela

Hitler hingga Nelson Mandela: 5 Fakta Positif dan Negatif Tokoh Duniawashingtonpost.com

Berbicara mengenai tokoh dunia yang memberi perubahan positif, kamu tentu cukup familiar dengan nama Nelson Mandela yang telah memperjuangkan hak-hak kaum minoritas. Dalam pidatonya yang terkenal, Beliau menyebut barisan kata-kata inspiratif berikut:

“No one is born hating another person because of the colour of his skin or his background, or his religion. People must learn to hate, and if they can learn to hate, they can be taught to love, for love comes more naturally to the humanheart than its opposite.”

Namun, terselip satu catatan sejarah yang dapat dikatakan kontroversial. Yup, berdasarkan akun Instagram @neohistoria.id, Nelson Mandela bertanggung jawab atas sejumlah aksi pengeboman yang dilakukan oleh uMkhonto we Sizwe, sayap militer Partai Komunis Afrika Selatan dan Kongres Nasional Afrika.

3. Saddam Hussein

Hitler hingga Nelson Mandela: 5 Fakta Positif dan Negatif Tokoh Duniaal-monitor.com

Salah satu tokoh pemimpin negara yang diketahui telah melakukan berbagai tindakan kejahatan hingga membuat kebijakan-kebijakan yang merugikan rakyat, adalah Saddam Hussein. Akibat perbuatannya tersebut, Saddam Hussein-pun harus menerima hukuman digantung hingga meninggal.

Namun, di balik kejahatannya yang tidak berlandasarkan nilai-nilai kemanusiaan, Saddam Hussein diketahui sempat meluncurkan kampanye untuk memberantas angka buta huruf dan pendidikan gratis di Irak sampai jenjang tertinggi. Selain itu, ia pun memberikan subsidi kepada para petani di Irak.

4. Thomas Jefferson

Hitler hingga Nelson Mandela: 5 Fakta Positif dan Negatif Tokoh Duniazonautara.com

Sebagian besar orang mengenal Amerika Serikat dengan sebutan ‘Negeri Paman Sam’. Dari situ, orang-orang berasumsi bahwa seseorang bernama 'Paman Sam'-lah yang mendirikan negara tersebut. Tahukah kamu? Salah satu tokoh yang dikenal sebagai Bapak Pendiri Amerika Serikat adalah Thomas Jefferson.

Ia merupakan Presiden Amerika Serikat ketiga sekaligus Pencetus Deklarasi Kemerdekaan pada 1776. Namun, ketika Amerika Serikat masih memperbolehkan sistem perbudakan pada orang-orang kulit hitam, Thomas Jefferson diketahui memiliki jumlah budak kulit hitam mencapai ratusan.

5. John Lennon

Hitler hingga Nelson Mandela: 5 Fakta Positif dan Negatif Tokoh Duniaoutsider.com

Siapa bilang, tokoh-tokoh dunia hanya fokus pada bidang politik dan sejenis lainnya? Mereka yang memusatkan pekerjaan pada bidang seni seperti musik, turut memberi andil yang sangat besar kepada perkembangan sosial. Sebut saja, John Lennon yang telah menghasilkan banyak karya musik yang bersifat inspiratif.

Namun, apakah kamu mengetahui bahwa John Lennon nyatanya sempat diisukan ‘bermasalah’ dalam hubungan percintaannya dengan istri pertamanya yaitu, Cynthia Powell Lennon. Ia diketahui kerap memukul istri pertamanya tersebut dan meninggalkan anak pertamanya, Julian Lennon, saat masih berusia lima tahun. Tidak ketinggalan, ia berselingkuh dengan Yoko Ono.

Dari sini, kamu jelas melihat bahwa tidak ada satu pun manusia yang sempurna, bukan?

Baca Juga: Mengerikan! Ini Daftar Kekejaman Kim Jong Un di Korea Utara

Baca Juga: Perang tak Kunjung Usai, Ini Sejarah Konflik Palestina-Israel

Baca Juga: 9 Tokoh Indonesia Ini Diabadikan sebagai Nama Jalan di Luar Negeri