"Oppa, saranghae." kedua kata ini memang terdengar singkat dan sederhana. Akan tetapi, sebagai fans Kpop, kata-kata tersebut mengandung jutaan makna yang meliputi dukungan sekaligus rasa terima kasih atas hiburan dan comfort yang telah diberikan.

Yup, dengan sekadar menyaksikan performa para artis idola dalam bermusik maupun akting, kamu selalu dibuat tersenyum seketika. Bahkan dalam keadaan tersulit sekalipun, melihat idola langsung membuat hati terasa jauh lebih baik dari seharusnya, bukan?

Sayangnya, ada momen perpisahan ketika para idola harus menjalani wajib militer. Untuk itulah, Popbela sengaja merangkum update-an terkait jadwal wamil idola-mu.

1. Crush

Crush hingga Jin BTS, Ini Jadwal Wajib Militer Artis Korea 2020en.yna.co.kr

Sebagaimana terlihat jelas pada namanya, Crush merupakan artis idola Korea yang pantas dijadikan sebagai pujaan hati semua orang. Selain visualnya yang menarik, Crush sangat lihai dalam bermusik, baik bernyanyi maupun menulis lagu karyanya sendiri.

Akan tetapi, melansir dari Soompi, Crush nyatanya dipastikan akan segera menunaikan wajib militer. Hal tersebut diumumkan langsung oleh Crush melalui akun resmi fan cafe miliknya. Katanya, "Mulai dari 12 November, kita akan berpisah selama kurang-lebih 2 tahun."

2. Hui PENTAGON

Crush hingga Jin BTS, Ini Jadwal Wajib Militer Artis Korea 2020Dok. Internet

Berbicara mengenai dunia Kpop, kamu pasti tidak asing lagi dengan boyband PENTAGON asuhan Cube Entertainment? Dengan musik yang spektakuler, para anggota disebut lihai menampilkan performa bermusik. Tanpa terkecuali Hui yang merupakan leader grup.

Akan tetapi, sebagaimana diberitakan langsung oleh Cube Entertainment, Hui dipastikan akan segera melakukan tugasnya sebagai warga negara Korea Selatan, yaitu wajib militer. Tepatnya pada 3 Desember yang mana dia didaftarkan pada training center terlebih dahulu.

3. Park Bo Gum

Crush hingga Jin BTS, Ini Jadwal Wajib Militer Artis Korea 2020Soompi.com

Mengintip dunia perfilman Korea Selatan, kamu pasti tidak asing dengan nama Park Bo Gum! Popularitasnya telah meroket melalui beberapa drama hits seperti Record of Youth (2020), yang mengangkat kisah seorang tokoh model yang nantinya akan wajib militer.

Sama seperti tokoh tersebut, Park Bo Gum dipastikan ikut serta pada program wajib militer tahun 2020. Bahkan, melainsir dari republicworld.com, Park Bo Gum dikabarkan telah menyelesaikan basic military training dan dalam proses di bagian Navy. Cool, isn't it?

4. Jin BTS

Crush hingga Jin BTS, Ini Jadwal Wajib Militer Artis Korea 2020Dok. Internet

Mempertimbangkan prestasi BTS di dunia Kpop maupun negara, BTS sempat menjadi perbincangan terkait keringanan wajib militer. Namun, pemerintah Korea Selatan sekaligus Bgi Hit Entertainment memastikan bahwa BTS akan tetap menjalani wajib militer.

Itu artinya, Jin sebagai anggota tertua akan menjadi orang pertama yang menjalani wajib militer. Meski begitu, melansir dari Soompi, Jin BTS masih dapat menunda pelaksanaan wajib militer hingga tahun 2021 sebagaimana peraturan yang ada.

5. Bonus: Minho SHINee

Crush hingga Jin BTS, Ini Jadwal Wajib Militer Artis Korea 2020Soompi.com

Sebagai salah satu anggota dari grup musik senior SHINee, Choi Minho dikenal sebagai pribadi yang multi-talenta Baik talenta bermusik maupun bidang lainnya seperti olahraga. Tidak aneh, Minho diketahui menjalani masa wajib militer di Marine Corps dengan baik.

Kabar baiknya, sebagaimana melansir dari Allkpop, Minho dikabarkan akan segera menyelesaikan tugasnya dalam program wajib militer. Tepatnya, Minho dipastikan akan kembali pada 15 November 2020 mendatang. Are you ready to welcome him?

Baca Juga: Menyusul Anggota Lain, Chen EXO Resmi Wajib Militer Hari Ini

Baca Juga: 10 Fakta di Balik Kenapa Idol KPop Cowok Harus Jalani Wajib Militer

Baca Juga: 10 Artis Indonesia yang Ternyata Asli Korea, Wajah Bak Idola KPop